11.04.2015

Ujian Kesabaran Di Saat Antri

Entah mengapa gw makin ke sini kok makin ngerasa sering ya nemuin kelakuan orang yang makin ajaib.

Nah, pada kesempatan ini *eciyeee*, gw mo curhat tentang kelakuan orang yang kayaknya dilahirkan untuk menguji kesabaran gw masuk surga.

Beberapa cerita di bawah ini merupakan pengalaman yang kurang menyenangkan yang pernah gw alamin sewaktu antri.

Pernah antri di resto siap saji gak ? Pastinya pernah dong !
Berarti tau kan kalo deket kasir itu biasanya udah dipasang paket-paket menu dengan tulisan gede-gede supaya pas kita lagi antri panjang itu, kita bisa mikir dan memilih menu.

Kejadian yang entah ke 234,778,945 kalinya yang gw alamin adalah kita udah antri panjaaaaaang kayak ular naga panjangnya, nah begitu orang yang antri di depan kita ditanya sama kasir mo pesen apa, dia malah jawabnya " hehehe...mau makan apa yaaaaa ? " sambil menye-menye pengen gelendotan sama tembok. 

Hayo Ngaku, kadang terbersit gak sih di alam bawah sadar kita pengen nyolek si Mbak ato si Mas.
" Mas / Mbak, ada niat mo ke Trinidad gak ? Gak usah nunggu tiket promo. Sinih, saya tendang aja sampeyan sampe ke sonoh. GERATIS " :p

Buat gw, si mbak / mas model begini inih sumpah nyebelin banget.
Helloooowww.... liat dooong, udah tau antrian panjang. 

Kenapa gak pas antri di belakang tadi sih dia mikir mo makan apa. Jadi depan kasir, tinggal sebut mo pesen apa, disiapin, bayar, angkat tuh baki. 

Selesai.
Tamat.
Sekian.
The end.

Apalagi kalo ketemu model beginian pas lagi pacaran pulak. 
Sialnya double. Kesian deh loch, Cuy !

Kasir :  " Mo pesen apa, Mbak ?"
Mbaknya : " Pesen apaaaa ya ? " Noleh manis manja ke pacar " Kamu mau pesen apa, Yang ? "
Masnya : " Aku ikut kamu aja deh "
Mbaknya : "Ih kamu suka gitu deeeh. Apa dooong ? "
Masnya : " Terserah kamuuuu "

HEDEEEEEEEH.

Apalagi kalo si mbaknya ngomong " Mau pesen Pizza aja deh Mbak  "
Kasir *abis ngerendemin kepala di tumpukan es batu buat soft drink sebelum jawab* : " Kita jualannya hamburger, ayam goreng. Silahkan pilih menu yang ada aja "
Mbaknya : " ooooh, gak ada pizza ya ? "

JEGER.

Karena udah dikasih tau rule tak tertulis pas antri di toilet harusnya begini, 
I thought everybody knows the rule, kata Lia.  
Oh well, ternyata bukan cuma gw doang yang gak tau rule tidak tertulis.

Waktu gw ke Yogya akhir tahun lalu, gw sempat antri di toilet bandara Adi Sucipto. Pas kami semua berbaris rapi di depan pintu masuk toilet, siap antri pintu toilet mana yang duluan terbuka seperti rule #1 antri di toilet, mendadak muncul ibu setengah baya, celingak celinguk lalu cengengesan gak tau malu masuk ke dalam toilet mencoba menerobos antrian.

Awalnya gw masih coba tegur baik-baik dong " Mau kemana, Bu ? Kalau mo ke toilet, tolong ikut antri bareng kita di sini "
Si Ibu dengan cueknya bilang " Gak kok. Saya cuma pengen masuk ke dalam aja "

Kita yang antri saat itu cuma ngelus dada doang. 
Kita masih punya maluk dan punya hati buat negor beliau " Emang mo ngapain masuk ke dalam toilet ? Mo piknik ? "    

Tuh bener kan. Begitu ada pintu toilet yang terbuka si ibu tadi buru-buru nyerobot masuk.
Duh. *langsung pengen yoga buat keseimbangan jiwa !*

Pernah juga, gw pergi sama Athia berdua doang belanja sesuatu. 
Sumpah, kalo inget kejadian ini, gw rasanya...ehm jadi belajar. 
Bahwa betapa suatu penampilan kadang bisa jadi tidak sesuai dengan akhlak dan kepribadiannya.
  
