5.24.2010

Traveling With 13 mos Toddie Boy Can Be That Simple..

Hm..karena Genk Racun, Depoy 'nyebrang' dari Swedia ke Italy (setelah sebelonnya ke Paris), Iti pengen jadi nyante berjemur di pantei, Dhita yang pengen meluk David Beckam di Hongkong, then Well, I think I need a break! Dan gw pun ngorek-ngorek uang di Dana Liburan. Wahduh.. uang di situ belon cukup buat bayarin liburan overseas ngikutin jejak tiga temen gw di genk racun ini. *Sesugukan di pinggir jalan*


Akhirnya gw pun mengikuti jejak Firah, mimihana untuk berlibur di domestik aja. Bedanya Firah berlibur ke Semarang, Ambarawa sono, gw justru milih yang deket aja: ke BANDUNG. *kabuur menghindar dari toyor emak-emak*

*tutup muka* Malu.. gak punya cerita seru yang gimana gitu kayak cerita liburan yang lain deh. Abisan ya elah cuma ke Bandung ini. Hihihi..Atau malah ada yang mikir " Hayyah...ke Bandung kan bisa tiap wiken??".Emang sih, wong kantor gw yang berlokasi di Cikarang sini lebih sering ngadain dinner bablas ke Bandung ketimbang ke Jakarta yang padat merayap di tol Pondok Gede dan tol dalam kota.


Eeiits, yang bikin beda liburan Ke Bandung kali ini karena ini kali pertamanya gw ngajak our 13 mos toddie boy bepergian keluar kota setelah MPASI. Emang sih Ganesha udah pernah mudik lebaran ke Lampung, tapi kan belon berasa rempong, Cong. Abisan dese kan masih 5 bulanan,jadi gak diribetin sama yang urusan MPASI inih. Dan Gw emang planning baru mau ngajakin Ganesh traveling atau liburan setelah dese berumur 1 tahun. Kenapa? Alasannya so simple : Biar gak diribetin urusan MPASI hohoho..

Supaya gw gak rempong waktu liburan sama Ganesh, ada beberapa persiapan yang gw lakukan sebelum merencanakan traveling:

1. Ganesh mulai dilatih nyedot susu UHT langsung dari kotaknya.
Awal usia 12 bulan, Ganesh agak susah belajar minum susu UHT pake sedotan. Sempet terpikir untuk beli Mug Combi yang pake straw untuk melatih Ganesh minum pake sedotan. Tapi pas gw check di SEIBU Grand Indonesia, ternyata harga mug combi ini hampir 200rebu, Bok. Hmm...untungnya Ganesh emang anak yang pengertian. Emaknya gak usah investasi Mug semihil itu, dia udah bisa menyeruput susu UHT langsung dari kotaknya dengan sedotan.


Gw emang sengaja bawa beberapa stock susu UHT Ultra kemasan 125 ml. Jadi kalo Ganesh pengen mimik susu, tinggal sedot dari kotaknya. Begitu selesai, tinggal buang kotaknya. That simple! Hihihi..Gak perlu rempong bawa thermos air panas, botol susu, gak perlu cuci botol bekas, sterilisasi. Hedeeeh..ngebayangin diaper bag plus peralatan persusuan yang harus dibawa aja udah bikin gw ketar-ketir…
Oya, jadi sekarang kalo kemana-mana, gw gak perlu bawa Allerhand backpack yang kayak kantong Doraemon itu lagi. Cukup dengan Allerhand Combi Cooler ! *nyengir bangga bisa ngurangin isi diaper bag*


2. Mulai membiasakan Ganesh makan nasi dan lauk yang kita makan
Pas liburan kemarin gw juga gak rempong bawa kompor listrik, panci khusus dan teman-temannya. Karena Ganesh udah bisa makan nasi yang kita makan, jadi Ganesh bisa pesen makanan di tempat kami makan. Dan kami memang mutusin gak makan di Junk Food. Dan Ganesh tampak doyan makan tahu, tempe goreng dengan sayur asem. Atau makan sup cream jamur dengan nasi keju.


Okay, mungkin pilihan gw ini bukan makanan yang ‘sehat’ seperti yang disuguhkan ke Ganesh sehari-hari di rumah, setelah diskusi di forum The Urban Mama diberi kelonggaran dengan alasan "hey it was vacation!"


Gw pikir mending gw berkompromi dikit kali ya daripada saat liburan gw ngotot harus rempong nyiapin sendiri makanan Ganesh, jutsru malah bikin liburan ini jadi gak fun, mood liburan udah bubar jalan karena keburu riweuh, jadilah gw prefer ambil win-win solution tadi. *pembelaan diri!*. Lagian toh Ganesh kan udah 1 tahun jadi variasi makanan lebih banyak yang boleh dikenalkan dan udah boleh kena gargul juga *walopun kalo di rumah masih belon pake sih...* jadi lebih gampang klo pilih menu makanan di resto.

Well, Setidaknya, hal yang sedikit mengurangi beban rasa bersalah gw ke Ganesh adalah bahwa menurut gw pilihan ini masih mendingan daripada gw mengambil pilihan terakhir: tinggal seduh makanan instant. Dan untungnya pilihan terakhir tadi gak perlu gw ambil…karena Ganesh tampak paham bahwa ini liburan dan dia tampak gak cerewet soal makan ini...hiuufff..


