3.29.2012

Nostalgia Transportasi Umum

Gegara Ira nulis soal angkutan, gw kayaknya latah pengen nulis soal angkutan.

Waktu gw masih tinggal sama emak gw, gw demen ngebecak. Terutama dari rumah nyokap, ke Hero Dwima. (belakangan gw baru tau kalo Dwima udah tutup).



Dulu sih, becaknya nyaman kan pake tutup diatasnya. Lama-lama gara-gara dikejar kamtib, becak pun dialihfungsikan untuk ngangkut barang. Jadi gak ada lagi penutup di atasnya.

Tapi teuteup gw suka naik becak daripada naek bajaj kalo dari Dwima ke rumah. Apalagi kalo sore-sore langit cerah, angin sepoy-sepoy, duduk dianterin abang becak yang mengayuh pelan itu rasanya lebih damai aja. Apalagi kalo naek becaknya bareng pacar.


Abis gimana gitu kan. Di becak itu, kita bisa duduk pepet-pepetan sama yayang (ya maklum. Namapun becak pastinya sempit dong ah. Kalo mo lega naek container atuh, Neng!), melewati rindangnya puun, Aduuuh…serasa dunia milik berdua deh. Yang laen mah ngontrak. Kalo bisa dan tega mah, abangnya disuruh ngayuh becak sampe ke Bogor deh, Bang. Biar lamaan gitu duduk berduaan di becaknya.*eyampun kenapa gw bisa dangdut gini ya gaya pacarannya ? Jadoel abwesh!*

Sebenarnya, gw nulis ini sembari Celingak-celinguk, kira-kira Hani baca blog gw gak ya ? Secara pacar yang gw maksud bukan dia. Hani mah malesin deh waktu masih pacaran.

Dia kebanyakan gaya kalo gw ajak naek becak. Dia milih jalan kaki ketimbang naek becak yang dia claim sebagai gerobak dorong. #eh ini demi ngirit apa biar ngabisin waktu lebih lama lagi sama gw siih. Hihihi…

Sebelum angkutan rumah gw ke Salemba diganti mikrolet, gw sempet juga tuh ngerasain naik bemo. Iiish kayak naek setrikaan aja gitu, Cong.

Itu dibelakang kan jatah duduk 6 orang. Tapi kalo badan gede ato badannya tinggi dijamin suka tersiksa deh. Yabis, lutut loe bakal ketemu lutut orang. Apalagi kalo bareng ibu-ibu pulang dari pasar. Dia juga bakalan narok belanjaannya di kaki. Errr…dan nasib kayak ikan pepes gini harus gw alamin lagi waktu gw naek elf. :p

Waktu diapelin Hani ke rumah *ciyee..diapelin niye*, dia masang gimana gitu waktu gw ajakin ke Kelapa gading. Bukan karena tujuannya. Tapi pas dia mau nyetopin taxi, gw tepis tangannya. “ Ih, ngapain sik ke Kelapa gading naek taxi! Naek bajaj aja.” Sambil melotot. Hiyak, ternyata waktu pacaran aja udah ketauan ye kalo gw rada nyakar.

Pengen sok-sokan gitu nawar bajaj *yang gw jamin pasti pertama kali buat dia!*, tapi gw ngedumel kemahalan. “ Sinih, gw ajarin cara nawar bajaj…” gw dengan sotoy menggurui.

Lewat bajaj pertama. Bapak-bapak tua ubanan. Hani udah mau nyetopin, tapi pas Abangnya mo berenti gw bilang “ Gak, Bang…”.

Hani bengong. Begitu terus. Beberapa kali abang bajaj yang rada bapak-bapak bermuka jutek gw lewatin. Sampe dateng abang-abang bajaj masih muda, baru deh gw setopin. Gw sengaja nyamperin abangnya “ Bang, Ke Kelapa Gading. Mall 3. Berapa ?” dengan gaya sok-asyik-cihuy-gemana getoh.

Abang bajaj ngasih harga.
Gw dengan sok-manis-manja-group “ Yaaah..Ceban aja ya, Bang…”.
Abang bajaj minta tambah.
Gw masih dengan manis-masang-wajah-innocent “ yaah…ceban aja dong, Bang. Duitnya cuma cukup segitu. Ceban ya, Bang ? “.

