10.02.2014

Pangkalpinang Ku Kan Kembali : Wisata Bahari dan Wisata Kuliner

We are so ready for short holidays
Sebenarnya liburan sudah dimulai dari hari pertama kami menginjakkan kaki di bandara Depati Amir, Pangkalpinang 26 September 2014.

Setibanya di Bangka, kami langsung disuguhi makan siang sama sodara gw yang minjemin mobil. Berbekal mobil plat merah pinjaman sodara gw, kami langsung mengunjungi beberapa keluarga nyokap gw terlebih dahulu. Karena di hari kedua, gw sengaja mo fokusin ke acara bersenang-senang.

Awalnya gw mo ngajakin nyokap gw sama para pengasuh gw sedari kecil dulu untuk makan malam Aroma Laut, Pantai pasir Padi aja seperti tahun kemarin ya ? Dari Novotel ke Pasir Padi gak terlalu jauh kok, sekitar 15 - 20 menitan berkendara.

Hanya saja sepupu gw gak rekomen kami makan di sana karena takutnya jalan menuju ke sana kan rada gelap sementara supir dan penumpang dewasanya perempuan semua.
Serem lah kalo kenapa-napa di perjalanan ke sana.

Sebagai gantinya, dia merekomendasikan makan malam di Resto Seafood Mr Adox. Jika dari hotel Novotel, lokasi Resto Mr Adox ini sejalan dengan arah menuju pantai pasir padi.
Patokannya begitu di perempatan arah ke kantor Gubernur, belok kiri bersebrangan dengan Bangka City Hotel. Jum'at malam aja parkirannya penuuuh. Kebayang deh kalo malming bakalan serame apa.

Di sini gw memesan Kepiting Super Saus padang ( IDR 17K/ons) *kepiting biasa cuma IDR 15K/ons*, Cumi goreng tepung (IDR 55K), tumis kangkung ( IDR 17K) dan Udang saus tiram ( IDR 55K), nasi satu bakul ( IDR 20K), jeruk kunci panas (IDR 10K), Teh manis baik dingin maupun panas (IDR 6K), juice jambu (IDR 15K) untuk makan malam kami berlima (termasuk Athia). Porsinya gede kok dan rasanya juga enak.
Lebih enak dari Aroma Laut sih menurut lidah gw.
Untuk harga makanan dan minuman di Resto Mr Adox ini masih reasonable lah, sesuai dengan rasanya.
Sayangnya karena kelaperan, begitu makanan datang langsung gw serbu, jadi lupa moto-motoin. Hihihi...

Sabtu, 27 September 2014
Pagi-pagi kami udah siap mo berenang di pantai daerah Sungailiat. Sebelumnya gw jemput sepupu gw dulu.
Berhubung sepupu gw ini sehari-harinya bisanya nyetir mobil matic dan mobil yang dipinjemin ke gw tuh manual, jadi tetep aja gw yang nyetir Pangkalpinang-Sungailiat-Pangkalpinang.
Untung gak ada istilah macet selama liburan kemarin.

Gw pernah cerita kan kalo sewaktu gw menghabiskan masa kecil di Bangka, gw paling suka makan pantiaw Pak Yak di sebelah poly gigi RS Timah. Tapi sejak gw pindah ke Jakarta dan pas gw pulkam, Pak Yak tidak lagi berjualan di situ, gw gak pernah lagi menikmati enaknya pantiaw Pak Yak lagi.

Namun, pada liburan kemarin, akhirnya for almost 20 years, gw ngerasain lagi pantiaw favorite gw. ternyata Pantiaw Pak Yak kembali berjualan di kompleks RS Bakti Timah, tapi bukan di lokasi sebelah poly gigi yang dulu. Dia masuk ke dalam RS Bakti Timah. Berhubung Sabtu pagi, parkiran masih luas banget.
Tempat jualan Pantiaw Pak yak
Sebelum ke pantai, kami mengisi perut dengan sepiring pantiaw yang sekarang istri Pak Yak yang berjualan. Walaupun tempat jualannya sederhana gitu tapi menurut gw rasanya tetap masih enak !
Pantiaw Pak Yak ini tetap akan menjadi favorite gw sepanjang usiaku...
Pantiaw, My all time favorite !
Sluurrrpppp...yummy ! *ngeces!*
Abis tuh meluncur ke Pantai Matras.
Dibanding pantai Parai Tenggiri, gw lebih suka pantai Matras.
Pantai Matras ini terletak sekitar 500 meter dari Pantai Parai tenggiri.
Jadi memasuki kompleks pantai, dimulai dari Pantai Batu Bedaun, Parai Tenggiri dan pantai Matras.