Setelah selesai memilih barang yang mau gw beli di suatu gerai, gw ngajakin Athia ke kasir. 
Pas selangkah lagi narok barang di meja kasir, Eeeeh ternyata gw kalah cepat dengan seorang ibu dan anak perempuannya yang udah abege.
Mereka narok barang di kasir lebih cepat dua detik daripada gw, sehingga mbak kasir melayani mereka duluan.

Oh, bukan itu ujian kesabaran gw siang itu.
Athia mulai merengek.
Gw bujuk Athia " Sabar ya, sayang, si Tante dan si kakak itu bayar duluan ya. Abis itu giliran kita "
 
Ternyata si Tante dan kakak berasa belanja di toko sendiri.
Udah mo bayar, mendadak si kakak minta tuker baju yang dia pilih.

Gw masih sabar. Athia pun udah diem.
Lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget baru nongol si kakak bawa baju.
Pas si mbak kasir nyopot-nyopotin baju dari gantungan dan pengamannya, si kakak abege mendadak berbisik sama Ibu nya.
Sepertinya mo beli apa lagi.

Si Ibu mengangguk " Ya udah ambil aja "
Si Kasir udah selese nyopot-nyopotin baju. Tapi si kakak belum balik ke kasir masih ngambil baju.

Athia kembali merengek.
Gw nyindir si Ibu yang dengan santainya depan kasir masang muka lempeng. Pura-pura gak tau kalo ada orang yang antri di belakangnya.

" Mbak, maaf, ada kasir lain yang buka gak ? Keliatannya si IBU ini MASIH LAMA ", sengaja penekanan.
Mbak kasir menggeleng " Gak, Bu. Maaf, cuma kasir ini aja yang buka "
  
Si Ibu ?
Gak berasa disindir lho. 

Athia merengek makin kenceng.
Si Ibu melirik, tapi tetep lempeng aja.

Si Kakak abege bawa beberapa potong baju.
Ya ampun Gustri Ndorooooo, pantesan lama !
Si Ibu malah komen " Jangan yang ini, mending yang tadi itu lho. bagusan yang satunya lagi..."

Dan ohyeah, si kakak abege ngilang lagi ngambil kemeja pilihan ibu dan si Ibu masih berdiri tanpa dosa depan kasir ditemani suara teriakan anak gw.
        
BENERAN ADA LHO orang kayak gitu.
ADA.
  
Sampe gw ngalah, bilang sama si mbak kasir " SAYA GAK JADI BELI MBAK. ANAK SAYA NANGIS. SEMENTARA IBU INI MASIH SIBUK MILIH BELANJA PADAHAL UDAH DEPAN KASIR "

Yang bikin sangat gw sayangkan, si Mbak Kasir juga gak bantu apa-apa buat belain gw lho.
Maksud gw, ya paling gak dia tegur ibu itu kek, kalo masih mau pilih-pilih, baiknya pilih dulu aja, gak usah milih tapi ngetag'in kasir.
Ato setidaknya minta ijin sama si Ibu supaya membiarkan gw yang udah gak galau plus ANAK GW NANGIS KENCENG bayar duluan.

GAK ADA SAMA SEKALI.
Emang hidup itu udah gak boleh mengandalkan rasa empati dari orang lain.
Karena rasa empati itu udah mulai nipis di Jakarta.
  
Gw pergi tinggalkan barangnya, gak jadi beli.
Si Ibu, bergamis panjang menyibakkan kerudung panjangnya melihat gw pergi. Gak komentar apa-apa.
Gak merasa berdosa.
Yang penting kelak masuk surga. 

Atokah dia emang malaikat yang ditugasi memberi gw ujian siang itu ?
Mbuh.

Satu lagi, kelakuan orang ajaib yang bikin malesin.
Pas jalanan lagi macet-macetnya, mendadak ada mobil yang pake lampu " nguing-nguing kelap-kelip " itu minta jalan.

