12.08.2009

Blogging dan Blogwalking

Gw suka menulis! Itulah alasan kenapa gw suka menulis blog. Mungkin ini pengaruh dengan pekerjaan gw yang menuntut gw untuk menulis dalam keseharian gw. Eiits, jangan menebak gw adalah jurnalist yang harus menulis berita, atau bagian PR yang harus menyiapkan Press Release.


Yang gw maksud dengan pekerjaan gw menulis di sini adalah menulis Work Instruction, menulis Testing Procedure, SOP, Improvement Report en bla bla karena pekerjaan gw adalah semua yang berbau 'Quality'.


Dari product reject, audit ISO, Customer Complaint, Supplier Audit, sampe masalah kecil di gudang pun pasti orang-orang akan menelpon extension gw. Sepertinya extension gw harus diganti dari 133 ke 911. Hihihi...




Kenapa gw bilang gw suka blogging dengan pekerjaan sehari-hari gw? Berbeda dengan kolega gw yang lain di ruangan Engineering ini, mereka mungkin gak terlalu suka blogging.


Pekerjaan sehari-hari mereka bercumbu dengan AutoCad and Pro Engineering, software yang diendorse oleh corporate gw sekarang. Jadi boro-boro mereka nulis, mereka udah disibukkan dengan mikirin design dan development product.


Okay, balik lagi kenapa gw suka blogging. Bukan karena mau ikut-ikutan, mau jadi celebs, tapi karena gw butuh intermezzo untuk memuaskan sisi sosial gw yang lain, daripada terus-terusan nulis step by step prosedur yang kudu dijalanin. Hiks!


Selain demen nulis, gw juga demen baca. Sedari kecil gw melahap bacaan bobo, Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu, sapta siaga dan buku-buku Enid Blyton lainnya **OMG, keukur deh how old I am!**. Terus pas udah gedean, gw suka baca majalah. Terus pas dewasa gw semakin suka baca novel, Femina dan Cosmopolitan.


Beberapa waktu lalu, gw pernah punya kolega, Turinto yang sekarang udah cabuts kerja di Singapore. **Hai, Tur!**. Kami sama-sama penggila novel.


Bedanya waktu itu gw ngefans banget Harry Potter, Adithya Mulya, Fira Basuki, Alberthiene Endah dan sejenisnya, Turinto seneng bacaan yang agak 'berat'. Hustt..bukan tebelnya lho! Karena kalo berat, Harry Potter makin gede seri nya makin tebel lho! huahaha...


Pernah gw baca testimoni dari sang mantan Turinto di Friendsternya **belon ada Fesbuk zaman ntu, bok!** bahwa dese rada sulit mengimbangi selera bacaan dan tontonan Tur.


Satu hal yang gw inget banget dari Turinto soal bacaan, " Bacalah buku yang setelah loe selesai baca gak cuma numpang lewat, and you've got nothing! Baca buku yang nambah pengalaman jiwa dan setelah loe selesai baca bukunya, ada sesuatu yang nambah di kehidupan loe".


Berat..berat...Master, your kungfu is very good!! kayak pelem-pelem Jackie Chan jaman dulu.


Dan sekarang gw adalah mommy dari bayi usia 8 bulan. Masih tetep suka baca.
Dan sedari Ganesha masih dalam perut gw, gw udah nyiapin Cloth Book atau Soft Book untuk menanamkan Ganesh meniru kebiasaan mommy nya yang menurut gw good habit! **Cihuyyy, ada juga kebiasaan gw yang bagus untuk ditiru!!**


Gw udah jarang baca novel kecuali Twilight, New Moon, sisanya bacaan gw adalah buku-buku soal panduan kesehatan anak, pijat bayi, pokoknya yang berkaitan dengan bayi deh.


Sekarang gak cuma novel, buku, tabloid, majalah, gw pun merambah baca postingan milis yang menurut gw sangat membantu banget. Mulai brosing-brosing dan akhirnya baca resep sembari masak di dapur. Huahaha...Gak banget ya!! Ibuk-ibuk zaman sekarang!