Dikarenakan adanya penambangan timah rakyat yang biasa dikenal TI di sekitar Pantai Parai, pasir dan airnya gak sejernih di pantai Matras.
Super super love pantai Matras ini.
Airnya biru toska, masih bersih, jernih....sementara pasirnya putih.
Pantai Matras yang masih sepi pengunjung hari Sabtu menjelang siang
Sementara om nya kepanasan, anak gw malah asyik guling-guling di pasir
Maapkan gak ada foto-foto kece bak Mbak Gisele Bundchen walopun udah pake sandal jepit Ipanema seperti janji gw sebelumnya.

Tapi setidaknya waktu ke pantai Kuala, gw masih sempet lah #selfie di antara deburan ombak.
Pantai Kuala, puanase Puol !
Sunblock mana Sunblock !

Anak bujang yang belon mo kelar berenang tapi udah disuruh emaknya bilas!
Disogok sama es kelapa muda tetep aja gak mau lho !

Sehabis beach hopping, kami pun bergerak pulang ke Pangkalpinang, secara di jam 5 sore gw udah ada janji ketemuan sama temen-temen SD yang udah gak ketemu puluhan tahun.

Dari sejak liburan gw tahun kemarin, kayaknya kuliner bangka lagi menjamur kopitiam.

Liburan kali ini, dari sekian banyak pilihan kopitiam, gw pengen nyobain Pauw's Kopitiam.

Patokannya : perempatan lampu merah yang ada Cafe Kuliner Eat & Eat ( formerly Cafe Tenda Merah), kalo dari arah Pangkalpinang belok kanan. Sebaliknya, jika dari Sungailiat, belok ke kiri. Lokasinya sekitar 50-100 meter dari perempatan tersebut.
Banyak mobil yang berderet parkir di sekitar kopitiam ini.
Pauw's Kopitiam menjadi salah satu pilihan Wisata Kuliner gw
Suasana di kota Santri Pauw's Kopitiam
Menu makanan di sini enak-enak. Sluuurpppp.

Untuk menghilang kantuk, gw memesan es kopi susu dan kaya toast. Ceritanya mo bandingin sama Tungtau kopitiam dan King Kong Kopitiam.
Es Kopi Susu dan Kaya Toast
Secara penampakan yang khas sih, gw lebih suka kaya Toast nya Tungtau Kopitiam.

Tapi secara rasa, di lidah gw, kok enakan Kaya Toast Pauw's Kopitiam ini yaa.
Affogatonya seharga IDR 15K juga enak !
Nyampe Pangkalpinang, kami gak langsung pulang karena gw kepengen nyobain Es Campur Ayong deket Theresia seperti rekomendasi Dhita.
Pas lagi celingak celinguk nyari Es Kacang Merah ini, eh gw nemu pempek Sumber Rasa, rekomendasi mbak Tasya yang mana tahun kemarin gw gagal mencicipinya.
Howweeee... kesampean semua kuliner rekomendasi Mbak Tasya !
Pempek Sumber rasa sebrang Es Campur Ayong
Athia suka banget ampyang (pempek kulit) di sini. Pesen 5 buat dia doang. Rebutan sama emaknya. Hihihi....

Sebenarnya di Pempek Sumber Rasa ini juga jualan es kacang merah lho.
Begitu pula, Es Campur Ayong juga jualan pempek.

Tapi dasar emang niat banget mo nyobain masing-masing yang dijagokan dari kedua wisata kuliner ini, gw makan pempek di Sumber Rasa dan makan es kacang merahnya bela-belain nyebrang di Es Campur Ayong. Hahaha...

Untung cuma nyebrang doang. Nyokap gw udah ngomel-ngomel kenapa sik musti makan di tempat yang berbeda toh sama aja katanya.
Tuh kan Es Campur Ayong juga jualan pempek telur hihihi
Es Kacang Merah Ayong
Sepulang reuni bareng temen-temen gw, gw niat mo cari makan malam di sekitar rumah dia. Secara, rumah temen gw ini daerah Pasar Pagi dan sepanjang jalan itu sekarang rame dengan pusat jajanan ya.

Awalnya, Endah, temen gw sekaligus tuan rumah, ngusulin gw beli pantiaw, lontong soto mie di Pasar Mambo aja. Ah, Pasar Mambo mah pusat jajanan favorite gw sepanjang masa juga.
Masalahnya karena udah kemaleman dari rumah temen gw, asa sungkan juga sih gw melipir ke pasar mambo dulu sebelum ke hotel.

Mana badan juga lelah karena seharian nyetir dan panas-panasan di luar. Akhirnya gw beli slada gado-gado sama yang ngontrak kios depan rumah temen gw. Enak juga kok.

