2.01.2012

Menunggu Datangnya 1 Feb 2012

1 February 2012.

Satu hari yang gak pernah gw ramalkan bahwa akan gw tunggu kedatangannya. Gak ada yang istimewa betul dengan tanggal ini. Gak ada perayaan atau kejadian bersejarah dalam hidup gw sehingga beberapa minggu terakhir gw amat sangat menantikan tanggal ini.

Dengan datangnya 1 February 2012, berarti secara resmi gw sudah meninggalkan bulan Januari. Januari 2012 bisa jadi bulan yang sangat menegangkan buat gw. Dan 1 February 2012 ini semakin mengkukuhkan gw bahwa finally I'm FREE! ALHAMDULILLAH.

Sebenarnya secara legalitas, I supposed to be FREE from my company on Friday, 27 January 2012. But actually,  I was officially FREE on Monday, 30 January 2012. Karena walaupun tanggal 27 January 2012 disahkan sebagai hari terakhir gw bekerja di perusahaan, namun gw baru bisa tenang ( read: gaji gw baru dibayar) pada hari Senin. Book, gajian di perusahaan itu setiap tanggal 25 dan gw baru dibayar tanggal 30. Deg-deg an kan ?? Untungnya dibayar setelah gw selesai nemenin Nuke shopping di ThamCit. :p

Alhamdulillah. Makasih banget untuk do'a dan support dari teman-teman sehingga gw bisa melewati hari-hari terakhir di Januari kemarin. Dengan waras.

Special thanks buat @mayialexa yang udah sering gw repotin kalo ada masalah yang berbau-bau hukum. *peluuuk cium Ayieb sampe basah. YOU ARE THE BEST, DARL!*

Melanjuti postingan gw yang ini dan yang sebelumnya, akhirnya gw putuskan untuk menuliskan Drama januari gw di blog ini. Mungkin gak semua cerita tentang gw harus gw umbar ke publik. Gak semua orang pengen tau soal kehidupan pribadi gw. *yah gw cukup tau diri siapa sih gw*. Tapi setidaknya dengan menuliskan drama Januari ini, gw pengen orang lain dapat mendapatkan spirit yang gw alamin.

Bismillah.

Semua drama ini berawal dari My Big Step!  

Alhamdulillah, cuma berselang sebulan setelah gw mulai memikirkannya, akhirnya gw pun berani untuk memutuskan komitmen gw di akhir Desember 2011 kemarin. Dan awalnya gak ada yang tau. Kecuali temen kantor gw yang setiap hari pasti ketemu sama gw.

Gak ada yang tau. Termasuk temen-temen ikrib gw di Genk Racun. 

Sampe suatu Sabtu yang gw lupa itu kapaaan. Gw lagi reuni sama temen-temen SD gw di Kampoeng Bangka, Panglima Polim dan naas nya pas gw lagi jalan ke parkiran mobil di halaman resto, @ini_dhita lagi ngelewatin tuh resto. Dan ofkors, dia melihat penampilan baru gw. Langsung dia BBMin gw:

Ini_dhita : " Hah ??!?!?"
Ini_dhita : " Ndah, Loe berjilbab ?!?!?"

Dan tentu saja selaen kami bersepuluh adalah sophaholics, kami juga rada bocor halus. Well, itu gak berlaku untuk Dhita tentunya. Dia mah embyer bolong bocor. *Pisss, Dhit. LOL*. Berita kayak gini cencu saja gak mungkin bangeeeet gak diteruskan ke BBG Genk racun :

Intinya Dhita bilang gini di BBG : Gw ketemu Indah. Dia berjilbab lho sekarang. hayo jangan gak ngaku loe, Ndah. Jelas-jelas gw liat Hani di sebelah loe. Mobil loe S***s silver kan ? .

Dan plus bumbu-bumbu yang bikin efek dramatis dong tentunya. Genk Racun teaa gitu loh. hahaha

Dhita : " Isssh...Indah auranya secantik sama Rianti Cartwright di Ayat-ayat Cinta deh bercadar deh kayaknya "

Matek! 

Dan @Firahmimihana yang lugu itu langsung percaya. Untung selain @ainaira, masih ada anggota Genk Racun lain yang cukup cerdas.

Nuke : " Kayaknya gak mungkin deh Indah bercadar, Dhit. Kata loe, loe liat dia pake jilbab pink. Biasanya yang bercadar itu pake warna netral, misal hitam. Kayaknya gak pernah liat orang bercadar pake warna pink sih, setau gw..."