Yaelah, sape loe sih.
Ambulance bukan.
Bawa bendera kuning juga gak.
Pejabat juga bukan.
Aparat bukan.

Cuma orang norak yang ngerasa hidupnya doang yang penting pengen minta dikasih jalan. 
Terus, kami yang lagi macet-macetan ini dianggap cuma semut-semut beriringan ???

Kadang, kalo gak inget-inget iman, gw udah pengen turun aja dari mobil, gebukin pengemudi macam gini. Mayan buat lempiasin emosi karena macet.

Oh well, makanya mungkin orang Jakarta banyakan yang terkena stroke.
Ngadepin jutaan orang dengan aneka model dan keajaiban kayak gini.

Punya pengalaman kurang menyenangkan sewaktu antri kayak gw di atas ?
Monggo, curcol di sini.

Mumpung gratis lho. Hihihi....    

21 comments:

  1. hahahahaha aku barusan mikir...eh Indah kok gak update2 ini blognya, secara diriku rindu sentilan2 manja begini hahahahahaha.

    orang kayak gitu tuh banyak Ndah (orang yang berasa dirinya paling penting sedunia dan orang lain musti ngalah...). di sekolah kayaknya musti diajarin pelajaran tata krama, mikirin kepentingan orang lain bukan hanya diajarin kompetisi jadi yang paling super

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...sentilan-sentilan nyinyir kali, Nov.
      Tapi emang iya sih, aku peratiin ibu-ibu sekarang lebih suka protes kalo guru-guru di sekolah 'kurang' ngajarin anaknya baca tulis, harus pake buku ini, buku itu.
      Tapi aku jarang ngeliat ibu-ibu protes ke sekolahan kurangnya bobot pelajaran tata krama, sopan santun, dan nilai-nilai...

      Delete
  2. Emang nyebelin semua tuh yg lu ceritain ya. Kalo yg terakhir sih rata rata kalo disini pasti disuruh minggu dulu ama kasir nya. Kalo di Indo emang kasir kasir nya pada muka tembok semua sih ya, gak peduli.

    Kalo yg pertama, temen gw pernah cerita pergi makan di satu resto terkenal dan rame banget. Sistem nya order dulu jd antri. Yg terima order itu owner nya sendiri dan galak bgt. Kalo udh giliran pesen tp masih mikir, lgsg dimarahin dan suruh antri di belakang lagi. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya gw sebel banget sama si mbak kasir. Mungkin dia gak enak nyuruh si ibu minggir karena takut kualat. secara penampilan si Ibu kan lebih welas asih ketimbang penampilan gw yang preman.
      Udah gitu si Ibu emang belanjanya nambah banyak terus, sementara gw cuma beli sebijik item doang

      Delete
  3. Sering buuuu...seringgggg!! Gue pernah cerita soal ini dulu di postingan, soal gak disiplinnya orang-orang kite. http://leonyleony.blogspot.co.id/2008/04/no-talk-during-show-please.html

    Tapi ternyata bukan di Jakarta doang, pas kmrn gue pergi, di Jepang yang paling disiplin aja masih ada orang yang ngeselin ngga mau antri. Tentulah bukan orang Jepangnya. Tar gue ceritain di salah satu episode deh, soalnya membekas banget dalam hati, bikin gue pengen silet2 wajah orangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang kasta ekonomi sama attitude itu tidak berbanding lurus ya, Le.
      Dan lebih parah lagi, bener kata loe di postingan loe yang itu, kalo ditegor bukannya maluk, tapi malah melotot dan menatap silet ke yang negor seakan-akan yang negor lho justru yang salah.
      Hahahaha....emang ajaib ih kelakuan anak-anak jaman sekarang. Mungkin perlu penataran P4 lagi

      Delete
  4. Sering Ndah, sering! Sampe pernah gw agak kesel trs gw blg "ibu harusny antri dibelakang saya, bukan di depan saya!" Trs dia ky ga ngerti bhs Indonesia, diem aja gitu sambil sibuk buka dompet! Siyal yaks huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo udah ditegur gitu masih ndablek juga baiknya kita apain sih, Ye ?
      Kita jorokin, kita geret suruh antri di belakang, ato kita maju lagi berdiri depan dia ?
      Mana nih panduan antri...hahaha

