4.14.2015

Sampai Pada Satu Titik...

Everybody changes, begitu kata Keane,salah satu musisi paporit gw.

Pernah ada masa-masa gw suka bener yang namanya ekseis bersosialisasi. 
Setiap kumpul di sini, pasti ada muka gw. 
Setiap ada event, pasti gw nyetorin muka.
Kumpul sama si Anu, si Ini, Si Ntu,pokoknya gw selalu ada.

Sampe-sampe dinyinyirin temen se-genk gw, katanya gw ini " Ratu Kopdar ". 
Kampffffreeet ... teman se-genk macam apa kalian ini malah nyinyirin sodarinya sendiri ? Makan tulang kawan kau ! Hahaha...

Belakangan ini, entah kenapa gw gak se-antusias untuk bersosialisasi kayak masih muda dulu.
Bukan karena gw sok-sokan pengen anti-sosial sih. 
Gw masih pengen sih kumpul-kumpul sama temen-temen. 
Ketawa-ketawa, foto-foto, upload di segala penjuru socmed gw... #lho

Tapi sungguh, gw emang udah gak punya banyak waktu nganggur bahkan di wiken sekalipun, jadi waktu gw emang udah se-fleksibel dulu.

Kalopun ada acara kumpul-kumpul bareng temen-temen yang gw sempet-sempetin cuma kumpul rutin bulanan bareng Al Galaxyah. 
Sebenarnya bukan karena gw pilih kasih mentang-mentang tetangga kompleks lho yaaa. 
Tapi gak usah gw sebutin lah alasannya di sini kenapa. 
Daripada gw bikin kalian dosa jadi bersu'udzan sama gw ya kan ?
Ntar gw dikecam " Ah, Riya lu, Ndah !"  wakakakak....

Dulu, pernah ada masa-masanya gw ngerasa terlalu menjadi emak-emak yang sensitip. Sensitip untuk hal yang gak penting sih, setelah gw pikir-pikir.

Cuma gegara diunshare, diunfollow, gak diundang ke hajatan, gak diajak nongkrong bareng temen lain *OMG!padahal mah suka-suka yang punya hajatan kan mo ngajak siapa :p*, bisa bikin gw sensi, bete, males.

Baru-baru ini, gw baru tau kalo temen-temen deket gw ngadain acara setelah mereka upload foto mereka semua *kecuali gw!* di social media. 
Itu pun gw baru nyadar karena ada temen yang konfirmasi ke gw
" Ndah, loe kenapa gak datang ke acara Pulan ?"
" Hah ? Gw malah gak tau Pulan ngadain acara "
" Emang loe gak diundang ke acara Pulan ? "
" Gak "
" Ih, kalo gw mah ngambek lho kalo semua temen deket gw diundang, cuma gw doang yang gak..."
" Halah, biarin aja. Toh gak diundang di acara Pulan pun, gak bikin gw mati... "

Gw sampe tercengang sendiri gimana gw bisa jadi selempeng ini sekarang.
Ck ck ck...

Dicampakkan, diunshare, diunfollow, gak-dianggep,dianggap sebelah mata sama-yang-gw-pikir-temen sempet bikin gw bertanya pada rumput yang bergoyang " Kok dia gitu sih ? " ato "kenapa sih ?"
 
Sekarang ?
Ya udahlah, mungkin gw emang gak lepel sama social climber ! *pasang kecemete cengdem*

Dulu, kalo temen-temen di socmed lagi rame apa dan lagi rame ngapain, kayaknya kalo gak ikutan dan *musti kasih tau di social media dooong kalo loe juga berpartisipasi, halah!*, maka hidup loe gak ngetrend.

Orang lagi rame-rame upload foto lagi kemana dan dimana, yaaah paling gak 1-2 tempat usahain lah harus ikut check in di situ.
Orang lagi rame-rame retweet, repost, repath, regram yang lagi heboh, kalo gak ikutan kok rasanya kurang kumplit gimana gitu.

Kesininya ?
Halah, repot amat ya, hidup gw harus selalu mengimbangi trend.
Buat ngimbangin kenaikan harga-harga dengan kenaikan income aja udah mpot-mpotan. #KOK MALAH CURCOL SIH, MBAK'E ?

