8.06.2012

Sejarah Berat Badan Gw

Waktu masih gw pacaran sama mantan tunangan gw, berat badan gw mentog di 40-42 kg lho. 
Cungkring kali  ya gw? Sebanyak apapun yang diinput masuk ke perut gw, tetep aja jarum timbangan gak pernah mau bergeser ke kanan lebih dari angka 42 kg.
Entah mengapa. Mungkin karena makan ati tidak bahagia.

Waktu gw berpaling ke pria lain, gw mulai merasakan sedikit kebahagiaan rasanya. 
Setelah sewindu lebih berat badan gw cuma bermain di seputaran 40-42 kg, akhirnya jarum timbangan mulai mau bergerak ke kanan. Jadilah selama 7 bulanan berat badan gw berkisar 44-45 kg. Mayanlah mulai berisi dikit. Keliatan ada sedikit daging, gak cuma keliatan tulang. *loe pikir sop iga*


Putus dari pacar kedua, pacaran deh sama Hani. Eyampun, kayaknya gw makin bahagia deh. LOL.
Gak disangka-sangka lho, cuma selang setahun lebih, berat badan gw bisa naik 6 kg. 
Hiuuff..akhirnya gw bisa melihat jarum berhenti di angka 48 kg.
Ya iyalah. Waktu pacaran dengan Hani, gw gak suka tuh yang namanya romantis alias makan sharing berdua. Gak ada jaim-jaiman. Hani sampe bengong liat porsi makan gw. Di kencan pertama. Hahaha...

Kemudian waktu hamil Athia, berat badan gw naik drastis. Dalam kurun waktu 9 bulan, grafiknya naik terus sebanyak 18 kg, jadilah bener-bener mecah rekor mencapai 66 kg.
Itupun pas sebulan sebelum melahirkan, gw udah disuruh diet sama DSOG gw.


Alhamdulillah...gak pake resep diet-dietan, gak pake pergi akupuntur-akunturan, gak pake over-exercise pake alat-alat yang dijual di TV, cuma ngurusin bayi yang gak mo lepas dari emaknya, berat badan gw langsung menyusut dengan sendirinya.


Pas lewat cuti 3 bulan dan mo balik kerja, sempet bingung tuh mau pake celana apaan. Ketakutan celana-celana kerja sebelum hamil pada gak muat. Apalagi celana gw kan banyakan model slimfit. 
Minggu pertama dan kedua setelah 3 bulan melahirkan, gw ke kantor masih pake celana hamil yang gw pake di trisemester kedua.


Untungnya pas minggu ketiga, horray...ternyata jeans gw sebelum hamil udah muat kembali dong. Dan catet : celana jeans gw model low-rise. Cihuy banget kan ??


Berarti dalam kurun waktu 2 minggu itu, gw kerja keras banget, beresin outstanding kerjaan yang numpuk selama gw cuti 3 bulan. Makanya berat badan langsung menyusut dan menyusut. Belum lagi setres ngadepin problem kerjaan di pabs.


Sekarang berat badan gw berkisar rata-rata di 50-51 kg. Angka 51 kg itu udah maximal pada saat gw lagi chubby-chubbynya itu lho.


Naaah, seminggu puasa kemarin, gw nimbang di timbangan kantor. 
Kebetulan sedang berjejer beberapa timbangan badan. Dari yang timbangan injek model portable itu, timbangan bayi kayak di klinik anak, sampe timbangan injek yang agak tinggi kayak di Rumah Sakit/Puskesmas.


Timbangan pertama nunjukkin angka : 47 kg
Timbangan kedua nunjukkin angka : 47 kg
Timbangan ketiga nunjukkin angka : 48.5 kg


Nah lho! Langsung gw nanya " Ini timbangannya udah terkalibrasi belon sih ? Kok pembacaannya beda-beda ??". Pengen gw banting rasanya tuh timbangan ketiga!
Dijawab : " Anu, Bu...Yang ini emang selisih 1.5 kg, Bu " nunjuk timbangan yang ketiga.