Untuk cemilan, gw memesan fresh juice tanpa es, milkshake, dan membeli yogurt di Superindo dekat hotel untuk Ganesh. Emang sih mungkin selama liburan kemarin asupan gizi untuk Ganesh gak maksimal, tapi untungnya Cuma 3 hari dua malam saja. Huhuhu


Walopun Ganesh udah bisa berjalan sejak menginjak usia 12 bulan 1 minggu, namun tetep aja gw bersyukur punya Mothercare Jive Star yang ringkes dan nyaman untuk dibawa kemana-mana.


Hmm…menurut gw, Traveling dengan Toddie itu banyak pilihan.
- Bisa memilih bawa semua peralatan masak yang biasa dipake di rumah,
- Bawa bekal stock gravy atau homemade abon,
- Bisa kasih makanan yang kita makan (tapi menunya dipilih ya, Mom sesuai dengan usianya dan sebaiknya bukan junk food).
- Atau kalo mau lebih lempeng lagi tinggal seduh makanan instant.


Well, again semua kembali ke pilihan emaknya masing-masing. Yang jelas pengalaman pertama traveling dengan ganesh ini bikin kami (baca: gw sih yang paling getol) hepi.

Alhamdulillah selama liburan, Ganesh gak ngalamin masalah dengan pencernaan dan fakta ini bikin kami semakin confident untuk lebih sering traveling dengan Ganesh…

Ganesh pun tampak enjoy liburannya.

Insya Allah, next traveling yang udah pasti sih ke Bangka pas lebaran nanti.

Gantian dari tahun sebelumnya yang mudik ke Lampung (rumah parents in law), lebaran tahun ini kami akan berlibur ke pantai di Bangka (hometown Mommy)...*huhuhu Mommy emang gak berburu Free Seat Air Asia, tapi hunting tiket promo liburan Mandala Air*

Yay!!! Can't hardly wait for another traveling...uuhhhuuyyyy!!

12 comments:

  1. Gue juga bawa panci listrik tyt kepake cuma sehari. selanjutnya makan makanan hotel atau resto.. hahaha.. eh sempet juga sih makan heinz. Pdhl gue pgnnya gerber tapi susah bgt nyarinya.

    Hahduuuh itu foto ganesh senyumnya manis amat..*cubit*

    ReplyDelete
  2. @ Iti,
    Hihihi...gw emang males dari awal. Gw pikir ya sutralah makan makanan resto ajah. That simple.
    Ganesh kan emang manis kayak emaknya *GRIN*

    ReplyDelete
  3. Hihihi..gue kl pergi2 skrg juga lebih santai. Pilih resto yg sedia makanan rumahan. Senangnya abis liburan..mudah2an Ganesh dr sakit yg sekarang cepat sembuh yaaa...

    ReplyDelete
  4. Aah..kalau liburan mah dibuat enjoy aja mam hehehe. Ganesh udh toddler ini. Kalau saya belum pernah ngajak Dita liburan sampai nginep di hotel gitu sih. Eh..itu Ganesh makin gede makin mirip mommy nya ya... Bener kata mamanya Zahra, senyumnya manis :-)

    ReplyDelete
  5. @ Mandey,
    Toss kita. Gw juga sekarang kalo bepergian udah jarang bawa makanan dari rumah sejak jadi toddler. *tutup muka*.
    Makasih yaaa...

    ReplyDelete
  6. @ BunDit,
    Ehm ehm...jadi bener dong kalo Mommy nya Ganesh manis *siul siul*

    ReplyDelete
  7. Oooo ya ya..jd mkn makanan hotel aja ya..hehe..(Sok ga tau pdhl kl ke mall ​MɑyCɑ jg makan mknan mall :p)
    Gw rencana buat libur lebaran udh mau beli panci kecil dll dll..gausah lah ya..hihihih..tp tetep bakal rempong dgn peralatan susu krn ​MɑyCɑ ga mau UHT..

    ReplyDelete
  8. @ Menik,
    yah terserah sih..kalo rajin masak, yo monggo masak. Soale gw sama Iti kan emak rada nyante sekarang. udah 1 tahun soale, bukan bayi lagih. Hihihi..
    Mayca Gak mau UHT karena alergi apa gak doyan yang plain? Udah coba yang rasa coklat?

    ReplyDelete
  9. Weleh ada namaku disebut2 hehehe jd enak ;p iya kl anak udah sgede gini gw jg ngerasain enak bgt, ga ribet.. Makan samaan, ga dikit2 nangis kyk bayi hehehe, bs diksh tau gt mksudnya.. Tp kl msh ada ibu kyk iti atau menik yg rela bawa panci pas liburan itu mah hebat bgt.. Gw ga bs seidealis itu, hiks.. Pgnnya pas liburan ya bnr2 liburan gt.. Ga masak2.. *emakgakmaurugi* hehehe ayooo pd berburu tiket utk liburan selanjutnyaa (iti udah duluan ni pastinya) hehehe :)

    ReplyDelete
  10. @ Depoy,
    Toss kita, selain emak-emak mesum ternyata kita juga Emak-emak lempeng pemalas. hihihi

    ReplyDelete
  11. Krn gak doyan! Cm mau icip2 aja ga mau diseruput..susu jg maunya pediasure si susu kontroversial :p

    ReplyDelete
  12. @ Menik,
    Yang penting Mayca, anak bujang tetep sehat...*peluk Mayca*

    ReplyDelete