Biasanya kalo abang-abang bajajnya masih muda suka meleleh luluh. Dan biasanya dibolehin. Tanpa berkata apa-apa tapi dese akan ngasih kode dengan ngebukain pintu bajajnya. Ya eyalah apalagi kalo yang nawar manis kayak gw ginih. Oeeek.

Makanya gw rada males nawar bajaj sama bapak-bapak. Kadang bales diomelin. Kadang dijudesin. Ato yang lebih gak sopan lagi, tuh abang gak ngomong apa-apa lho, tau-tau dia ninggalin gw dengan deru debu bajajnya. GAK SOPAN!

Hani pun naek bajaj untuk pertama kalinya. Mukanya kayak tegang gitu. Padahal serunya kalo pacaran naek bajaj, kalo pas abangnya ngepot belok mendadak (yang mana Cuma si Abang dan Tuhan yang tahu kapan Abang mau belok), kita jadi bisa mepet ke pacar. Yaaampun genit banget gw yaaak…huahaha…

Gak asyiknya (ini sih versi suami gw) : kita gak bisa bisik-bisik romantic di dalem bajaj.
Husst…bukan napa-napa tapi gakkan kedengeran.
Wong ngobrol aja kudu sambil tereak-tereak. Udah gitu vibrasi di dalam bajaj akan bersaing dengan getaran cinta di hati kita. Predecuih cuih…

Klo naek mikrolet, laen lagi suka dukanya.

Waktu zaman kuliah,somehow gw suka bareng-bareng sama temen gw sesame anker. Entah gimana, tau-tau suka ketemu aja gitu di KRL. Padahal ada yang naeknya dari Tebet, dari Manggarai, gw dari Cikini, dari Cawang.  Diantara temen-temen gw ini, cuma satu yang cowok yang bareng kami. Makanya pas kami ngelanjut naek angkot, dia yang bertugas ngebayarin. Maksudnya bayarin ke abang sopir uang hasil kolekan kami.

Masalahnya kami hanya mau bayar harga mahasiswa. Sebenarnya temen gw yang cowok ini udah tau kalo bayarnya ngikutin kemauan kami pasti diomelin abang sopir. Tapi kalo dia mau nombokin, kami yang ngomel-ngomel “ Udah. Bayar segitu aja. Ngapain sih. Kita kan mahasiswa. Cemen loe !”. Cibir kami.

Mo gak mo, daripada disebut cemen, akhirnya temen cowok gw nurut biasanya. Pas udah turun, kami yang cewek-cewek udah ancer-ancer turun duluan.

Turun dan segera menjauh dari angkot, sampe temen gw yang tugas ngebayarin ngasih duit ke sopir.
Bener kan si abang mere-mere. Tapi cuma sekedar nyemprot temen gw “ Makanya kalo masih kere, jangan sok-sokan ngebayarin cewek! Maluk! Bayarnya kurang nih!”. Temen yang cowok ngelus dada. Kami yang cewek? Cuek aja sambil ngekek-ngekek. Besok-besok diulangin lagi. LOL.

Waktu masih kerja di Cikarang dan masih gadis, gw harus naek ELF 59 turun di halim.
Yang mana itu kursi yang depan harus diisi 3 penumpang, jadi berempat sama supir.
Terus bangku belakang itu harus isi minimal : 9 di bangku panjang, terus ada 5 orang di bangku deket pintu, plus 2 deket pintu sebelah sananya.
Daaan…di antara bangku pendek dan bangku panjang tadi , disusun lagi bangku-bangku tambahan yang kudu diisi 7 orang.
Total uang yang terkumpul harus sebesar 23 orang (penumpang belakang) + 3 orang (di depan). Baru deh, tuh ELF mau jalan.
Jangan pikirin muat apa gaknya. Karena sesempit apapun, segede apapun penumpangnya, tetep aja ada yang bisa tidur sampe ngiler. Huahaha…

