4.25.2013

A+Mama : Salah Satu Apps Yang Ada Di Smartphone gw

Juli 2008.
Gw masih pake komunikasi dengan handphone jadul.
Kemana-mana masih rempong nenteng notebook dan modem buat jaga-jaga gak ketemu wi-fi.

Kehamilan gw yang kedua, setelah kehamilan gw pertama di bulan Februari di tahun yang sama membuahkan hasil harus dikuret karena pendarahan yang terus-menerus.

Makanya di kehamilan yang kedua ini, gw lebih aktif mencari tau mengenai kehamilan : DO and DON’T dari internet. Saking gw rajin browsing, akhirnya gw bikin satu thread di salah satu forum yang kemudian di forum inilah gw bertemu dengan temen-temen Genk Ratjoen.

Saat itu, gw merasa jadi ibu hamil tuh udah canggih banget deh ketimbang kakak-kakak gw yang emang berbeda usia satu dekade.
Kalo mo cari tau soal perkembangan janin, mo tau mitos kehamilan gak perlu nunggu sampe kunjungan dokter kandungan berikutnya.  Semua informasi bisa digali dari internet.  Kadang gw browsing dari laptop sambil leyeh-leyeh di atas tempat tidur dengan perut yang kian minggu kian membuncit.

Tahun 2013.
Gw dengan smartphone di tangan.
Tiap menit rasanya pengen update status di social media.*apadaya loading kerjaan menghalangi gw untuk labil*

And then, time flies so fast.
5 dari 10 temen gw di Genk Ratjoen sedang bahkan sudah melewati kehamilan anak kedua mereka.
Saat salah satu dari kami menanyakan satu pertanyaan di BBG “ Usia berapa minggu sih kita bisa denger detak jantung anak kita ? “, gw baru tersadarkan.

Ibarat anak kuliahan yang udah kelamaan lulus mata kuliah Robotic dan bingung pas ditanyain  Laplace Transform. Errrr…. Gw udah lupa sama sekali.

Tapi bagaimanapun, gw gak pernah bisa lupa rasa bahagia ketika mengetahui gw akan menjadi seorang ibu.

Baru-baru ini, ada salah satu temen gw yang sedang mengandung anak pertama yang cukup sering bertanya mengenai pengalaman kehamilan gw. Yang mana, apa yang dese tanyain itu, akika sudah lupita.
Book, terakhir gw hamil kan hampir 5 tahun yang lalu. :p

Duuh, gw dari dulu hati-hati banget dalam informasi soal kesehatan dan kehamilan kalo bukan dari sumber yang bisa kita percaya. Nah, daripada gw ngasih informasi yang salah dan akibatnya malah berabe, jadi gw saranin mending dia browsing aja dari sumber yang lebih berkompeten.

Temen gw malah jawab dengan santĂ© banget : “ Ah enakan nanya, Ndah. Gw suka males browsing. Males buka-buka laptop nya itu lho“
Gw : “ Lah, loe kan bisa browsing dari smartphone loe  “
Masih ngeyel : “Internetnya kadang suka lemot kalo browsing dari smartphone. Bikin esmosi. Kan katanya Ibu hamil gak boleh emosi…“

Ok, she gave a good answer! Gw ngalah.
Jadi dia tetep  aja suka nanya-nanya di whatsapp, begitu juga gw suka ngasih jawaban yang-sebenarnya- gw-sendiri-lupa-lupa-inget.
 Yaelah, masa sih musti gw yang berkorban browsing demi dia? *usap-usap smartphone gw*

…hingga beberapa minggu yang lalu, dalam perjalanan ke pabrik, gw sering dengerin suatu iklan di radio yang menurut gw situasinya kok agak-agak mirip gw ya. Oh well, beda jauh kali, Ndah!