      Delete
  5. TADI PAGI, baru aja mbak indah. aku gendong anakku pak eergo mau ambil uang atm yg kosong. eh ada mahasiswa gatau diri tiiba2 nongol, dan langsung nyerobot masuk duluan. padahal dia ngelirik aku gendong anak dan udah emnuju kesitu. mbok ya persilahkan ato gimana kek. emang rasa empati udah blas entah kemana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar, Mbak Prita. Anggep aja itu mahasiswa labil. Mungkin dia pikir mbak gendong anak pake ergo depan ATM cuma mo selfie depan kaca ATM. Seperti kata Novi, kita sekarang emang udah kehilangan tata krama.

      Delete
  6. Mba Indah, sekian lama SR akhirnya gemes mau komen, 2 minggu lalu di salah satu RS swasta Bekasi Barat udah ngantri ke belakang bareng ama beberapa org, tau2 nongol aja ibu2 nyerobot nunggu di depan salah satu pintu toilet, ditegur baik2 malah dia melotot sambil misuh2, sayangnya ibu2 lain ga ada yg berani negor jadi aku doang yg negur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu sering banget aku alamin juga Mbak.
      Kalo kita negur orang yang jelas-jelas salah, malah galakan dia lho.
      Kesannya justru kita yang semena-mena, melanggar HAM nya dia. Hahaha

      Delete
    2. sering2 nulis yang kayak gini ya mba indah, biar makin banyak orang yg baca dan sadar mengenai budaya antri :) , kejadian lagi deh kemarin sore di toko buku lg antri bayar mau diserobot ama bpk2 karena ngasih jarak antara aku dengan yg lagi transaksi di dpn, akhirnya aku kasih tatapan judes setajam silet hihihi

      Delete
  7. di tempat keluar untuk bayar parkir atau tol juga tuh bikin kesel uangnya gak disiapin duluan. Sampai tempat bayar baru ambil dompet, ngeluarin uang dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga seriiiiing banget, Mbak Lidya ngalemin gitu.
      Padahal antriannya udah panjang dari belakang kan ? kan ? kan ?
      Kenapa gak pas macet-macet antri tuh dia nyiapin duitnya yaaa

      Delete
  8. Yg terakhir itu ngeselin bgt mba. ASELI. eh smuanya ngeselin deng.
    Baca postingan ini jd ikutan emosi ih..

    ReplyDelete
  9. Kejadian ama saya pagi ini mba. Lagi dijalan udah jelas2 ngasi lampu sen, dari jauuuuuh tetep ya bok disalip dari kiri rasanya..... nyesssss
    (istifar benerin jilbab)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu juga nyebelin. Apalagi kalo kita emang mo belok ke kiri, terus disalip dari kiri. Pengen lempar botol Aqua gak sih ? Hihihi

      Delete
  10. Punyaaa.....mirip2 cerita yang pertama tuh mbak di resto fast food. Ada segerombolan mbak2 cantik berkulit bersih yang antri di dua lajur, kirain mereka rombongan yang berbeda eh pas sampe didepan kita kosong langsung deh mbak2 dari antrian lajur sebelah pindah ke lajur kita ternyata mereka serombongan dan lagi nyari mana yg bisa pesen duluan. Udah gitu pas mo pesen semua ditanyain harganya, paket ini paket ono, kalo nggak pake minum berapa, kalo nggak pake nasi berapa, kalo ngak pake piring berapa (ahaha...sumpah yg ini saya aja yg ngarang). 10 menit berlalu dan mereka masih milih2 paket buat kira2 10an orang, padahal tepat dibelakangnya ada ibu2 gendong bayi sama gandeng anak kecil 3 tahuanan. dan sebelnya lagi pas ada yang ngingetin mereka cuek aja loh. Padahal bisa jadi mereka dateng rombongan naik mobil mewah eh mo beli ayam goreng aja semua paket ditanyain harganya dan dipilih mana yg paling murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin harusnya kita berempati sama mereka, Mbak.
      Udah berpenampilan cantik, keren, sayangnya masih kayak people difficult ya ( orang susah).
      tetep harus bersykur karena Beruntunglah kita gak sampe segitunya, Mbak

      Delete