Abis itu lanjut naek bus PPD 43 dari Halim (jaman itu belon ada Busway ke Priok). Dan sepanjang sejarah, Gw jadi agak tobat ngajakin pacar gw naek 43. Bukan sok gengsi ato apa. Aturannya sebagai lelaki, harusnya dia yang jagain gw daripada para pekerja kecepatan tangan (read:copet). Lah ini malah gw , sebagai cewek yang sibuk ngejagain dia. Beuuh…dia udah dipepet copet kanan kiri, depan belakang aja gak sadaar lho. *eh apa insting detektip gw justru terasah dari sini yak ??* 

Dan yang menyedihkan, sejak tinggal di Bekesong, kecintaan gw terhadap angkutan tadi mulai susah teralurkan. Paling Cuma bus-bus gede kayak mayasari, Ozek sama angkot doang.

Kalo cuma sekedar jalan-jalan keliling kompleks, gw masih suka ngajakin Athia naek motor. Tuh anak gw demen banget. Merem melek gitu sepoy-sepoy kena angin. Cengengesan.

Gak Cuma anaknya. Emaknya juga demen berkencan naek motor. Kan jadi punya alasan buat pelukan pegang pinggang Abang yang erat ya, Neng. Ahey! Ahey! tapi gak sampe naek motor yang kayak nungging gitu sih. *eyampun, daritadi gw ngajarin gak keruan molo ya*.

Satu cerita tentang naek motor yang gakkan dilupain sama gw dan Hani.

Bulan puasa 2007.
Siang hari pas lagi panas-panasnya.
Hani naek motor dari Veteran, jemput gw, terus ke vendor undangan pernikahan kami di daerah Muara Angke.
Sinar matahari terasa menyengat, seakan-akan buka cabang dimana-mana.

Godaan datang, waktu di lampu merah, ngeliat tukang asongan yang menjajakan sprite dingin, teh botol, coca cola dingin. Persis kayak nemu oase di padang pasir. Fatamorgana.
Kalo ngikutin napsu, tuh satu krat juga bisa gw minum sekaligus.

Pulangnya di tengah perjalanan, tau-tau hujan deres. Gak sempet berenti. Keburu basah kuyup. Tanggung juga kalo berenti.
Keinginan jogged India Kahe karena aus langsung ilang, berganti sama pengen nangis karena kuyup-sekuyup-kuyupnya.

Kami masih lanjutin perjalanan. Teruuus aja. Sampe ngelewatin daerah yang belum kena hujan dan pada bingung ngeliatin dua sejoli kayak kucing kecebur got.

…masih lanjut…sampe baju kami yang basah tadi kering lagi di badan.

Saat memeluk Hani dan menyandarkan kepala gw yang lelah dipunggungnya itulah, gw bilang sama Hani

“ Kalo suatu hari nanti, kalo kita udah nikah, kita berantem. Sehebat apapun berantemnya kita, jangan pernah lupa kalo kita pernah melewati masa-masa kayak gini…panas keausan…hujan sampe kuyup…panas lagi sampe baju kering di badan…berkorban demi undangan pernikahan. Jangan sampe setelah kawin, kita malah gak mau berkorban…”

Hiks. Keiinget terus sampe sekarang.

Eniwei, ngomongin kurang bersahabatnya angkutan umum di Indonesia, Gw gak menyalahkan prinsip emak-emak zaman sekarang yang tidak membiarkan anaknya naek angkutan umum. Kalo kemana-mana, minimal harus taxi.

Gak nyalahin temen gw sampe bela-belain beli kredit mobil, karena suaminya tau dia lagi hamil dan gak pengen ngebiarin istrinya yang sedang hamil dan anaknya kelak kemana-mana naek angkutan umum. Itu keputusan dia.

Tapi gw setuju sama DSOG gw yang gak pernah melarang gw untuk naek ojek ke kantor waktu hamil Athia. " Semua tergantung kondisi kehamilannya, Ndah. Kalo saya bilang orang hamil gak boleh naik motor, gimana nasib masyarakat kita ? Sementara kendaraan yang terjangkau saat ini ya cuma motor. Mereka gak boleh kemana-mana dong ? "Gw sendiri biasa aja sih ngajakin Athia naek kendaraan umum. Apalagi gw menyadari anak gw laki-laki.