Yang jelas, situasi di iklan radio itu begini : ada ibu muda yang lagi hamil bolak-balik nanya mulu ke suaminya soal kontraksi. *mirip sama situasi gw kan ? kan ? Bedanya gw bukan suaminya :p*

Terus suaminya tuh menjawab dengan faseh gitu.
He seems to know-everything. Saat dengerin iklan itu, Gw langsung nuduh mikir “ pasti suaminya dokter kandungan. Eh, Jangan-jangan ini iklan Dokter Kandungan. :p  ”.

Eeeiiits, ternyata suaminya itu gape soal kehamilan bukan karena dese berprofesi sebagai dokter kandungan, melainkan karena dia udah download applikasi yang baru dilaunching, A+ Mama apps.

Sebagai emak-emak muda dengan smartphone yang banci apps, gw pun penapsaran apps apaan sih tuh. 
Gw pun gugling dengan keyword “ A+ Mama” dan terdampar di sini . 

Oooh….Barulah gw tau kalo ternyata A+ Mama ini adalah apps ibu hamil pertama yang dikembangkan oleh salah satu susu khusus untuk ibu hamil dan menyusui EnfaMama+ 

Lagi-lagi karena gw ini emang emak-emak banget ya, terbujuk tulisan “ Free download”dan rasa kepo ingin tau banget, gw coba dooong download apps ini di playstore.
Walopun sebenarnya gw lagi gak hamil anak kedua. But still, rasa penasaran ini menghantui gw.
For me, it’s nothing to lose lah.

Pas gw baca-baca applikasi A+Mama ini juga bisa didownload untuk applikasi ios (Iphone) dan Blackberry.
 #Okesip, artinya temen gw yang BB-user itu juga bisa donlot apps ini dong.
Gak ada alasan dia males browsing endbre endbre!

OK, sebelum gw rekomenin apps ini ke temen gw, gw coba donlot dulu ngeliat apps ini kayak gimana.
Ntar bisa-bisa dia balikin lagi gini ke gw “ Eh, Loe nyuruh gw donlot apps ini, loe sendiri udah tau isinya belon, Ndah ? “.
* DILARANG MENGGUYUR AIR SEEMBER KE IBU HAMIL*

Pertama-tama apps ini nanya nama, HPHT atau due date (yang mana gw pilih nomer cantik, Cyin) dan apps ini kemudian menghitung usia kandungan kita berikut tips yang sesuai dengan usia kandungan kita.

Jadi kalo usia kandungan kita 10 weeks, maka apps ini akan ngasih tips yang berguna  buat kehamilan usia 10 minggu.

Selain tips, gw liat ada juga pilihan dashboard.
Hmm….mari kita acak-acak apa aja sih isi dalam dashboard apps A+Mama ini
Tampilan A+Mama  Apps di smartphone gw
Pertama : Smart Tools.
Dalam smart tools ini ada tool Fetus Transformation dimana ibu hamil akan diberikan informasi perkembangan janin setiap minggunya sesuai dengan usia kandungannya saat ini; Asyik juga nih, berarti gak perlu browsing kita bisa tahu kalo usia kehamilan sekian minggu, perkembangan janinnya udah gimana.

Ada tool Kick Counter untuk bantu ibu hamil ngitung jumlah gerakan bayi dalam kandungan. Kadang BuMil kan suka lupa hari ini ada pergerakan gak ya sama janin dalam kandungannya. Teorinya dalam 2 jam harusnya kita merasakan 10 pergerakan bayi. Jadi tool ini bantu nyatetin aja 10 kali gerakan itu dalam waktu berapa lama. Atau Udah 2 jam, udah bergerak berapa kali. Tapi ini cuma referensi dan seru-seruan aja kok.

Emang sih, kita juga bisa nyatet di agenda  ato nyontreng di white board, but please deh book…hare gene gitu.
Lebih seru aja kan kalo nyatetin gadget pake apps. 
Laaah, Kita nyatet belanja bulanan aja di gadget juga  bukan ?  #IbuSokMasaKini 
*kemudian ditimpuk pake duit segepok*

Kalo Tool Mood Tracker tuh buat nyatetin mood kita dalam 7 hari terakhir. 
Kayak Gw misalnya. 