Asyikkk!!! Seminggu puasa gw udah turun jadi 47 kg dong. Prestasi banget!! Gak dapet tropi juga sih. Cuma seneng aja. Ikut-ikutan euforia emak-emak lain yang hepi kalo berat badan turun. Hihihi


Tapi, seminggu kemudian, gw dapet 'halangan' dan gak berpuasa.
Penasaran dan iseng kembali nimbang badan di timbangan kantor.
Timbangan pertama : 48 kg
Timbangan kedua : 48 kg
Timbangan ketiga : 48.5 kg


A-P-P-A-H ??? Y-A-N-G B-O-N-E-N-G ???
Baru seminggu gw gak puasa, berat badan gw udah naik 1 kg ??
Guys, yang bener aje loe!!! 
Gw kan ...kan...gak ngemil di meja karena menghormati orang puasa.
Makan siang juga secukupnya. Tapi errr...emang sih suka ngemil kalo malem dan makan malamnya menggila. Tapi kan..nemenin Hani buka puasa.


Gw langsung defensif membabi buta. 
Cih, gak terima naseb banget. Yo moso iyo dalam seminggu doang... seminggu doaaaaaang gw bisa naik 1 kg. 
1 kg lho, bukan 100 gram. " Ini timbangan belum terkalibrasi semua ya ?"
Dijawab : " Udah, Bu...semuanya bagus kok. Gak ada penyimpangan..."
Gw : " Terus KENAPA TIMBANGAN SAYA NAIK 1 Kg dari minggu kemarin ?? INI PASTI ADA YANG SALAH DALAM METODE KALIBRASINYA DEH *over-depensip* "
*pengen nendang anak timbangan, tapi atut sakit kaki eike, Bok. Anak timbangannya 5 kg, 20 kg aja gitu *


Sebenarnya gw gak terobsesi-obsesi amat sih dengan angka yang terbaca di timbangan sih. Jadi gak berarti naik 1 kg, terus gw gak mo makan gitu. 


Iiiish gak ada di kamus gw yang namanya nyusahin diri sendiri. Tetep aje porsi makan gw yang segitu-segitu aja. Abis gimana dong, perut gw udah terbiasa dengan porsi sebanyak itu segitu. Kalo kurang, eike gak sanggup.
Gak sanggup kelaperan, kamsut eike.


Lagian Hani justru lebih suka gw yang 'berisi' daripada yang skinny. Lebih semog katanya. hahaha...hust hust hust.


Terus kenapa dong gw cuma naik 1 kg aja heboh gitu ??
Cuma ya gw aja kadang suka lebay. LOL *Kadang ? yakin loe cuma kadang doang ?*
Hidup ini asa kurang berwarna kalo gak ada lebay-lebay dikit. :p
Cobaa, kalo gak lebay dan gak heboh, cerita gak penting gitu gakkan jadi satu postingan kan ? Nyehehehe


Daaan sejak kemarin tuh, gw udah kembali berpuasa. 
Gak sabar rasanya menunggu Sabtu untuk kembali menimbang badan.

Hayo, siapa dari teman-teman yang selama bulan puasa ini sudah mengalami fluktuasi pergerakan arah jarum timbangan ?
Siapa yang ada di barisan ke kiri ? *turun*
Siapa yang ikut barisan sakit hati, udah puasa tapi tetep aja si jarum gak mau turun ke kiri malah demennya ke kanan ?
Ngakuuu eh ngacuuuung !!

33 comments:

  1. ndah, gua gak puasa, dan makan2 mulu karena lagi liburan, tapi berat badan gak naik lho... huahahhaa *sombong* :P

    ReplyDelete
  2. @ Arman,
    *timpuk Arman pake Red velvet Cake*
    Loe tega amat sama kami-kami ini, Man. *lebay*

    ReplyDelete
  3. huah.. bb gw tetep aja ndah, mau puasa kek mau makan 3bakul sehari tetep aja BB gw di sekitaran 50kg.

