4.25.2012

Piknik Ke Kebon Raya Bogor

Kadang, Gw suka asa kesindir kalo denger iklan Mas*ion yang bilang " Cintailah ploduk-ploduk Endonesah".

Lah gimana gw gak kesindir.
Seumur-umur Athia, sekalinya gw ngajakin dia ke Botanical Garden, itu pas ke Singapoh. Negeri orang.
Sementara di negeri sendiri, ke Kebon Raya yang jauh lebih gede, yang cuma 40 KM dari Jakarta malah belon pernah. Sok-sok-an banget ya.

Padahal gw tuh udah lama banget lho pengen ngajakin Athia piknik.
Persis cerita Enyd Blyton itu lho. Yang kayak Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu.
Gelar tiker, keluarin makanan, bertemu kasus. *teuteuuup ye mental detektip*

Waktu gw masih gadis, setiap diajak piknik ke kebon Raya,  gw lebih suka nungguin rumah. Gih dah, kalian pada piknik. Gw di rumah aja deh. Mending baca novel di kamar, nonton TV, ngapain aja, asal jangan ajakin gw nggelar tiker.

Ya abwesh, pengalaman gw piknik ke Kebon Raya bareng keluarga gw zaman gw kecil dulu, parkir mobilnya di luar kebon raya. Terus rame-rame jalan kaki masuk ke dalam Kebon Raya. Mayan jaoh lho, Bok, gw gotong-gotong tiker, gotong-gotong tempat minum, makanan sampai menemukan tempat yang so-called cucok untuk ngegelar tiker. Beeuuh, rame aja gituh yang gelar-gelar tiker. Malesin deh pokoknya. Malesin buat anak remaja yang sok-sok metropolis macam gw.

Kalo buat pacaran di Kebon Raya, gw juga males. Bukannya takut sama mitos 'kalo ke Kebon Raya, pasti putus ' sih. Yah males aja pacaran sampe jauh ke sono.

Dan untungnya gw dan Hani bukan tipe pasangan muda-mudi yang demen pacaran di semak-semak. Gak bisa untuk gak joged kalo nemu pu'un, kejar-kejaran dan cilukbaaa di antara pohon, saling mengikrarkan nama kami di pohon, guling-guling enden ujung-ujung berbuat anonoh. Beeeuh *amit-amit cabang bayi!*

Tapi entah kenapa, beberapa waktu yang lalu keinginan gw untuk mengajak Athia piknik di lapangan terbuka sungguh tak dapat dibendung lagi. *aer kale kudu dibendung*.
Jadilah hari Sabtu pagi kemarin, gw niatin banget banget untuk piknik ke Kebon Raya bareng ipar-ipar gw.

Oh yeah pasti, komplit dengan tiker, makan siang, buah dan cemilan lainnya. Namapun piknik gitu lho. Kan di novel Enyd Blyton juga disebutkan mereka piknik gelar makanan di atas tiker, bukan nangkring di Abang Toge Goreng deket pager Kebon Raya bukan jajan.Apalagi jajan Cireng.

Sengaja Sabtu pagi jam 8-an kami jalan dari rumah. Dan setelah menempuh perjalanan lebih dari 40 KM, kami nyampe juga di Kebon Raya Bogor. Gw sampe nepok jidat. Ternyata dari kami semua yang berada di mobil itu, cuma gw yang udah pernah menginjakkan kaki di Kebon Raya ini. Sementara Hani, ipar-ipar gw dan Mbaknya Athia malah belon pernah lho. Samsek, pengakuan mereka.

Seperti biasa, sebelum merencanakan liburan, *eh piknik ke Kebon Raya ini bisa gw claim sebagai liburan kan ya ?*, gw udah sibuk brosing-brosing soal Kebon Raya indang. Dari yang gw baca : mobil bisa dibawa masuk ke dalam Kebon Raya juga kok.

Hiuuufff...karena mau bawa mobil masuk ke dalam Kebon Raya, kami pilih masuk lewat pintu Utama.
Harga tiket masuk per orang Rp 9,500/orang. Eh,apa Rp 10ribu ya? Pokoknya segitulah. Lupita Jones gw.
Harga tiket mobil Rp 15,000.
Motor juga bisa dibawa masuk lho. Harga tiket Rp 3000/motor.

Udah masuk ke dalam kebon Raya, rasanya adem banget. Ya iyalah, nampak hijau di sekeliling kami dan rindang. Kami puas-puasin ngiterin Kebon Raya dulu. Setelah puas ngelilingin semua, barulah kami mencari tempat untuk melipir gelar tiker.