Kalo hamil, emosi gw kadang naik turun.
Kadang ketawa-ketawa, sedetik kemudian bisa cemberut.  Nah, dengan tool ini Kita bisa lihat selama 7 hari terakhir, kita banyakan bĂȘte nya apa justru lebih banyak hepinya .

Tool Contraction timer mungkin baru kepake pas kita udah ngerasain kontraksi kali ya. Karena fungsi dari tools ini untuk check  durasi dan interval kontraksi.
Selama ini gw sering banget ngeliat pengalaman temen-temen dan sodara-sodara gw yang mo buru-buru aja mo check in di RS Bersalin karena mulai merasakan kontraksi.

Padahal setelah diperiksa di RS, ternyata masih lama aja gitu waktu melahirkannya dan akhirnya mereka disuruh pulang dulu aja.

Kita gak mo ngalemin kan, udah semangat-semangat ke RS mo ngarepin segera ketemu bayi eeh gak taunya disuruh pulang kayak gitu.
Makanya Tool Contraction timer ini bisa bantu mengira-ngira kapan kita udah bisa angkat koper ke RS Bersalin supaya gak kejadian kayak pengalaman temen-temen dan sodara-sodara gw tadi

Terus ada Fitur namanya  Mom’s Helper.
Nah kalo pas lagi nungguin dijemput suami pulang,  ato pas lagi mati gaya nyari inspirasi nama bayi, bisa disambi buka tool Baby Names ini. Ada beberapa referensi nama anak perempuan maupun laki-laki yang bagus dan gak terlalu pasaran.

Selain Baby Names, di fitur Mom’s Helper ini ada juga tool Hospital List. Kalo pas lagi butuh no telpon dan alamat RS Bersalin terdekat, bisa cek di Hospital List ini. Jadi gak perlu nunggu lama buat browsing. Gw udah check sih. Hospital List memuat informasi RS di 39 kota di Indonesia.

Adajuga  fitur Learning Center yang berisikan artikel-artikel menarik seputar informasi kehamilan.
Jadi jangan dodol ngarepin ada update berita infotainment di apps ini ya *kriuk!*

Artikelnya singkat, to the point jadi gak bosenin bacanya.

Ada beberapa kategori topic artikel menarik yang bisa kita temukan di Learning Center.
Breastfeeding and prenatal education, nutrition, recipe, weekly tips dan emotional health.
Setiap minggunya, masing-masing artikel ini akan bertambah seiring usia kehamilan kita.

Jangankan buat calon ibu, lah wong gw yang tidak sedang hamil aja merasa artikel-artikel yang disuguhkan di sini cukup menarik kok. Lagian toh gak ada salahnya menambah ilmu kan ?
Apalagi ada di nutrition ada beberapa resep yang kayaknya gak susah untuk dicoba. *lap iler*

Coba aja tengok judul salah satu artikel di learning Center ini “  Hamil Bukan Berarti Makan Untuk Berdua “.
#JLEB BGT GAK SIH! *capslock jebol*
Errrr…jadi inget waktu gw hamil dulu, berat badan gw naik sampe 18 kg dan pake alasan
‘ kan makan untuk berdua’. ..

Terus pas baca salah satu artikel “ Bolehkah Makan Sushi Saat Hamil ?”, gw jadi inget waktu itu Meryl pernah nanyain masalah ini waktu hamil dulu. Secara Meryl loyal customer Sushi tei.

Nah, selain fitur-fitur tadi, masih ada fitur Mom’s Diary.
 Ini kayaknya cocok deh  buat nulis curhatan hati yang gak penting selama hamil, ato nulis kisah-kisah indah selama hamil tapi gak mau publish buat dibaca public.