Hiuuuff...saved by Nuke kali ini.

Iti, sohib gw yang celebs itu sempat protes kenapa gw terkesan menutupi. Sekarang gw udah tobat dan memilih menutup aurat, Ti. Hahaha...Tapi beneran kok, gw gak menutup-nutupi keputusan yang gw ambil ini.

Gw hanya memilih untuk tidak mengumumkannya ke social media secara formil bahwa finally I've made the BIG STEP at the first day I became The real Sholehah. LOL. Itu aja kok. Karena menurut gw keputusan yang gw ambil ini adalah private. Private karena ini murni komitmen gw dengan Sang Khalik.Pemikiran gw saat itu, sama seperti kita melakukan ibadah yang lain, kita juga gak memberitahukannya ke orang lain kan ?

Lah ? terus kenapa akhirnya gw nulis juga soal ini. Selain semakin banyak juga temen gw yang tahu (pleus pastinya pada embyer juga ke orang-orang LOL), yaaah karena gw harus menceritakan ini sebelum gw share mengenai drama Januari. Yup, BIG STEP inilah yang memicu ketegangan dan menguji keimanan gw. 

Alhamdulillah, gw bersyukur banget bahwa banyak hikmah yang gw dapet dari ujian mengenakan hijab ini. Allah sungguh sayang kepada gw. Tidak hanya ujian yang DIA berikan, tapi juga solusi. Alhamdulillah ya Allah.

Big Step kali ini bukan main-main. Bukan komitmen biasa. Karena gw tidak sedang membuat komitmen dengan atasan, CEO, Dengan Operation Director, presiden, jendral ato manusia lain apalagi makhluk ghaib *hiyyy!!*. Gw membuat komitmen dengan Penguasa Hidup dan Mati gw, Allah SWT.

Saat gw untuk memutuskan hal ini :
Bukan karena ikut-ikutan Genk Racun biar bisa belanja bareng
Bukan karena terobsesi dengan Mbak Siti Juwariyah *well, walopun gw ngepens berat dengan fashion style nya*
Bukan karena gw udah jadi emak-emak *karena malu dong kalo gak berjilbab! Alhamdulillah, bukan itu alasannya*
Bukan karena ngikutin trend saat ini,
Bukan karena diminta oleh suami,

Karena terinspirasi dari seorang teman.

Dia meminta gw menuliskan resolusi gw tahun 2012. Dan dia mencontohkan gw resolusi karir, resolusi sosial, juga resolusi religi. DEG ! Saat itulah gw tersentak! Selama ini gw hanya fokus terhadap resolusi duniawi. Tapi gimana dengan resolusi keimanan gw.

Saat itulah gw memutuskan bahwa resolusi 2012 gw harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan gw. Tapi bagaimana gw bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan sementara sebagai perempuan muslim, gw belum mematuhi PERINTAH-NYA.

Here I am. Jangan berharap soal JOTD ato make jilbab yang kreatip karena gw yakin masih banyak di luar sana yang lebih kreatip. *GR loe, Ndah! Semua juga udah tau kalo loe gak kreatip!*.
 
Gw juga make jilbab cuma gaya gitu-gitu aja. Gaya Defaultnya Iti. Karena simple dan memudahkan gw kalo make lagi setelah wudhu. LOL.

Sampe gara-gara kasus drama yang akan gw ceritain di postingan berikutnya, ada yang komen gini ke gw : " Abwesh, jilbab loe kuno gitu. Gak gaya kayak orang-orang"
Biarin dianggap kuno, biarlah gak gaya. Karena sebagai pemula, gw mengusahakan untuk :
- Hanya membiarkan telapak tangan dan wajah gw yang tidak tertutup. Artinya, gw menutup leher, telinga dan tangan. Jadi kalo gw disuruh mengikuti gaya jilbab so-called keren tapi masih memperlihatkan leher dan telinga, gw memilih mundur teratur.
- Mengenakan tangan panjang. Gw memilih sambung pake manset tangan sox gallery jika memang lengan kemeja / kaos yang gw pake hanya 7/8. Biarin deh dibilang gak keren.
- Mengenakan kaos kaki
- Sebisa mungkin untuk berwudhu di kamar mandi, gak di tempat wudhu umum kecuali tempat wudhu khusus wanita.
 