Dulu, kalo travelling, gw mungkin antara control-freak dan ambisius. Dari beberapa bulan sebelum keberangkatan udah browsing tempat-tempat wisata. Sampe kadang itin gw udah padat merayap ngalah-ngalahin tol dalam kota di hari kerja jam 6 sore.

Kebayang gak, sampe mo makan dimana, naik apa, berapa KM, berapa stasiun tuh udah gw prediksi jauh sebelum keberangkatan.

Sekarang ?
Seminggu menjelang keberangkatan baru browsing. Itu pun gak se-intensif kayak dulu. 
Lah pegimana mo intensif, kalo tetangga sebelah suka ngintip dan pengen tau aja. #kalem
Dan tanpa itin.
Iyes, NO ITIN. 

Karena seberapapun gw berusaha menyangkal, dengan bertambahnya usia, gw juga udah kekurangan waktu dan energi buat bikin itin ngejelimet kayak dulu.

Semua jiwa petualangan (dan tenaga gw yang menggebu-gebu) gw di tahun-tahun lalu, berubah jadi mental gadis manja.

Liburan yang membahagiakan buat gw adalah bisa leyeh-leyeh (kalo bisa Bobo Siang!), doing nothing dan nyobain kuliner lokal yang enak-enak.
Dan oh ya, bisa dapet foto-foto kereeeen. #Teuteup dong Booook. Hahaha

Orang-orang lagi semangat berburu tiket murah tujuan mana, gw malah mengimpikan pergi ke mana.
Orang-orang ngapain, gw mah suka-suka gw aja.

Dulu, gw sempat sepakat sama statement yang bilang kalo haters yang suka nyinyir, suka ngurusin hidup orang lain itu katanya pasti " Kurang Piknik ".

Tapi kok banyak juga temen gw yang jarang piknik, jarang belanja barang-barang branded, kenapa mereka tetep menyebarkan aura positip. 
Kenapa justru mereka yang selalu mengingatkan gw untuk ber-husnudzan kepada orang lain.

Aish, di situ, saya langsung tersentak merasa malu. 
Karena mereka tetep bisa mensyukuri apa yang mereka punya.

Sementara ada juga kok orang-orang-yang-kayaknya-gak-mungkin-kurang-piknik-deh karena mo piknik ke Bulan juga mampu bawaannya masih aja tetep pengen ngurusin hidup orang lain.
Happiness lies within your attitude, not within what you have
Sekarang, menurut gw bukan masalah " cukup piknik " atau " kurang piknik ", tapi permasalahannya ada di " kemampuan seseorang untuk menikmati hidupnya "

Gw merasa, mungkin gw udah sampai pada satu titik.....
Satu titik dimana, gw mo menikmati hidup dengan cara gw sendiri. *smail*

29 comments:

  1. Udah lamaaa banget ga buka blog dan pas ada news feed postingan terbaru lo Ndah.

    Seru sih kayanya liat orang ko gaul amat, temen dimana2, nyobain tempat2 keren terbaru, eksis selalu. Dulu gw juga pengen deh dapet follower banyak, biar bisa diendorse barang2 lucuk (alasan cetek), tapi apalah aku ini, hanya remah2 rempeyek.
    Ehm..tapi tanpa itu semua hidup gw tetap baik2 aja, gw bahagia2 aja. Banyak yang mesti gw pikirin, dan mikirin untuk menjadi apa yang orang lain pikirkan itu ada jauh banget diurutan kesekian. Mending mikirin gimana caranya jadi orang lebih baik. Just my two cents. :))

    ReplyDelete
  2. Setuju, Dess.
    Gw ngerasa kadang untuk ngurusin hidup gw aja udah menguras banyak tenaga, apalagi mikirin gimana pandangan orang lain tentang hidup gw.
    Kalo kata Hani, sayang kalo hidup yang singkat ini dihabiskan untuk mikirin yang gak perlu.

