4.08.2009

Alhamdulillah, Akhirnya ASI Mommy Ngucur Juga....

Dari pengalaman gw yang baru aja jadi Mommy, yang paling menyedihkan pada saat pasca melahirkan bukan rasa sakit yang dialamin Ibu akibat persalinan, namun jika ASI yang diproduksi tidaklah sesuai dengan yang diharapkan.
Dan itulah yang gw alamin selama dirawat di RS kemarin. Walopun sedari awal gw sudah mendapatkan IMD *emang gak seheboh Tiara Lestari sih..* namun rasanya cukup untuk merangsang produksi ASI dan bonding selanjutnya.


Padahal udah berulang kali gw tanamin dalam alam bawah sadar gw.." ASI gw pasti ngukur deras ibarat keran.." sedari kehamilan. Karena kunci yang memegang peranan paling penting dalam banyaknya volume ASI yang dihasilkan adalah PEDE.

Dan kayaknya gw mayan PEDE kok kalo gw bakalan menghasilkan ASI yang cukup buat Ganesh. Buktinya gw udah nyiapin beberapa disposable breastpad dalam tas yang akan gw bawa ke RS waktu itu. Itu kan berarti gw pede bahwa ASI gw bakalan bleber...heu heu heu..


Hari pertama gw bersama Ganesh, gw udah nyusuin Ganesh. Gw gak perduli keluar apa gak ASI nya yang penting Ganesh menyusu di payudara gw. Awalnya gw emang lebih suka memberikan Ganesh payudara yang sebelah kiri, namun lama kelamaan gw takutnya ntar payudara yang sebelah kanan jadi gak keluar kalo gak terus dirangsang dengan isapan Ganesh.

Prof Yun sempat memberikan gw dua suntikan ASI untuk memperlancar ASI gw...dan di hari kedua ASI gw belum juga mengucur, terus terang gw mulai panik...Padahal gw tahu itu bakalan mempengaruhi vomue ASI gw..
Tapi gw berusaha untuk tetap Pede dan terus menyodorkan payudara kepada Ganesh untuk disusui..

Alhamdulillah, akhirnya kolostrumnya keluar juga....tapi baru di payudara yang kiri...mungkin karena gw kelamaan membiarkan Ganesh tidak imbang mengisap di payudara yang kanan..jadinya keluarnya gak bersamaan...
Walopun akhirnya keluar juga dari yang sebelah kanan...


Gw sampe diberi 3X suntikan untuk memperlancar ASI dan minum Moloco sehari 3X. Sediiih banget rasanya membiarkan Ganesha hanya mengisap-isap dan keluarnya hanya tetesan kolostrum...

Gw mencoba kuat untuk tidak memberikan SuFor...dengan keyakinan bahwa Bayi bisa survive walopun tidak diberikan apa-apa selama 48 jam. Gw terus menekankan dalam pikiran Jika ASI gw baru keluar setetes demi setetes mungkin itulah yang baru diperlukan oleh Ganesh...

Begitu gw sampe rumah dan mandi, barulah gw bisa mengkompress dengan air hangat,air dingin seperti yang rutin gw lakukan sewaktu hamil dulu. Terus dilanjutin dengan pijat payudara dengan masing2 30 kali.

Alhamdulillah, pada saat melakukan pijat payudara itulah, ASI gw langsung mengucur keluar...

Gw langsung bahagia banget...keyakinan bertambah..bahwa gw memang bisa memberikan ASI untuk Ganesh
Karena seakan menjawab semua hambatan yang paling berat gw rasain adalah Lack Of Support..

Suamiku sih pasti selalu memberikan dukungan, tapi terkadang orang lain sempet gak tega melihat Ganesh seakan kelaparan...dan pengennya diberikan SuFor untuk tambahan...

" Ganesh tuh bayi laki-laki...ASI mah gak kan cukup..butuh tambahan...tuh kan dia masih laper. Mana ASI nya keluarnya sedikit" Dalam hal ini maksudnya adalah SuFor.

Sediiiih bangettt rasanya.....

Tapi gw bilang " Emaknya Ganesh gak punya duit beli SuFor...kecuali kalo yang nyaranin mo beliin tiap bulan..."