Tentunya gw masih jauuuh banget dari syar'i seperti yang pernah ngehiitz di blog waktu itu.Karena gw masih pake legging untuk dress sebetis. Masih pake skinny jeans untuk atasan selutut. Tapi setidaknya gw sedang belajar. Semuanya butuh proses toh ? Jangan dipatahin dong semangat orang yang lagi belajar untuk menjadi orang yang lebih baik...*mengiba*

Dengan berhijab ini, gw tidak serta merta langsung menjadi wanita sholehah yang sempurna. Gak ada yang bisa menilai taraf keimanan seseorang kecuali Allah. Gw hanya ingin mewujudkan resolusi keimanan gw. Dan semoga menjadi hamba yang semakin hari semakin baik keimanannya dan semakin disayang Allah SWT. Amin. Itu aja.

Hiuufff....dengan menguak Big step ini, maka gw bisa melanjutkan cerita berikutnya. Semoga ada hikmah yang bisa dipetik.


#menulis dengan memanfaatkan fasilitas free WIFI dari suatu kamar hotel di daerah Prawirotaman, Yogya.
Yes, I'm on holidays.
After what I've been thorough during January 2012, I guess I deserve a getaway !
#siap-siap tutup laptop karena mau ngesot ke Ministry of coffee deket hotel.

25 comments:

  1. *gwmaupelukindaherat2duluaaah* Barokalloh yaa ukhti, smg istiqomah n sll dimudahkan sgala urusannya yaaa..

    btw fotonya dunk kakak..aku ingin mlihat pnampakan dirimu dgn jilbab :)

    *hugsslagii*

    ReplyDelete
  2. Aduhh nama gw disebut2 di blog seleb *blushing*

    Pshl awalnya gw mau dikibulin lg tuh, hrs pake ancaman baru ngaku
    Huh! Kali ini gw lbh pinter ndah :p

    ReplyDelete
  3. Salaaam sister! :)

    itssss kereeeeennnn Indaaaah!
    terlepas dari soal tren ga ngetren, hijab itu bisa menjadi awal baru yg lebih baik dlm hidup kita. gwe jadi inget jaman dulu gwe berjilbab pake-lepas-pake-lepas mulu krn labil. baru juga pake kudung tapi udah diceramahin segambrong sampe gwe panik dan lari kebirit-birit. InsyaAllah gwe ga mau seperti itu ke org lain. Mudah-mudahan kita bisa istiqomah ya seterusnya.

    *yah ampun syempet2nya mo bobo gwe baca blog lu dulu ndah. tengah malem :p*

    ReplyDelete
  4. Subhanallah, *peluk* gw berkaca2 bacanyaaa..
    Emang seharusnya begitu ya ndah.. Gmn bs meningkatkan kl kita blm mengikuti perintahNya..
    Itu juga satu hal yg bikin gw memutuskan berhijab..

    Insya allah barokah ya ndah.. Jd skr beneran bs kibas jilbab beneran dong ya.. Hi hi..

    Btw potoooo dooong

    ReplyDelete
  5. indah... that's a very big step!! congratulations for you!! im so happy for your decision. :)

    ReplyDelete
  6. selamat mb.. Smoga tambah barokah yah..

    ReplyDelete
  7. semoga istikomah.. =)

    yang belum berjilbab belum tentu keimananya lebih dari yang berjilbab,dan
    yang berjilbab tapi tetep pake yang ketat belum tentu juga lebih beriman dari yang pake longgar2,
    serahkan semua pada Sang Maha Penilai

    ReplyDelete
  8. @ UmNad,Uni Riani
    makasih ya. Amin atas do'anya. Foto ? nanti deh kalo eike pejeng foto-foto liburan. hahaha...

    @ Dhita,
    Alhamdulillah. Loe akhirnya bisa selese juga magang. Jangan kayak temen kita si selebs satu itu ya. Gak lulus-lulus magangnya #bukanloekok,Ti..hahaha...

    @ Indah,
    Amin.semoga dengan begini, petakilan dan pecicilan gw juga berkurang. *rada susye sih*

    @ Arman,
    makasih dukungannya ya.

    @ Ilmi,
    Makasiih.

    @ Mrs. Makhful
    Iya Mbak hanya Allah yang berhak menilai keimanan seseorang. Makasih ya, Mbak.

    ReplyDelete
  9. Indaaah selamat yaaa.. Rada terharu biru baca postingan loe. Semoga bisa istiqomah yaa.. Amiin :) *pelukpeluk*
    Btw, itu ministry of coffee di daerah mana di Jogja sih? Gw terakhir kesana kok gak nemu2.. *maapsedikitOOT* :P

    ReplyDelete
  10. bener2 big step mb... Congratz ya mb.. mg2 dilancarkan semuanya..