    ReplyDelete
  4. Gue..gue yg turun, huhuhu..
    sedih banget deh..udah perjuangan banget naekin berat badan ..(- -!)

    padahal gue kalo buka udah gila2an makannya. Ampe ga bisa jalan, saking kekenyangannya hehehe..

    sebenernya ade ape sih ama metabolisme guehh..?? *maap jadi esmosi begini gue* ;p

    ReplyDelete
  5. Gue hari ke-11 udah turun 3 kg aja, Ndah. Lagi hamil gini?!!!! Akhirnya nggak puasa, deh. Btw emangnya target turun berapa kg? :D

    ReplyDelete
  6. aahhh aku iri sama arman.. gw mau tuh kya gitu, makan banyak timbangan ngga ke kanan..

    Ndah, gw udh lama musuhan sama timbangan, takut gw sama angkanya.. jd skrg klo berasa sempit lsg ngurangin makan :(

    ReplyDelete
  7. Aku sebenarnya tiap minggu tiap hari jumat puasa, Ndah, tapi puasa gak puasa, angka di timbanganku cuma naik turun 1 kilo..gituuu terus...padahal kan aku masih pengen nurunin 3 kilo lagi :D

    ReplyDelete
  8. Dalam hidupku belum pernah ada sejarah turun BB gara2 puasa mba *over lebay*

    Timbangan hampir selalu tetep atau naik sekilo-an, padahal jaranggg banget makan takjil dan makannya juga biasa2 aja pas sahur+buka, piye iki?! :(

    ReplyDelete
  9. akuuu....akuuu...setiap bulan puasa selaluu mengurus aliyas jarum timbangan ke arah kiri...

    tapiii yaahhh eik iriii hati dan dengki membaca histori BB mu ndah...kok isooo...abis cuti lahiran bisa pake celana sebelum hamdun...tidaaakkk...

    gue yaaa...setelah anak gue 1 taun msh aja ada yg nyangka gue lagi hamidun *nangis kejer* makanya itu memotivasi gue buat diet abis abisan :D

    ReplyDelete
  10. gak naik dan gak turun alias tetep, mbak.. malah ada yg nuduh lagi hamil anak kedua pulak!
    hadeeeeh~

    ReplyDelete
  11. Yah...si Desi pengen ndutan, Mommynya Athia parno ngeliat kenaikan 1 kg, kira-kira lemak tuh bisa ditransfer gak sih, jadi Mbak Indah transferin ke Desi aja?
    Kalo bisa, aku mau sumbang Desy juga, setengah kilo aja, lemak di perut hehehehe :D

    ReplyDelete
  12. gw masih musuhan sama timbangan, ndah :)

    ReplyDelete
  13. Edan...tinggi brapa sih? Kok bisa berat badan kepala 4 ? kayaknya berat badan gue kepala 4 tuh pas gue kelas 4 SD deh hahahahah...

    ReplyDelete
  14. Iiiih ini bikin gw sutrisno deh ndah bacanya, berat gw stuck di 55 kilo padahal rasaan gw makan udah dikit banget jarang ngemil pula, suami dengan pola makan yang sama udah turun 5 kilo dong.
    Metabolisme gw kurang lancar apa gimana sih? *esmosih*

    ReplyDelete
  15. @ Della,
    Iya bodi loe gak keliatan kayak emak beranak dua. kayak gadis. *sirikiti*

    @ Desi,
    yaaah harusnya loe enak dong, Des. Menikmati hidup eh makan enak tanpa harus musuhan sama timbangan. hahaha

    @ Della,
    gw gak ada target turun berapa kilo, Del. Cuma lebay aja kalo timbangan naik. :p

    ReplyDelete
  16. @ Nike,
    Tuh Arman..untung loe gak dibully emak-emak di sini. hahaha...
    Makanya jangan deket-deket yang namanya timbangan. reseh! Bawaannya pengen nimbang muluk. ya gak sih ?

    @ Allisa,
    Tapi kamu kan emang gak over-weight, Lis. Sedeng lah.

    @ Silvi,
    hahaha...yah dulu kan masih setres sama outstanding kerjaan, Sil. Makanya cepet kurus.

    ReplyDelete
  17. @ Palupi,
    Cup cup cup.
    Yang penting gak naik. itu udah hebat!

