2.25.2009

Apa Yang Bisa Anda Dapatkan Dengan Membayar Rp 30,000 untuk Senam Hamil di RSB YPK?

Hm..masuk ke week 34, gw udah diingetin untuk mulai senam hamil.


Tadinya sempet kepingin nyobain senam hamil di RSIA Tambak dikarenakan katanya cuma bayar 25rb, dapet snack, minuman dan senam ala pilates gitu.


Dulu juga sempet pengen USG 4D di RSIA Tambak ini dengan dr. Irvan Adenin, SPOG berhubung banyak banget direkomendasiin oleh milis-milis.
Tapi promosi gede-gedean dari Aini dan Devi yang udah USG 4D di YPK dengan sang ahli USG se-Indonesia *yang konon katanya juga..*, dr. Bambang karsono, SPOG., akhirnya gw pun memilih USG 4D di YPK. Dan memang gak mengecewakan...dr. Bams tuh bener2 TOP MARKOTOP!


Kembali ke senam hamil, kali ini rekomendasi senam hamil di YPK datang dari Meryl dan Yudith. Katanya kedua ibu muda ini sudah membandingkan senam hamil di RSIA Tambak yang ala pilates itu dan senam hamil di RSB YPK. Apalagi Yudith juga pernah nyobain senam hamil di RSIA Budi Kemuliaan juga.


Intinya Mereka lebih merekomendasiin senam hamil di RSB YPK walopun lebih mahal dan gak dapet snack segala macam.


Okay, gw coba deh senam hamil di RSB YPK. Ntar kalo gak sreg, baru pindah senam hamil di RSIA Tambak.


Emang walopun RSIA Hermina Bekasi Barat atau RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, lebih dekat dari Bekasi timur, tapi gw justru lebih suka akses ke RSB YPK.
Tinggal sekali naik Mayasari AC52 dari pintu tol timur.


Hm...Jadi penasaran kenapa Yudith segitu merekomendasiin senam hamil di YPK.


" Menurut gw cara pengajarannya cukup jelas dan sangat sistematis dibandingkan senam hamil di tempat lain, Ndah" kurang lebih begitu promosi sang Ibu Dosen salah satu Univ terkemuka di Jakarta ini.


Setelah tertunda beberapa kali, akhirnya gw mulai senam hamil itu 2 minggu yang lalu. Namun baru sekarang disempetin menulis review kebenaran promosi temen2 yang melahirkan di YPK dan Sang Bu Dosen.


Gw sengaja pilih hari Sabtu, jadwal yang paling pagi..yaitu jam 9 pagi. Alasannya biar gak nunggu kelas sebelumnya selesai dulu yang akibatnya suka molor. Lagian kalo berangkat lebih pagi, jalanan masih enak dan lancar.


Tadinya gw sempet nanya bawa apa aja buat senam hamil. Gw membayangkan kayak aerobik gitu harus siapin baju senam *kebayang kan, gw harus beli baju senam secara baju senam gw yang dulu dah gak muat!*, sepatu skets etc.


Eh, malah diketawain temen2 yang udah senam hamil. katanya bayar 30rb, cukup bawa diri.


Minggu pertama, gw datang paling pagi. Masuk ke ruangan yang gak terlalu besar, makanya AC nya cukup dingin, disambut oleh bidan, pengajar senam. Muda, ramah, dan lemah lembut.


Dia menganjurkan kalau memang baju gw gak nyaman untuk senam, bisa ganti baju senam YPK. Warnanya pink. Gw pun milih ganti baju dan celana biar longgar dan bisa leluasa bergerak. Pagi itu cuma ada 4 ibu hamil yang ikut senam, dan satu diantaranya sudah memasuki week 37.


Sedangkan kami bertiga baru pertama kali ikut senam hamil. Sebelum memulai senam, terlebih sang pengajar menyarankan untuk memberikan ASI Exclusive kepada calon buah hati kami.


Dia pun menjelaskan perawatan payudara yang harusnya sudah dimulai sejak hamil 7 bulan supaya ASIX nya berjalan lancar.


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan puting payudara.
Menurut bidan ini sebaiknya tidak mempergunakan minyak apa-apa. Kenapa? Baby Oil maupun minyak zaitun sama sekali tidak dianjurkan.
Sebelumnya gw suka membersihkan dan memijat menggunakan baby oil.


Karena sebelumnya yang pernah gw baca, hanya dilarang bagi yang alergi terhadap baby oil.