    Ohya, postingan soal Lomboknya lagi gw draft. Sabar yaa

    ReplyDelete
  3. iya emang gak penting banget mikirin kenapa gak diundang atau mikirin kehidupan orang lain. hidup udah susah, jangan ditambah2 dengan pikiran2 yang gak penting ya ndah... nikmati aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Man.
      Kadang-kadang gw suka mikir ngapain yah untuk hal kecil aja suka gw ribetin sendiri, abis tuh gw ngeluh sendiri ribet. Padahal mah gw aja yang ribetin hahaha...
      Mending energinya dipake buat " enjoy life " hahaha

      Delete
  4. setujuuu! hihih ak justrupas hamil selalu males ngomong padahal kerjaannya begitu *malah curcol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun pas hamil males ngomong, Mbak.
      Demennya ngunyah. *plester*

      Delete
  5. yessss,, hidup ituh indah kurniati #eeeeeh
    tergantung cara menghadapinya, bravo deh buat mbak indah yg udah memutuskan menikmati hdp dgn cara sendiri ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus prinsip ! *orasi!*
      Gimana mo ngajarin anaknya teguh pendirian dalam pergawulan dunia, lah kalo emaknya aja ngikutin arus, ya gak ? hahaha

      Delete
  6. aih mantep sekali postingan mamah eh kaka indah :D, setuju banget mba, ngapain ngurusin kehidupan orang lain yang ga penting, justru dengan menikmati dan bersyukur dengan hidup kita sendiri lebih menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Di.
      Apa kita saking sibuk ngatur hidup yang makin susah ini, jadi waktu dan energinya udah habis buat kita sendiri ? hahahaha

      Delete
  7. Replies
    1. Hahahaha...tumben aku lagi insap, Mbak

      Delete
  8. nice post ndah..... :)

    klo prinsip gw dari dulu ngga terlalu suka yg ngikutin tren apalagi yang sampe maksa di luar kemampuan hanya untuk itu..cape bangeett hidup dgn cara itu.. ngga menikmati banget.. mending jadi diri sendiri.. syukurin yang udah di dapat dan selalu berusaha berbuat baik.. nikmatin hidup ajah sesuai kemampuan..

    soal ngurusin hidup orang.. ngurusin hidup sendiri aja udah ribet.. *curcol
    so.. buat apa? ngga ada untungnya.. banyakkan dosanya malah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending ngurusin kenaikan BBM,kenaikan listrik ya, Ke. Udah nguras pikiran banget soalnya setahun naik sampe berapa kali, sementara gaji naik cuma setahun sekali. Wakakak *ikut curcol*

      Delete
  9. emang ya Ndah faktor U ga bisa boong, hihihihi

    lagian cape Ndah kalo kita pikirin apa yang orang bilang tentang kita... just enjoy the beautiful life ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cape banget, Des. Mending ngurusin mau makan enak dimana. #lho.

      Delete
  10. Setuju mbak Indah....mengurusi hidup sendiri (plus keluarga) aja kadang kerepotan apalagi kalo mau ngurusin orang lain bakalan capek sendiri ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Bun.
      Hebat ya yang masih punya banyak cadangan energi. Bagi resepnya doong hehehe

      Delete
  11. Kalau untuk merasa bahagia harus kesana-kemari foto sana-sindi hingga update socmet yang sedang beredar, mungkin itu cara mereka mbak.

    Sedangkan diri sendiri kan sudah punya standar sendiri untuk merasa bahagia. Bahagia dengan diri sendiri dengan apa yang sedang dilakukan saat ini, tidak bergantung dengan tren yang ada.
    Perkara mereka nyinyir, lha itu juga urusan mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan pilihan kita juga kan, Mas, untuk tetap bahagia walopun dinyinyirin maupun setres karena dinyinyirin. Hahaha

      Delete
  12. salam kenal kak, kalau aku tidak pernah dengar perkataan org kak soalnya capek kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Winny. Salam kenal juga
      Iya bener banget. Makanya hidup jaman sekarang musti nebelin kuping barang 2-3 cm biar gak dengerin omongan orang.

      Delete
  13. Yes Ndah, setuju...mari menikmati hidup aja dan gak usah membebani pikiran kenapa orang begini dan begitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...iya, Lis, mending makan enak dan nikmatin hidup aja ya. Wong hidup cuma sekali ya.

      Delete
  14. aku tadi pagi udah mo nyinyirin orang (langsung ke orangnya ya, bukan gosipin di belakang), tp trs memutuskan untuk let it go ajalah. komentarku jg gak ada manfaatnya, buatku-- apalagi buat mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kata Mama Uwi, ambil wudhu, tilawah, Mem.
      * Maap, akikes lagi Riya ini, Riyaaa ! hahahaha*

      Delete
  15. Alhamdulillah udah ga suka sensian n galau an lagi Ndah....just enjoy your life Ndah. Ttd teman lama yang sudah lama ga kopdar

    ReplyDelete