10.23.2013

#Kompetitip Menjadi Pendidik

Mengobati kekangenan TimSus akan cerita idola mereka : Pak Jumanto.

Gw curiga jangan-jangan Pak Jumanto ini pake susuk tulang bebek Madura. Soalnya kok temen-temen TimSus jadi ngepens gini ya karo dese. Padahal di pabs gak ada yang ngepens lho. Justru yang mo ngelepeh sih banyak...*kemudian diclurit Pak Jumanto*

Mo cerita soal betapa aroma #kompetitip itu masih tajam menyeruak di antara kami.
Setelah cerita #kompetitip yang itu, kali ini gw gak mo kalah kompetitip.

Siang kemarin, gw, the fame Pak Jumanto, engineer gw yang -gak-ikhlas-direlain-Pak Jumanto dan Mbak yang akhirnya duduk di posisi ini makan duduk satu meja di Kantin pabs.

#Kompetisi siang itu resmi dibuka oleh Mbak itu.

Mbak itu : " Perasaan saya dulu gak segitu ngiritnya deh waktu kuliah. Apa karena saya udah punya uang tambahan ya ? Soalnya sembari kuliah, saya nyambi juga jadi Asdos (red: asisten Dosen) "

OK. 
Walopun jebolan dari beda universitas, tapi mereka bertiga ini datang dari jurusan kuliah yang sama, makanya kedua pria yang duduk depan kami ini mulai #kompetitip.

Pak Jumanto " Saya juga dulu waktu kuliah ngasih les private "
Mas-mas engineer yang satu almamater dengan Pak Jumanto (dan Novi thebunnycat juga) *penting disebutin* : " Saya juga kok, Pak...dulu ngasih les private ke anak-anak sekolahan "

Gw : " Lah, emang orang tua mana yang tega membiarkan anaknya diajarin kalian ? "
Mas-mas Engineer : " Murid saya banyak lho, Bu... "
Gw : " Kok mereka percaya sih anaknya diajarin kalian ? Kalo saya jadi orang tuanya pasti nanya transkrip IPK kalian terus nanya ' lah, Mas, piye mo ngajarin anakku toh, wong matakuliah polymer aja sampeyan dapet D' " mencibir keduanya.

Gw : " terus kalian masang iklan gitu di tiang listrik, warteg ya ?" *jadi inget iklan sedot WC dan iklan pengobatan alternative sembuhin turun berok yang suka ditempel di tiang listrik dan di pintu angkot*

Mas-mas engineer : " Ya gaklah. Kalo saya dapetnya dari referensi, bu... "
Pak Jumanto : " Enak aja iklanin di tiang listrik ! Saya lebih keren dong. Saya iklanin di koran Kedaulatan Rakyat..."

Lalu ketiga asyik ngobrol (apa kompetitip terselubung) soal masa lalu mereka sebagai pengajar.

Arrrgghhh....gw doang dong yang gak punya pengalaman sebagai pendidik. 
Gw juga punya sih pengalaman kerja sebelum lulus, tapi kan...tapi kan temanya siang itu adalah pengalaman mengajar. 

Pengalaman gw bukan sebagai pendidik generasi penerus bangsa. Kayaknya kurang menggigit ajah gitu dibanding mereka bertiga. *OK, sekarang gw mulai kepancing kompetitip*

Sementara mereka masih asyik ngobrol, gw nginget-nginget pengalaman mengajar gw.
Belum pernah ikut Kelas Inspirasi.
Waktu gw masih kuliah dan keponakan gw masih SD, gw pernah sih ngajarin keponakan gw dan temen-temen sekelasnya yang juga tetangga gw.

Tapi cuma bertahan satu hari...
Keesokan harinya pada gak ada lagi yang mo datang belajar matematika sama gw. 
Testimoni salah satu murid yang gw ajarin kemarin " Tante nya A (keponakan gw) lebih galak daripada guru di sekolahan, Mak !"

Yah gak mungkin dong gw ceritain pengalaman ngajar yang ini. Bisa-bisa mereka ngakak seantero kantin. 
Mana itu kan project gretong. Gimana kalo bayar ?

Gratis aja gagal, apalagi pengalaman dibayar buat ngajar.
Tapi harus kompetitip gak mo kalah nih !
Hmmmm......

Lalu, sekonyong-konyong gw memotong pembicaraan seru mereka " Saya juga pernah ngajar..."

Ketiganya berhenti ngobrol dan menatap gw...." Serius, Bu ? "

Dam*. 
Emang muke gw beneran gak cocok jadi pendidik ya ? :p *ngaca*

Gw ngangguk. Ragu-ragu. Ah kepalang tanggung lah.
" Dimana ? Ngajar apa ? "

Duh, jawab apa ya.
Dasar faktor U, jadi bikin telmi ya.
Yang keluar dari mulut gw malah jawaban " Di TPA. Ngajar ngaji..."

Dam* lagi. Yes, I know, itu jawaban bodoh.