Sementara Hani ngobrol sama ipar-ipar gw di gelaran tiker, gw, Athia, sepupu Athia yang seumuran, dan mbak nya Athia olahraga dulu. Alias lari-lari kejar-kejaran di lapangan rumput yang luas.
Matahari yang bersinar belum menyengat. Udah banyak juga yang piknik barengan kami. Ada yang juga lagi piknik ngajakin keluarga, ada pula yang sekalian beribadah.
Menikmati cipratan air mancur
Athia dan sepupunya nampak hepi banget bisa puas maen di lapangan terbuka kayak gini. Belum lagi udaranya masih sejuk pagi itu. Sampe mereka nyeker lepas sepatu. Ngeliat kolam, ngeliat air mancur. Sayang airnya gak jernih.

Athia dan sepupunya nampak kegirangan bisa nyeker :p

Capek lari-lari dan jalan-jalan nyeker bersatu dengan alam *tsaaah gak nahan bahasa gw*, kami cari toilet bersihin Athia dan sepupunya. Ikutan duduk di tiker sambil ngemil.

Terus lanjut maen-maen lagi.

Ternyata begini aja Athia udah bahagia. Sederhana banget kan ?
Kala matahari mulai terasa menyengat, kami pun beranjak meninggalkan piknik. Apalagi anak-anak udah ribut pengen liat binatang. Emang ada ?
Akhirnya gw usulin mampir untuk kasih makan rusa di pinggir pagar Istana Bogor itu lho. Sebenarnya kegiatan gini juga bisa dilakuin di Bekesong deng.

Dari situ, keliling kota Bogor dan mampir beli Pia Apple Pie di jalan Pangrango buat beli cemilan. Hani dan Athia doyan banget ternyata. Gak lupa mampir di FO. Deeuh...teuteup ya kudu shopping. Padahal salah satu niat gw ngajakin piknik ini adalah ngasih liburan ke Athia yang bernuansa alam. Gak melulu nge-mall.

Ngeliat anak gw ternyata bahagia diajak liburan outdoor murah meriah begini dan waktu diajak ke Ragunan dulu, gw jadi semangat untuk brosing-brosing wisata model begindang. 

Sederhana ya ternyata sorot kebahagiaan di mata anak gw. Cuma pengen bebas bermain di lapangan luas macam begini. Untung dese gak nuntut minta maen ski di pegunungan Alpen. *negak panadol langsung emaknya*

Hari Minggu sore, gw ketagihan ngajakin Athia piknik lagi. 
Eiiits kali ini gak balik lagi ke Kebon Raya dong. Ternyata piknik beginian juga bisa dilakukan di deket rumah gw. Hey, kemane aje loe, Ndah!
Dan kalo sampe dibaca @verazka, @R33n3e @nenglita, @adityamoetiara, @manipasta pasti ngakak deh ide piknik gw. Kok Genk Racun ternyata ada yang ndeso kayak gw, pasti pikir mereka. Hahahaha...

Cerita piknik deket rumah bakal gw cerita di posting selanjutnya. Fotonya di BB Hani soalnya. Hayooo...siapa lagi yang pengen ngajakin anak liburan yang murah meriah ?

Ini beberapa hal berdasarkan pengalaman gw kemarin ya :
1. Datanglah agak pagian. Selain jalanan masih ramah, Kebon Raya juga belum terlalu rame pengunjung. Jadi masih bebas memilih lokasi buat gelar tiker. Matahari juga belon panas
2. Sebaiknya bawa tiker / alas untuk anak sekedar istirahat, berbaring dan nggelar makanan.
3. kalo mau bawa kendaraan masuk ke dalam Kebon Raya, sebaiknya pilih masuk dari pintu utama. Soalnya capek bok, jalan kaki ngiterin Kebon raya bareng dua toddie kayak gw kemarin. Dan mobil bisa bebas parkir dimana aja kok. Asal jangan tengah jalan. Hahaha.. #jayus!
4. Bawa maenan kayak bola gitu seru deh
5. Jangan lupa bawa lotion anti nyamuk...soalnya nyamuknya gede-gede! :p
6. Kalo gw sih lebih prefer pakein Athia baju yang sante. Gw sengaja pilih Bahan kaos aja dan celana pendek. Selain lebih nyaman, bebas bergerak, kalo basah kena cipratan air gak seberat kalo jeans kecipratan air. *eh penting gak sih. Kan gak ada juga emak ngajakin anak piknik pake kemeja batik / baju koko plus celana panjang jeans dan kaos kaki. Eh ada juga ya ?*
7. Emaknya jangan coba-coba kepikiran piknik sambil ngecengin high heels. Capek boook.