Laki-laki tetap harus jadi laki-laki. Oh well, itu mah prinsip gw dalam ngedidik Athia.

Jangan kayak mantan pacar gw yang gak bisa ngejagain diri sendiri di dalam bus. baru di dalem bus ? Gimana ngadepin kerasnya kehidupan Jakarta, Jendral ??
Jangan sampe kayak temen gw yang gak bisa naek bus.
Jangan sampe kayak temennya Hani yang gak bisa nyebrang jalan malahan karena kebiasaan dianter.

Semoga Athia tumbuh jadi anak yang mandiri, dinamis, bertanggungjawab, jagoan kayak mommy, bisa jagain dirinya di kerasnya kehidupan yang akan dilalui, dan bisa balik jagain Mommy kelak suatu hari nanti. Amin.

Sekian cerita saya siang hari ini. Terima kasih udah mau baca sampe selese.

21 comments:

  1. gue dulu pas SMA juga suka naik metro mini loh dari salemba ke rawamangun. aduh tapi lupa nomernya deh..

    ReplyDelete
  2. hamil naik motor?? gw banget tuh...waktu hamil luhung kan kami belum punya mobil tuh, jadi kemana-2 yah naik motor. Sampe sekarangpun tiap pagi ke kantor dianter suami juga masih naik motor.
    Toss Ndah...Luhung dan Galang pun sesekali gw ajak pergi naik angkot. Biar ngrasainlah berpanas-2an di transportasi umum

    ReplyDelete
  3. @ini_dhita
    yang dari Manggarai bukan ? Eh tapi beneran ? huahaha...*kabur ah sebelum dikefret Dhita pake balenciaga*

    @ Astie,
    Toss, Tie. Kita perkasa banget ya. Gw hamil naek motor. Naek angkot. Diri pulak karena kejamnya penumpang Bekesong Timur gak ada yang mau ngasih kursi ke emak-emak hamil 9 bulan. #eh kok curcol.

    ReplyDelete
  4. @ini_dhita
    yang dari Manggarai bukan ? Eh tapi beneran ? huahaha...*kabur ah sebelum dikefret Dhita pake balenciaga*

    @ Astie,
    Toss, Tie. Kita perkasa banget ya. Gw hamil naek motor. Naek angkot. Diri pulak karena kejamnya penumpang Bekesong Timur gak ada yang mau ngasih kursi ke emak-emak hamil 9 bulan. #eh kok curcol.

    ReplyDelete
  5. Setuju mbak Indah,

    Kami juga masih suka kemana-mana naek motor, lebih praktis dan ga macet.

    Hanif juga udah ngerasain naek angkot, bajaj, ojeg, metro mini bahkan KRL ekonomi yang dari bekasi ampe Jakarta kota Rp 1.500,-

    Semoga anak kita jadi pemberani dan bisa ngejagain kita.

    ReplyDelete
  6. @indah
    eh jadi itu lagi bulan puasa trus peluk-pelukan gitu yah? #salahfokus
    hahahahaha

    ReplyDelete
  7. @Pungky KD
    Amin. Kalo naek motor, emang gak macet ya. Irit bensin pulak. Kalo jalan sore-sore sante gitu.

    @ Tya,
    Huahaha...yaaah namapun yang muda yang bercinta, Cik gu. Untung segera di-halal-kan jadi gak kegatelan lagi.
    Makanya sekarang kan eike sudah kembali ke jalan yang benar.

    ReplyDelete
  8. kalau dicikampek masih ada becak mbak, dsini udah lama ya menghilang :)
    ayo mbak bikin GA nanti aku ikutan deh , kecanduan gara2 menang aku juga gitu kok. apalagi dptnya uang hehehe blogger mata duitan skr.
    akuworo2 deh nanti kalo mbak Indah bikin GA

    ReplyDelete
  9. alamak..ceritanya lengkappppppppp...banget...dari mulai jaman pacaran ...naik bajaj..hehehe jadi keingat juga pernah ngajakin ayah kinan dijakarta naik bajaj, kalo tak salah kepasar cikini buat nyari cincin huahuhaua...... kenceng banget suaranya......wah kalo motor kendaraan andalan saya disini..nggak ada angkot soalnya....dari belom ada kinan, sampai hamil kinan....sampai sekarang revo setia menemani hari hari keluarga kami.....:)