Dan pengalaman baru..blogwalking! Gw suka blogwalking. Gw merasa belajar memahami perasaan orang lain melalui blogwalking ini.
Jangan sampe hal yang menurut gw cuma basa-basi tapi karena gak belajar etika, gw jadi menyakiti perasaan orang lain.


Cerita ibuk-ibuk modern ini sangat membantu gw banget dalam jadi orang tua baru. Masalah ASI, MPASI, education, tips, trik, atau pengalaman yang mungkin suatu saat akan gw alamin juga bisa jadi panduan buat gw.


Terima kasih, ibu-ibu yang mau meluangkan waktu dari sibuknya segudang kegiatan untuk berbagi ini ke kita semua...Memberikan kami inspirasi...


Oya, Gw juga suka blogwalking ke blog salah satu temen gw.


Emang sih temen gw ini bukan Blog Celebs.


Blog nya gak bercerita soal kehidupan sempurna ala cinderella yang menarik untuk diikutin bak sinetron. Cuma kisah-kisah sederhana dalam kesehariannya. Tapi inilah yang bikin menarik buat gw, cuma kisah sederhana tapi kadang meninggalkan kesan mendalam di gw. Bahasanya juga santun dan bahasa-indonesia sekali...
gw kayaknya perlu belajar dari temen gw ini yang emang Master Communication. Hihihi..*loe udah bisa ngerasa siapa yang gw maksud kan?*


Yang kadang nyentil gw, yang bikin gw berpikir untuk preventive action...


Nah PR buat gw ke depannya, gimana supaya gw bisa menulis seperti yang Turinto bilang. Menulis sehingga meninggalkan kesan mendalam dan membuat yang baca serasa mengalami pengalaman yang gw alamin...


Iya, gw cukup tahu diri kok. Mungkin gw masih perlu banyaaaaak belajar untuk bisa sampai ke tahap itu...Yang jelas sekarang cuma bisa melampiaskan intermezzo ajah dulu ya...


Tapi tetep berharap bahwa blog gw ini setidaknya bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Amin!

8 comments:

  1. aku punya tuh koleksi sapta siaga, LIma sekawan. ketauan dong kita seumuran hehehe

    ReplyDelete
  2. Kalau saya dari dulu suka menulis...tapi sempet off dalam satu fase. Sekarang stelah ada Dita, semangat nulis menyala lagi *lebay* . Ah, jadi inget ada beberapa draft tulisan yang belum juga kelar *huahaua ngguaya* ;-) Keep writing & happy writing ya mbak. :-)

    ReplyDelete
  3. @ Mbak Lidya,
    **Blushing Cheek**

    @ BunDit,
    Aku juga punya beberapa draft tulisan yang belon completed. Draft prosedur tapinya...heu heu heu

    ReplyDelete
  4. Bun tulisannya bagus dan enak dibaca, boleh khan belajar :)
    dan kayaknya kita satu bidang di manufaktur dech,
    mampir ya ke http://bayipintar.wordpress.com, ditunggu masukan dan komen positipnya :D

    ReplyDelete
  5. Haduuuhhh Jeng Indah mah ga diragukan lagi kemampuan menulisnya, wong aku sering terinspirasi ko :D
    Baru tau gua Ndah lo bagian Quality, ISO9001:2008. Sama dunks, cuma daku ditambah ISO14001 ma OHSAS18001 juga. Jadi gimana ada low kah? hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada yang kerja bagian ISO ya? keren. Tapi setahu saya perusahaan yang akan mengambil OHSAS agak susah dapatnya. Banyak syaratnya, setahu saya. Perusahaan yang sudah ada OHSAS berarti kredible.

      Delete
  6. @ Yani,
    Asyik..nambah lagi temen2 dari pabs.

    @ Mirta,
    OHSAS18001 di tempat gw dipegang sama EHS Specialist, Mir. Kalo gw cuma control Document ISO 9001 ajah sm ngurusin produksi, supplier, customer, testing weleh weleh banyak juga ya.
    Justru gw mau nanya, di tempat loe ada lowongan gak? wakakak

    ReplyDelete