    @ Maria,
    Iya mau transfer lemak di perut juga. kayaknya kurang Zumba nih. Nyehehe

    ReplyDelete
  18. Banyak yang bilang, ramadan kali ini saya lebih langsingan mam, Uhuk :D

    ReplyDelete
  19. aq tiap kali puasa pasti naik BB nya.
    soalnya nggak banyak kegiatan dan juga nggak olah raga

    tapi, its Okay.
    :p

    salam kenal :D

    ReplyDelete
  20. pancet lemu nek aku, hahaha....

    ReplyDelete
  21. Aaaaah....kenapa sih dirimu membuatku jadi iri begindang....

    Aku kan pingin kurus mbak,,,,aku aja yang kecil gini timbangan di 48 kg...kebayang mbuletnya kaaan.... :)

    Huaaaa....pengen nangisss
    #mewek di bawah meja sambil ngunyah pastel jatah takjil...(lagi ga puasa)

    ReplyDelete
  22. puasa tahun ini timbangan sy ke kiri.. puasa2 sebelumnya nganan terus.. *joget2..

    ReplyDelete
  23. Aaahhhh naik sekilo dlm seminggu mah wajaaar...lah aku seering naik sekilo dlm semalem xixiixix

    Klo aku puasa malah ga turun tuh bbnya, klopun turun jg ntar lebaran naik lg, jd impas

    ReplyDelete
  24. @ BunDit,
    Ciyee...baju lebaran bisa turun 1 size nih, Bun. Hahaha

    @ Lulu,
    Bodi kamu langsing gitu kok. Mo coba menipu publik ya ? heu heu heu..

    @ Rivai,
    Salam kenal juga.

    @ Tyka,
    Kamu gak lemu, Tyk. Cuma SeMOG. Seksi dan Montog.

    ReplyDelete
  25. @ Pungky,
    Laaah..kamu udah di 48 kg harusnya joged pisang bahagia toh, Ky ?

    @ Mbak Lidya,
    Mbak Lidya kan emang kuruuuus. Plis deh Mbak, jangan kompor-kompori kami lagi. Hihihi

    @Ke@nai,
    Alhamdulillah ya, Mbak...kayaknya turun timbangan buat wanita sesuatu banget.

    @ Vera,
    *timpuk pake pancake duren*
    pembohongan publiiiiik!!!!
    Dirimu tuh aselinya langsiiing, Ver..
    Eliiing...eliiing...hahaha

    ReplyDelete
  26. Kayaknya gk cuma Mbak Indah deh, semua perempuan pasti heboh bin lebai kalo timbangannya naek, walopun naeknya jg cuma stengah kilo, termasuk aku -__-"

    ReplyDelete
  27. @ Mbak Asty,
    Asyiiik banyak temennya sesama heboh kalo timbangan naek.

    ReplyDelete
  28. Hihihihi. Kecele banget baca postingannya. Kirain setres juga naik sekilo.

    Etapi sepengaruh itu banget ya bb buat perempuan? Padahal kalo menurut (saya sebagai) laki-laki mah naik sekilo dua kilo itu gak kelihatan lo Mbak. *ato emang ga perhatian ya*

    Hehehehe

    ReplyDelete
  29. Mba Indah maap kalo komen dobel lagi. Tadi error lagi.

    Intinya naik sekilo dua kilo mah ga ngaruh kok. Saya aja pernah naik 15 kilo dalam sebulan puasa. Dari 55 jadi 70 an kilo. Eh apa 10 kilo ya?

    Tapi kecele juga baca postingannya. Kirain beneran heboh. Hihihi

    ReplyDelete
  30. Kata Atungnya kinan yang baru datang ke Bintan, aku lebih kurusan...*huahauhau..terang aja kurusan orang terakhir ketemu waktu lebaran lalu masih di over weight..ini puasa emang turun tapi cuman 2 kilo ..nggak ngefek..tetap chubby..hueheueheu..

    ReplyDelete
  31. berat badanku sekarang berapa ya. dah lama gak nangkring di timbangan

    ReplyDelete