Sekedar berbagi pengalaman buat yang sempet panik karena ASI nya gak langsung keluar di hari pertama melahirkan, * ini juga gw dapet dari Ibu-ibu pejuang ASI lainnya*

1. Tetap PEDE, menanamkan dalam alam bawah sadar.." ASI gw pasti cukup buat bayiku..mengucur deras..", " Hayo produksi ASI lagi..."

2. Katanya produksi ASI tergantung Demand...jadi semakin sering dikosongkan payudara (alias diberikan kepada bayi), produksi ASI akan seamkin sering...
Jadi terus sodorkan payudara untuk disusui setiap bayi menangis..malah gw tiap 2-3 jam sekali...walopun gak ada isinya..Karena isapan bayi bisa merangsang produksi ASI...

Even kalo ganesh pules bobo, gw sengaja bangunin untuk kasih ASI...kadang saking pulesnya Ganesh, susah banget dibangunin..dikitik-kitik kaki, tangannya tetep aja kebluk kayak emaknya. Gw sampe bikin dia nangis..nah biasa kalo dia nangis, dia teriak-teriak...mulutnya justru nganga lebar lebih gampang buat masukin puting terus karena capek teriak-teriak, dia juga jadi kenceng ngenyot nya..mungkin haus juga kali ye...
3. Lupain diet dulu deh...perbanyaklah makan yang bergizi...lah kalo gak ada yang dimakan, apa yang mo diproduksi?

4. Gw ngikutin saran Yudith yang juga punya anak laki-laki..*katanya anak laki-laki menyusu lebih banyak..tapi katanya ini juga mitos..* untuk selalu memasukkan daun katuk di menu makan siang dan malam. Sebenarnya gak musti daun katuk...tapi bisa juga sayuran yang berwarna hijau dan mengandung zat besi...

5. Ada yang bilang untuk hindari kol dan brokoli...kalo gw sih jelas, kedua sayuran ini bikin lambung gw jadi mengandung gas dan sering sebah dan kembung setiap abis mengkonsumsi..

6. Banyakin minum susu...susu apa aja..gw sih minum susu UHT, Susu Kacang kedelai tiap hari..

7. Perbanyak minum air putih...kan ASI juga butuh minuman, bukan hanya makanan...Gw jadi double mengkonsumsi air putih lho...

8. Gw banyakin ngemil kacang kulit ...*hust bisa merek apa aja ya...gak mentang2 suami gw kerja di GarudaFood terus gw promosi kacang kulit Garuda biar bonus suami gw gede..* huahahaha....

9. Rutin melakukan kompress dengan air hangat dan pijat payudara setiap mandi. berarti 2X sehari ya...

10. Setiap abis menyusui, gw pasti reload...gak musti makan nasi...tapi bisa dengan snack dan minum susu atau juice atau yang manis-manis deh biar cepet reload..CMIIW...

Tapi yang pasti setiap abis menyusui tuh bikin lapeer euy...
Even malem2 pun gw sipain cemilan dan air putih...

Mungkin ASI gw emang belon berlimpah..tapi semoga bisa menyemangati Ibu-ibu yang sapa tahu juga sedang mengalami krisis PEDE dalam volume ASI di hari-hari pertama..*gw banget!!*

Bagi yang udah pengalaman, dan ASI nya berlimpah..bisa sharing nambahin tips nya ya...

Yuk kita dukung Ibu Menyusui...

2 comments:

  1. Sama banget mb sama aku pengalamannya.aku jg lg bjuang ngasih asix ke babyku yg baru lhr 10 september kmrn.mana bayiku biliribunnya sempet tinggi jg,en dsanya dgn tenang nyuruh aku ngasih sufor,duh gmn nggak sedih coba.pokoknya skrg yg penting OPTIMIS!Hidup ASI!

    ReplyDelete
  2. Selamat ya atas kelahiran bayi nya..
    Aku juga pernah ngalamin ke beberapa DSA yang menyarankan SuFor.
    Alhamdulillah sekarang sudah cocok dengan DSA nya Ganesh yang juga mendukung ASIX.
    Berikan yang terbaik untuk buah hati ya, Mom..

    ReplyDelete