7.27.2009

Ganesh sumeng akibat DPT? Coba Home Treatment ajah Dulu

Baru-baru ini gw baca perdebatan soal pro dan kontra mengenai Home Treatment untuk meminimize anak mengkonsumsi obat yang sebenarnya bisa diatasi tanpa antibiotik.

Sabtu malam kemarin, kebetulan Ganesha baru aja disuntik Tetra HIB kedua dan Polio. Tetra HIB adalah dalam satu suntikan berisikan virus DPT dan HIB. Berbeda dengan Infanrix HIB yang konon katanya "tanpa panas", Tetra HIB ini adalah DPT dengan panas.
Kenapa gw milih Tetra HIB ketimbang Infanrix HIB?
Well, sebenarnya gw dulu pengen diberikan Infanrix HIB waktu DPT yang pertama. Tapi dr. Darlan Darwis, SpA (K) di RSB YPK keukeuh nyaranin Tetra HIB aja.
Waktu itu gw pikir dasarnya adalah karena Tetra HIB memang lebih murah ketimbang Infanrix HIB.

FYI, harga Tetra HIB plus polio dah include jasa dokter di RSB YPK Rp 380,000

Tapi ternyata menurut DSA nya temen gw, jika menginginkan imunisasi DPT yang combo, maka pilihlah yang DPT dengan panas (ya Tetra HIB ini). Karena ini akan memberikan hasil yang lebih maximal. Jika menginginkan imunisasi DPaT (yang tanpa panas) sebaiknya suntikannya single alias disuntik dua kali jika memang barengan dengan HIB.

Jadi lega deh...tapi tolong koreksi jika memang salah yaaa...

Dan Alhamdulillah, Ganesh memang gak demam lho. Sama seperti diimunisasi Tetra HIB yang pertama, cuma emang agak sumeng. (suhu tubuh antara 37.5-38 derajat celcius). Hani yang parno karena DPT dengan panas sibuk ngeraba-raba badan Ganesh soalnya Ganesh agak rewel.
BuDe yang momong Ganesh langsung main suruh kasih obat aja. " Kalo DPT dapet obat panas dari dokter toh, Mbak. Yo dikasih aja..kasihan badannya agak anget"

Gw milih untuk tidak memberikan obat panas dulu. Soalnya yang pernah gw baca jika suhu <>
Jadilah gw tempelin Ganesh untuk dinenenin terus seharian itu. Gw pakein baju tipis, gak gw selimutin. Gw matiin AC di kamar. Biar gampang ngukur suhu tubuh Ganesh.

Dalam hati terus berdo'a semoga pilihan gw untuk tidak memberikan obat penurun panas ngikutin BuDe nya Ganesh yang secara usia memang lebih pengalaman nanganin bayi adalah pilihan yang benar.

Dan emang ternyata bener lho, sorenya Ganesh dah kembali ceria. Gak rewel lagi. Mungkin karena sumeng, jadinya gak enak badan. So Home treatment gw ke Ganesh sukses lagi...Alhamdulillah...

So far kalo Ganesh kembung, gw biasanya pake daun jarak yang dicuci bersih terlebih dahulu. Terus daun jaraknya dipanasin dengan api kompor sebentar aja, tuangin minyak telon dan ditempelin diperut Ganesh. Abis tuh gw tutup pake gurita biar tuh daun gak klewer-klewer.

Biasanya sih ampuh buat Ganesh ya. Kalo dipasang malam hari, esok paginya tuh daun kering dan kembung pun hilang.

Kalo Ganesh pilek, *waktu masih usia 1-2 bulan ya*, biasanya paginya gw jemur, abis tuh dada, leher, punggung diolesin sama balsam transpulmin BB.

Trus di batang hidungnya ditempelin gambir yang ditumbuk. *kayak parem gitu lho,Mom*. Kalo kering, dipakein lagi. terus di ubun-ubun gw olesin minyak telon juga.

Alhamdulillah so far, it work with Ganesh ya. Breathy biasanya gw tetesin kalo emang udah mampet banget.

Home treatment memang bisa dilakukan, tapi jangan maksain untuk terus home treatment dan Segera ke dokter :
- jika bayi <>38.3 derajat celcius
- jika bayi dan anak berusia lebih dari 6 bulan dengan suhu tubuh 40 derajat celcius atau lebih.
- Tidak mau minum dan telah mengalami dehidrasi, muntah atau diare
- menangis terus, tidak bisa ditenangkan
- tidur terus menerus, lemas dan susah dibangunkan
-sesak nafas
- Kejang, kaku kuduk leher, sakit kepala hebat
- Untuk demam tanpa batuk pilek jika lebih dari 72 jam.


Ada ibu-ibu yang keukeuh pengen home treatment aja dulu ke anaknya, ada yang mungkin panik langsung ke dokter di kasih obat.
Gw inget banget ada temen gw yang justru lebih suka anaknya dikasih obat paten ke anaknya yang terhitung masih bayi. " Kasihan dia rewel, Ndah...kalo dikasih obat yang paten ini, dia lebih bisa istirahat, penyakitnya lebih cepat sembuh..."

Gw gak akan men-judge pilihannya untuk memberikan antibiotik juga. Karena gw percaya, semua orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya.

Seperti gw yang hingga saat ini memilih untuk mempergunakan obat secara bijak buat Ganesh.

Jika memang bisa dihandle dengan home treatment dulu, gak perlu ke dokter toh *walopun dicover asuransi sesuai tagihan??*

No comments:

Post a Comment