Gimana, udah kepikiran soal konsep 'liburan piknik' deket rumah aja ? (smile ala tante Kamseupay)

24 comments:

  1. iya bener banget mba, paling menyenangkan bisa piknik di alam terbuka... jadi kepikiran pengen ajak kanaya kesana juga jadinya....

    ReplyDelete
  2. Cireng tuh jajan apaan sih? Di sekolah, anak2 jg demennya nyireng. Sampe gurunya sgala dimintain duit buat beli cireng --_____--

    Anyway, kayaknya emg seger benneeeer ya di Kebun Raya Bogor. Kalo di Surabaya, lumayan banyak citypark bertebaran. Tp emg lokasinya rata2 dipinggir jalan gede, jd ya kudu diawasin bener kalo bawa anak kecil.

    Ada Taman Bungkul, Taman Prestasi, Taman Sulawesi, dll. Silahken browsing aja untuk liat gambarnya :)

    ReplyDelete
  3. cobain ke jambore cibubur minggu pagi deh....seru! Maen bola di lapangan luaaaaassss.....naik go kart di taman lalu lintas, ngasih makan monyet, maen layangan di danau. Liburan murmer tp berkualitas lohh....:))

    ReplyDelete
  4. Hai Indah :)
    Kunjungan balik :)

    sebenernya aku bukan yang terlalu outdoor type gitu Ndah...tapi sekali sekali suka juga sih ke kebon binatang temenin anak anak...

    dan tipsmu ituh bener banget Ndah...
    pake sendal teplek ajah...dan pake baju santai dong :)

    ReplyDelete
  5. whuaaa...
    pecinta Enyd Bliton juga kaaah???
    *cos*

    jadi teringat masa mudah...hihihi...
    suka seri sekolah asrama gitu Ndah..St Clare, Malory Towers, si Badung...

    ReplyDelete
  6. waduh mbak..mengingatkan daku akan bogor...kangen, berandai andai betapa senangnya kalo kinan diajak kesitu..bawa bola terus main bola di padang rumput yang asri dan seger kayak gitu...*walah malah ngayal...sekarang cukup ngesot dulu ke pantai untuk refreshingnya...murah meriah..
    btw itu kak athia potong rambut yah...hmm tambah keren aja nieh anak mommy..

    ReplyDelete
  7. Coba ajak azka ke jogja aja Ndah entar gue kasih seribu satu daftar tempat liburan pleus rutenya dan rate harga. Bonus ketemu gue pulaa hahaha *dikemplang ember*

    ReplyDelete
  8. ihhh kok ga bilang2 sih ke kebun raya bogor??azka kan juga pinginnn

    ReplyDelete
  9. Si anak bujang tambah ganteng, Ndah :D

    Anak2 utk hepi memang gak pake bnyk syarat macam kita yah. Dibiarkan bebas bermain aja udah surga banget buat mereka :D

    Kalo di Palembang sbnrnya ada juga kebon gitu namanya Punti Kayu, Ndah, tp aku jg lom pernah bawa Raja ke situ, aku aja lom pernah ke situ :D. Kalo wisata alam paling sih jalan2 di kompleks...hihihi...eh pernah ding beberapa kali maen ke danau buatan trus naek bebek2an di situ...standar banget tapi Raja asik2 aja tuh :D

    ReplyDelete
  10. yup seru kok ngajakin anak2 piknik. anak2 bisa lari2an. asal pas cuacanya enak aja.

    ReplyDelete
  11. di Kebun Bibit Surabaya, malah gratis mbak....gak bagus2 amat sih, tapi lumayan buat menghirup udara segar gitu....
    yang bener2 g boleh dilupakan emang lotion anti nyamuk!!!
    Aku juga pengen ngajak kemping di halaman rumah ortu di desa sono....cuman takutnya kalo tiba2 ada tikus lewat....seremmm!! :)

    ReplyDelete
  12. waduh...aq ke kebun raya bogor terakhir waktu SMA...
    tapi memang asyik ngajak main anak ke alam terbuka drpd mall mulu...

    hayooo...kalau pacarannya gak kebun raya krn kejauhan
    pasti pacarannya di monas ya...?
    hihihi.....