Daripada dipendem dalem ati, ntar bisa bisulan lho.
Udah gitu, bisa narcist narok foto juga kok. #KlobuatGwpentingInibanget. Hahaha

Terus ada apa lagi ya …? Bentar, gw cek dulu.
Ohya, Katanya mendengarkan music-musik yang menenangkan batin semacam music klasik itu bagus untuk menstimulasi bayi semasih dalam perut lho. Dan ternyata apps A+Mama ini juga menyimpan beberapa beberapa music klasik yang menenangkan. 

Pernah ya waktu itu gw lagi setres sama  problem di kerjaan yang seakan gak ada habisnya.
Terus gw coba dengerin music klasik dari apps ini.
Walhasil, saking tenangnya, gw sampe pengen gegoleran aja ketimbang nyelesein analisa data gw. *dipentung sama Boss*

Jujur, mendonlot A+Mama apps ini menimbulkan rasa cemburu sekaligus rasa rindu dalam diri gw.

Cemburu .
Kenapa pas jaman gw hamil dulu belon ada applikasi beginian sih , hah ?
Kalo saja waktu itu udah ada apps ini, gw mo cari artikel soal kehamilan, pengen tau perkembangan janin kan gak usah susah-susah buka laptop!
Tinggal akses dari smartphone. 
Digenggam di tangan. 
Bisa buka kapan aja. 
Pas lagi ngapain aja.

Rindu.
Menyadari ada satu nyawa lain dalam diri gw yang bergantung kepada gw selama 9 bulan….
Merasakan detak jantungnya…
Merasakan gerakannya di dalam perut….
Detik-detik menahan rasa tak sabar ingin segera bertemu dengan ‘dia’ yang selama ini berkomunikasi melalui hati…

Aaaah…tuh kan gw jadi pengen hamil lagi biar bisa nyatetin tendangan ‘bayi’ dalam perut gw di fitur Kick Counter. #eh

22 comments:

  1. indah TFS banget yak.. gw baca review dari lo pengen buru-buru pulang trus donlod di tab..

    ntar malem pasti langsung gw donlod abis keliatannya ini aplikasi menarik banget :)

    ReplyDelete
  2. @ Nike,
    hahaha...gretong pulak ya.
    Buat Ibu Hamil bisa dapet banyak info kok dari apps ini.
    Aaah gw iri deh. jadi pengen hamil lagi. hahaha #labil

    ReplyDelete
  3. Ya udah, hamil lagi aja kalo itu mau lu #kalem
    Ih iya iri bener gue bacanya. Ntar deh kalo adek gue hamil lagi, gue suruh dia donlot ini, hi hi hi..

    ReplyDelete
  4. Indaaaahhh!!! Makasih bangeeett buat infonya. Asli deh baru tau soal aplikasi ini. Kamu TOP BGT deh kalo soal info terbaru..hihihi..

    Btw, Ndah, daripada cemburu, mending hamil lagi aja..hihihi *ditimpuk smartphone sama indah*

    ReplyDelete
  5. @ Della,
    Halaah...kenapa harus nunggu adek loe hamil sih ?
    Kan boleh dong nambah adek biar loe bisa donlot apps ini. Kalo gw kan emang udah donlot. :p

    @ Allisa,
    Hihihi...makanya langsung aku colek kamu di twitter. Soalnya aku tau banget kamu kan salah satu Modern mama. Masa gadget nya gak dioptimalkan pas hamil gini...hihihi

    ReplyDelete
  6. TFS ya Ndah, meskipun aku gak hamil, menikmati banget bacanya
    eh, udah pengen banget mungkin dirimu :)

    ReplyDelete
  7. Aaaak. berguna banget juga Ndah buat bapak-bapak macem gw yang suka kebingungan dalam masa kehamilan istri. Btw make apps ini ga harus beli susunya kan ya? :D

    ReplyDelete
  8. @ Lulu,
    berarti aku memang Okeh dalam meracuni kalian yaa...hahaha...
    Kepengen apaan nih, Lu ?