Minggu, 28 September 2014

Gak sah rasanya gw ke Pangkalpinang kalo gak mampir ke Pasar Mambo. Sebelum beli oleh-oleh dan otak-otak titipan Yudith, gw ngajakin nyokap gw mampir ke Pasar Mambo.

Nyokap gw mesen pantiaw yang mana tetep aja kalah enak dibanding pantiaw Pak Yak, sementara gw memesan Lontong Soto Mie.

Lontong Soto Mie
" Boss, saya bisa extend cuti kah ?"
#Edisi Belum rela meninggalkan kuliner enak di sini

Konon katanya ada dua otak-otak yang paling direkomendasi oleh blogger saat mengulas kuliner Pangkalpinang.
Otak-Otak Ase yang deket hotel Novotel dan Otak-Otak Amui di jalan melintas.

Kalo ibu Dirut sih *Uhuk, lirik Dhita* langganannya sama Otak-Otak Amui.
Pas gw lempar pooling ke temen-temen gw juga pada dilema antara Ase dan Amui. Sebagian vote for Ase dan sebagian lagi lebih ngepens sama Amui.
Hiyakloooo...

Masih belon puas pooling nyata, gw pasang status di FB dan dua-duanya merekomendasikan Amui. So, Amui it is lah....
Otak-Otak Cuka Taoco !
Dan ohya, selain otak-otak panggang, otak-otak ikan rebus dan cuko tauconya yang khas, salah satu ciri khas otak-otak Bangka favorite gw adalah Keladi !
Keladi !
 So far sih, kuliner-kuliner rekomendasi yang pengen gw cobain udah tercicipi semua.
Mungkin ada yang mo nambah daftar kuliner rekomendasi di Pangkalpinang ?

Share infonya dong... *siap-siap tadah iler*

16 comments:

1. haduuhhhh ngileeeerrrrr.....tanggung jawab kamyuuuhh.....

Replies
    1. Makanya sesekali liburan ke Bangka, Ver. Gak pake mahal dan semuanya endeeeeuusss

Delete
  2. Gile ancur pagi2 belom sarapan isinya makanan semuaaaaaa.... Eh murid gue tuh ada yang orang Bangka. Pempek Bangka cukonya merah gitu kan ya? Waktu potluck dia bawa itu lgsg ludes sama anak2. Terus sama guru bule yg rada oon, cuko merahnya disangka softdrink macem punch gitu. Untung blm sempet keminum. Kalo keminum lucu juga.

Replies
    1. Gw justru demen cuko taoco nya itu lho, Le.
      Ngangenin.
      Kalo otak-otak asal berasa ikan mungkin dimana aja bakalan sama. Tapi cuko taoco nya khas banget

Delete
  3. Indaaaaaah...ini kenapa yang di aplod poto makanan semua siiiih...
    tega banget menyiksa batin gue yang lemah inih!
    *mulai drama*

Seru bingit liburanmu Ndaaaaah :)

Replies
    1. Lah gw pikir loe cuma tersiksa kalo gw upload foto brondong-brondong Korea, Ry. hahaha
      Iya Ry, tadinya gw mo pajang juga foto gw nangis di bawah pancuran air di hotel pas tau kamar gw mati lampu. Hahaha

Delete
  4. pantai nya bersih banget ya ndah...
    emang pangkalpinang terkenal ya ama pantainya...

Replies
    1. Yang pantainya bagus tuh di Sungailiat sama Belinyu, Man.
      Kalo loe ke Bangka minta dianterin ke sejejeran pantai di situ

Delete
  5. mba indah makin cantik aja *salah fokus*,hua.bikin ngiler semua itu makanannya

1. Aduuh Dian...kamu bikin akikes jadi merona bak cewek-cewek Korea. Hihihi
      Makasih yaaa

Delete
  6. Semoga guweh punya rejeki dan bisa berkunjung ke sana. Ngiler lihatnyaaa.. Penasaran sama pantiawnya. Terlihat enak.... :-9

ReplyDelete
  7. Sebagian besar makanannya ga jauh beda sama palembang yah, udah ada rencana sih klo ke palembang lagi mau ke Bangka lewat jalur sungai musi... mudah2an terwujud, pantainya itu lhooo bikin mupeng kesana

1. Amin, Mbak.
      Jangan mo kalah sama Allisa, Mbak. Hihihi

Delete
  8. gk nyesel ma amui n tauconya kan???

tapi pelit tauco ach......kalo di bungkus...

ReplyDelete
  9. Weew, bikin ngiler bai postingan e ne. Jadi kangen pengen pulang kesana. Ada pantai baru lagi di sungailiat. Pantai rambak namanya, lebih keren dan bersih