    ReplyDelete
  10. Bener tuh, di jkt dah jarang yg peduli ama bumil mbak, wongbaku aja hamil 9 bulan berdiri almost gelantungan dipinggir pintu di metromini, di krl mah podo bae.. Cuex beibeh tuh, dan yang duduk di kursi prioritas pura2 buta tuh eh malah heheh

    ReplyDelete
  11. gua pas kecil juga suka naik becak. enak aja rasanya naik becak itu ya. hahaha.

    ReplyDelete
  12. Becak dulu alat transportasi favorit kami lho Ndah. Dari sejak jaman pacaran, sampe aku hamil 6 bulanan dan perutku udah segede gentong. Sampe pernah pas kami mo naek becak, abang becaknya langsung nawarin buat pake dua becak aja saking ndutnya aku waktu itu...hihihi

    ReplyDelete
  13. baca dari atas sampai bawah dan sukses ngikik ngikik sendirian... lucu abeeess mba indah

    ReplyDelete
  14. @Lidya - Mama Pascal
    Ya di Bekesong gak ada becak ya, Mbak. banyakan ojek.
    OK, saya pikirkan dulu ya, Mbak hadiah GA dan tema GA nya. Ntar Mbak Lidya aku kabari deh. Hihihi

    @ Mama Kinan,
    Motor itu bikin hubungan tambah mesra lho, Mbak. Coba kalo kayak mama Kinan gini, mana mungkin berani pelukan di angkot ato di mobil ya toh ? kalo di motor kan bisa alesan karena safety. Hihihi...*maap kalo genit, Mak*

    ReplyDelete
  15. @Herni
    Iya, Mbak. Jarang banget yang ngertiin ya. Justru yang baek itu sesama kaum wanita lho.

    @ Arman,
    Huahaha...kalo sekarang abang becaknya minta bayar double kali, Ma kalo nganterin loe. *kalem*

    @ Allisa,
    Huahaha...tapi yey langsung langsing gitu ah, Lis. Emang kalo hamil enakan sendiri, Lis. Lebih puas dan lebih lega.

    ReplyDelete
  16. Bunda Kanaya,
    Hahaha..lagi nostalgila masa-masa naek angkutan di Jakarta. kalo di Bekesong kan pilihannya cuma ojek sama angkot.

    ReplyDelete
  17. Waaahhh di galaxy becak masi byk, malah aku punya langganan, tinggal telpon ntar dia dateng. Anak2 suka bgt nail becak, ojeg, kena angin cepoi2.

    ReplyDelete
  18. Percaya gag gw dulu pernah ilfil abis pas diajakin kencan cowo bermobil kinclong.iiish busettt tu cowo keknya takut bgt mobilnya gw usap2 dikit. Akhirnya gwe tetep milih cowo yg naek angkot dooong hahaha *gengsi gw klo gw kalah saing sama mobil*

    ReplyDelete
  19. 43?ya ampunnn itu bis paling horor sepanjang sejarah gw di dunia perAngkotan. Pernah loh gara2 gw+pacar gw melototin copet di 43, pas kami turun tuh copet teriak2in kami "woii..dasar lo bancii...banciii banciii"

    padahal sih dalam hati kamu udah dagdigdug takut di silet :D kikikik.

    ReplyDelete
  20. Mbak Indah...
    Sekarang saya yang setia naek 59 lho... tapi depansekarang cuma bertiga sama pak sopir, belakang jadi cuma 20 ribu...tapi semuanya non ac dan sempit sesempit sempitnya. Gimana dulu ya?

    ReplyDelete
  21. @mimie
    @Indah Prabandono
    Hahaha...cembokur ya sama mobilnya. Tapi kadang ada lho yang gitu. yang lebih demen ngelus-ngelus mobil daripada istrinya. #eh

    @ Mbak Mimie,
    Masa sih ? Enak dong sekarang legaan. Dulu kayak ikan asin..dipepes.

    ReplyDelete