    @ Dani,
    Ah berarti dirimu gak baca motivasi awal diriku donlot apps ini ya, Dan ? Huhuhu...
    FREE DOWNLOAD, Kakaaaak.
    makanya gw donlot.
    Secara diriku #pecintaGretong Sejatih.

    ReplyDelete
  9. Kenapa pas jaman gw hamil dulu belon ada applikasi beginian sih , hah ?
    --> ya udah Ndah, hamil lagi aja sekarang *dikubur idup2 di bawah kaleng susu hamil*

    ReplyDelete
  10. dulu aku jg donlod aplikasi buat pregnancy ada babybumps, what to expects, baby center sama pregnancy+ ..hayuuu dicobain sdri gih apps2 nya, dirasain lg tendangan dan gerakan2 lucu di perut :p

    ReplyDelete
  11. jadi pengin hamil lagi ;)
    TFS ya cyiiin ;p

    ReplyDelete
  12. stuju ama della, kalo emang rindu dan pengen pake apps ini, gih sana hamil lagi :pppp

    ReplyDelete
  13. gua termasuk orang yang males browsing pake smartphone. ribet. enakan pake laptop aja. hehehe

    ReplyDelete
  14. Terus gw coba dengerin music klasik dari apps ini.
    Walhasil, saking tenangnya, gw sampe pengen gegoleran aja ketimbang nyelesein analisa data gw. *dipentung sama Boss*>>>>>> bwaahahahaha..... ini aku banget pas hamil denger musik klasik malah tidur pules.... makasih infonya yang sangat keren ini imba Indah

    ReplyDelete
  15. laah lengkap beneeeer ini aplikasi yak..:D

    *kemudian ambil pom pom* ayo Ndah cepetan...HAMIL...HAMIL..HAMIL...:,D

    ReplyDelete
  16. udah install dooong di android, n berguna bangeedd thanks ya ndah

    ReplyDelete
  17. "Ibarat anak kuliahan yang udah kelamaan lulus mata kuliah Robotic dan bingung pas ditanyain Laplace Transform. Errrr…. Gw udah lupa sama sekali."

    ahaha....baru semester kemaren dapet Laplace trnasform aja sekarang gw udah lupa mbak :-) #salah fokus

    ReplyDelete
  18. aplikasinya di download pas dah 'siap' hamidun dech :D

    ReplyDelete
  19. @ Maria,
    Manda kayaknya udah pengen adek. Hamil lagi doong. Hihihi

    @ Dian,
    Pasti Seru ya ngitung tendangan bayi pake kick counter ini. Hihihi

    @ Yani,
    Mari kita hamil beramai-ramai dan update foto di apps ini. Hahaha

    ReplyDelete
  20. @ Novi,
    Ya nih...applikasi ngitung kontraksinya belum kepake. Nunggu gw hamil dulu nih kayaknya baru bisa kepake.

    @ Arman,
    Justru pake apps ini gak perlu browsing, Man. kan tinggal buka aja apps nya.

    @ Mbak Rina,
    Akupuuun. Emang intinya saking menenangkan sampe tenang banget...zzz..zzz

    ReplyDelete
  21. @ Desi,
    Waktu loe hamil Radit belum pake apps ginian kan ?
    Makanya buruan loe duluan yang hamil. Hahaha

    @ Baby,
    Selamat mencoba. *GRIN*

    @ Bunda Aqila,
    Aku malah udah wassalam tuh semua transformasi Laplace. hahaha

    @ Mommy Favian
    Uhhuuuy !

    ReplyDelete
  22. hik...keinget lagi...jadi pingin download applikasi itu...eh maksudnya jadi pingin hamil..
    tfs banget mbak kayaknya keren one stop browsing buat ibu hamil kayaknya

    ReplyDelete