    ReplyDelete
  13. Asyik tuh piknik di alam ....murce lagi ya...

    Tempo hari waktu piknik ke ancol aja Hanif seneng bener padahal panasnya aduhai dan aernya kotor pisan...

    Ajak Hanif ke sono juga ah...tapi tetep ya ke FO ga lupa...kekekek :)

    ReplyDelete
  14. @Bunda Kanaya
    Bisa piknik di deket Bekesong, Mak. Tunggu postingan nggilani berikutnya. hahaha

    @ Tyke,
    Cireng itu Aci Digoreng. Alias sagu digoreng, Cyin.

    @ Irma,
    Wah...tengkyu infonya.
    jadi pengen ke sono nih.

    ReplyDelete
  15. @Bibi Titi Teliti
    Aku suka yang berbau alam. *tsaaah...*
    Iya...tapi bener gak sih tips itu ? masa ada yang pake kebaya piknik di Kebon Raya ?
    Mau piknik apa foto prewed ? hihihi...
    Suka banget sama Enyd Bliton waktu masih kecil, Mbaak.
    Aku suka Pasukan mau tahu. Kebawa sampe sekarang. Mau Tahuuu aja. Hahaha

    ReplyDelete
  16. @Mama kinanIya potong rambut di barbershop, Mbak.
    Piknik di sono justru lebih enak,Mbak. Lebih luas.

    @ Pepi,
    Eeh dirimu di Yogya ya ?
    I love Yogya.
    Ntar kalo ke Yogya, colek dirimu buat guide maen ke kebon ya.

    @ Dhita,
    Katanya kita mau kumpul bocah di kebon raya ? Kapan ??

    @ Allisa,
    Iya, aku juga udah nemu wisata alam deket kompleks. Dekat dan gak bikin capek, Lis.

    ReplyDelete
  17. @Arman
    Aha! Tips bagus tuh, Man. kalo pas musim hujan riweuh ngangkut tiker, cari tempat berteduh. :p

    @ Lulu,
    Mau kempiiing. Tapi binun dimana ? *sad face*

    @ Diandra,
    Huauahaha...kok tau sih. Emang aku foto-foto prewed di Monas sih, Di.
    Keliatan dari muka eike ya kalo suka nangkring di antara pepohonan?

    @ Pungky,
    Yuk..di Bekesong juga bisa berpiknik sih kalo nemu tempatnya. (dan gak tau maluk) :p

    ReplyDelete
  18. gwe juga gag demen ndah kalo piknik pake ribet jalan gotong-gotong tiker, rantang dsb. apalagi kalo pada nyampah iiih gedek bgt. dulu gwe suka males.

    tapi pas piknik di sini asoi bgt ternyata. enak alamnya

    ReplyDelete
  19. @Indah Prabandono
    Yaah kalo gw piknik ke OZ, mahalan di ongkos, Ndah. Sama aja gak kayak gw piknik di pinggiran kalimalang di Kemang Pratama? Hahaha

    ReplyDelete
  20. Aq jg suka ngajakin anak2 ke kebon raya Bogor, sebelomnya beli roti unyil dulu buat cemil2 trus leyeh2 di kebon raya trus ke botani square cari mkn ama ke timezone teuteup, nail mainan kereta api kesukaan anak2.

    Ke kemprat minggu pagi jg seru, bawa bola, main2 sambil liatin sungai trus cari Sarapan di sebrangnya al azhar, Ada warung pecel enak, di sebelahnya Ada warung mkn prasmanan buka pagi2 lonhyn ini kok ngomongin makanan muluw

    ReplyDelete
  21. aaaaakkk kangen banget piknik di Kebun Raya Bogor! Cuma akhir taun lalu terakhir kesana panas dan gerahnya ga kira-kira, ga sesuai sama hijaunya :(

    Emang sesekali piknik kembali ke alam begini bagus banget buat kesehatan jiwa raga :)

    Salam kenal ya mba baidewey :D

    ReplyDelete
  22. @Vera
    *tutup muka*
    Syukurlah kalo loe juga piknik ke situ. karena minggu sorenya emang gw ngajakin Athia piknik di sonoh.

    @Natazya,
    Salam kenal juga.
    Abwesh kalo ngajakin liburan ke mall mulu, kayaknya jadi konsumtip deh *padahal dompetnya tiris muluk :p*

    ReplyDelete
  23. Ah...jd pengin ngajakin Dita piknik deh...terakhir gelar tiker di Safari sih.. :D

    ReplyDelete