Mas-mas Engineer sama Pak Jumanto langsung ngekek gak percaya.
Mbak-mbak itu konfirmasi balik " Serius, Ibu ngajar ngaji di TPA ? "

Gw melotot ke Mbak-mbak itu " Mbak kok gak percaya ?! "

Mbak-mbak itu melunak dikit, " Abis Ibu senyum-senyum sih..."

Gw ngeles " Yah masa saya cerita sambil nangis guling-guling "

Kemudian menyedot es teh manis gw sampe habis.
......................................................................................................

What do you think ?
Kalo kalian, bakal percaya gak sama pengakuan gw tadi ?
Aku kan..aku kan...udah #PencitraanSholehah lhoooo...

18 comments:

  1. Ga Percayaaaaaaaaa *kemudian disirem es teh manis* hahahahaha

    Etapi, serius Ndah lu pernah ngajar ngaji? *serius nanya,tkt ditimpuk gelasnya* :p

    ReplyDelete
  2. @ Yeye,
    Sebor nih ?!
    Kurang sholehah apah pencitraan gw, Ye ?hahahaha

    ReplyDelete
  3. hehehehe....saya bingung nieh mau milih antara percaya dan nggak percaya...tapi daripada dilempar sepatu safety...saya bilang "percaya kalo mbak indah pernah ngajar ngaji"....kaborrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  4. percaya deh percaya... daripada ditimpuk gelas teh *berusaha dibedain dari komen nya yeye* :P

    gua dulu pas kuliah sering lho ditawarin ngajar adik2 kelas. tapi gua kok males ya. enakan juga kalo lagi ada jam kosong buat ke mall daripada ngelesin orang. huahahaha. :D

    eh tapi gua dulu ngelesin electone sih. walaupun muridnya dikit, tapi duitnya lumayan. haha. enak nya lagi, gak pake mikir kalo ngajar kan. kalo ngajar mata pelajaran kan males mikirnya. :P

    ReplyDelete
  5. @ Mama Kinan,
    Hahaha...Safety shoes aku berat lhooo...

    @ Arman,
    Kalo gw ngajar mata pelajaran pada kabur semua sih kayaknya. Heu heu heu...

    ReplyDelete
  6. Ngajar ngaji mba, seriusan, berapa hari ?! *tetep ga percaya* hahahah kabor...

    ReplyDelete
  7. Hahahahaha...iya deh, aku percaya, Ndah..daripada dipelototin..wkwkwkwwkw

    aku dulu juga waktu kuliah ngajar ndah *mulai kompetitip*, mulai dari jadi assdos sampe ngajar beneran setelah lulus. Belom lama ini ditawarin ngajar juga sama unit diklat kantor, tapi krn waktunya gak cocok *suombong* jadi sementara kutolak dulu..wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  8. @ Allisa,
    tapi kan..tapi kan..kamu belum ngajar di Sekolah Minggu ? Wakakak..
    #eh apa udah pernah juga ? #EAAA

    ReplyDelete
  9. Kaga Percaya !! hahahaha... ;p

    etapi kalo lo ngajarin Athia ngaji siih gue percaya koook.... hohoho

    ReplyDelete
  10. Ih, sudah pernah dong Ndah, jaman SMA sampe kuliah dulu, ngajar di sekolah minggu dan ngasih kursus balet juga buat anak2 sekolah minggu..hayoo..kurang apa lagi coba??? *sombongnya naek 2x lipat*

    ReplyDelete
  11. @ Desi,
    Ish..amin ya, Des.

    @ Allisa
    Ya udah, sini ke Jakarta, ajarin timsus kursus ballet. Sekalian nunggu erlia pulang. Ajak Dani juga. Wakakak

    ReplyDelete
  12. Eeeh...serius lo pernah ngajar ngaji Ndah?
    Tapi muridnya ada kan yah?
    *kemudian dirajam*

    GUe belum pernah sih ngasih kursus...
    Soalnya akyu orangnya tidak sabaraaaaan...hihihi...pengennya langsung bisa aja lah, gak perlu pake diajarin...hihihi...

    ReplyDelete
  13. asyik dong Athia punya guru ngaji sendiri dirumah

    ReplyDelete
  14. Imej perempuan karier nan sholehah langsung terpampang nyata seantero kantor mbak ^0^

    ReplyDelete
  15. percaya aja......
    kalau menurutku, ngajarin ngaji lebih menyenangkan dibanding ngajarin pelajaran sekolah.

    taaapiii...kuat berapa lama itu??

    ReplyDelete
  16. wah ... Salut pernah ngajarin ngaji, aku dulu ngelesi anak anak di rumah mbak, seneng juga sih karena akhirny ajd pekerjaan tetap :)

    ReplyDelete
  17. Justru yang mo ngelepeh sih banyak...*kemudian diclurit Pak Jumanto*

    >> SADIS AMAT SIH DEK INDAH?

    :))))))))
    *TPPJ: Tim Pembela Pak Jumanto*

    ReplyDelete