Tetapi ternyata penemuan terbaru mengatakan lain.
Karena sekitar aerola puting ada kelenjar yang bisa mengeluarkan minyak untuk menjaga puting tetap lembab.
Yang paling dianjurkan adalah air hangat.
Kalaupun ingin menggunakan minyak kelapa, gunakan cukup satu minggu sekali.


Gunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran di puting.
Jangan bersihkan dengan menggunakan sabun karena justru akan membuat puting semakin kering.
Jika memang tidak menemukan kotoran, jangan dicongkel2 karena bisa membuat payudara nyeri.


Jika saat membersihkan payudara ini, perut terasa kencang. Hentikan. Lanjutkan sore hari atau keesokan harinya. Jangan dipaksakan.


Langkah kedua adalah mengkompres payudara.
Selalu dimulai mengkompress dengan air hangat. Kemudian diselingin dengan air dingin. Bisa menggunakan washlap, kapas, handuk atau shower air hangat-air dingin. Kompress payudara dan bagian puting. Bisa dimulai dengan air hangat, air dingin, air hangat. Jika mo lebih banyak urutan kompress, gak apa-apa.
yang perlu diingat adalah selalu dimulai dengan air hangat, dan ditutup dengan air hangat.
Seperti halnya tadi, hentikan pengkompressan jika perut terasa kencang atau kontraksi.


Langkah ketiga adalah Pijat Payudara.
Diajarkan satu per satu step nya. yang perlu diingat adalah posisi pijat adalah posisi menyanggah payudara biar jangan turun.
Menyusui tidak membuat payudara turun, tapi kehamilan lah yang membuat payudara turun. terutama yang suka tidak memakai bra karena begah saat kehamilan.


Jadi tidak ada alasan untuk tidak menyusui karena takut payudaranya turun.


Ketiga langkah perawatan payudara ini minimal dilakukan 1X sehari. Dan gw udah mulai menerapkannya. Semoga ASI gw lancar sehingga bisa memberikan ASIX buat my baby G.


Setelah penjelasan ini, barulah kami mulai senam. Dimulai dari peregangan, cara menghilangkan pegel-pegel di punggung, tulang ekor.


Setiap gerakan selalu dijelaskan manfaatnya sehingga kami tau kenapa kami harus latihan ini *hm..mungkin ini yang dimaksud Yudith dengan sistematis*


Diajarkan juga senam kegel untuk perawatan miss V dan mengurangi resiko ambeien karena melahirkan. Mengatasi kram yang umumnya terjadi pada Ibu hamil dan supaya otot paha tidak kaku pada saat mo melahirkan. Diajarkan beda cara pernafasan dada dan pernafasan perut. Pernafasan perut ini sangat penting bagi yang mo melahirkan normal.
supaya tenaga gak banyak terkuras, sebaiknya mempergunakan nafas perut dan nafas panjang.


Suasananya cukup enak. Karena setau gw, 1 kelas maximal 6 orang. Dan dua kali gw ikut senam hamil, pengajarnya sama2 ramah, baik, komunikatif . Bisa tanya2 segala macam yang berhubungan dengan menyusui dan persalinan.


Gw pernah denger bidan pengajar senam hamil di salah satu RS terkemuka katanya cukup galak! Aduuuh hari gini...masih diperlakukan kayak anak SD belajar senam!


Bagi yang udah memasuki 37w, di akhir session akan diajarkan cara pernafasan dan cara mengejan didampingi suami.


Hm..gw masih 2 week to go sebelum melalui senam itu.


Selesai senam, barulah diberikan invoice untuk dibayar di kasir. Dengan membayar Rp 30,000 emang gw gak mendapatkan snack atau minum seperti layaknya RS lainnya.
Di RSIA Tambak membayar 25rb dan RSIA permata Cibubur membayar 30rb sudah include snack dan juice dari kantin.


But it's okay, gw sendiri gak merasa rugi senam di sini...karena dengan 30rb tanpa mendapatkan snack, gw sebenarnya sudah mendapatkan suasana yang cozy, banyak knowledge yang menggeser mitos2 yang selama ini dijejelin kepada ibu hamil yang gak berpengalaman seperti gw.


Malah sebenarnya dengan bekal yang didapat dari senam hamil ini, gw masih bertanya perlu gak nya ke klinik laktasi, carolus sebelum melahirkan.


Tapi gw tekad in untuk sempetin juga ke klinik laktasi carolus, karena sapa tau dapet ilmu yang berbeda dan lebih banyak ilmu.

No comments:

Post a Comment