    ReplyDelete
  11. @ Anggi,
    Makasih ya. Berarti gw gak usah malu2 pesen twotone scarf loe dong. Mauu dong. Tag'in duluan. Ministry of Coffee di daerah Prawirotaman,Nggi. Belakang Taman Sari sono.

    @ Anggie (pake e),
    Makasih Mama Athar.

    ReplyDelete
  12. Keren ndah! Selamat yaaa...happy for you too ^_^

    Mau dong fotonyaaa...hehehehe...

    Keren gak keren, modis gak modis, yang paling penting adalah komitmennya kan ;)

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah...akhirnya go public, jadi beban gw untuk jaga rahasiya public figure ilang juga.
    Jadi gw bisa dapat sertifikat detektif kan..kan??
    Semoga istiqomah ya Ndah.....*peluk*

    ReplyDelete
  14. sumpah mom, mrinding aku bacanya, dan gak mengira bakalan secepat ini,
    smga istiqomah ya :)

    ReplyDelete
  15. Tuh kan apa emak kinan bilang, nggak ada plan liburan tahu tahu dah ngesot eh maksudnya ngesot ke yogya..:) selamat belanja batik yah mbak..selamat ajak kak athia ke Taman pintar..:)
    bahasa yang ini yang bikin saya kangen "Matek" hehehe...kasar tapi halus daripada pake kata kata "Ma*p*S" hehehe..
    Alhamdulilah...akhirnya...welcome to the club..walah walah..
    saya juga masih belajar mbak, saya masih pake manset...karena apa stock baju lengan panjang saya cuman dikit...daripada budget membengkak untuk belanja baju lengan panjang, mending pelan pelan...yang pengting niat, kita LILahi ta'alla karena Allah, saya sejak kecelakaan itu sering mikir, apa yg saya tunggu, saya telah tahu banyak hukumnya dari baca baca dan dari ustad ...tapi apa yang saya tunggu, padahal maut bisa mengintai kapan saja, kayak kejadian kecelakaan saya waktu juni itu, lalu saya pikirkan lama sampai akhirnya bismillah ya allah niat untuk menjalankan kewajiban saya,
    semoga istiqomah mbak..
    saling doa mendoakan..
    bismilah semoga kehidupan kita lebih baik dalam segala hal...
    menunggu cerita kelanjutan dramanya..*btw mbak kalo kita diuji allah dengan Drama itu insyallah berarti Allah sayang ma kita, biar kita lebih banyak bermohon dan juga mencari hikmah dibalik ini semua..
    *waduh sorry deh kepanjangan dan jadinya nyaingin mama dedeh...maaf yah...
    happy holiday..:)

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillaaaah, keep istiqomah ya ndaaah..mudah2an aku bisa segera menyusuuuuuullll. Ditunggu foto2 berhijabnya :D

    ReplyDelete
  17. mba indah.... beneran aku sampai merinding bacanya... ga bisa ngomong apa2... barokillah semoga istiqomah yaa....

    ReplyDelete
  18. Mbak Indahhhhh..

    Selamat ya.. smg barakah selalu.. *peluk
    gak sabar nih pingin segera kopdaran...

    met liburan yach ....

    ReplyDelete
  19. Bacanya sampe bikin mo mewek, walau gak tau drama januari-nya apah. Tapi emang, spiritnya kerasa.. Kalo kita udah kesenggol hidayah, rasanya gak kuasa menolak *ceileeehh..*

    Selamat ya jeng :)

    ReplyDelete
  20. Subhanallah... :D Ikut seneng dengernya. Ehm, belon pernah ketemu sih mbak. Jd gak bisa bedain kalo kita tiba2 ketemu di Kepik. Hahaha.

    ReplyDelete
  21. JEMPOL!!! salam legging totol2 dan renda,, eh itu gue deng :p barakallah indah,, insya allah tetep ngebuat lo jadi rendah hati yah dengan berhijab :)

    ReplyDelete
  22. @ Allisa,
    Makasih ya, Saaay.

    @ Astie,
    Makasih udah jaga rahasia gw selama ini. hahaha...

    @ Tika, Mitha
    Makasih ya udah mau ketemuan semalam.

    @ Dian,
    Dido'akeun supaya cepat menyusul.

    @ Mama Kinan,
    Makasih. Iya mungkin kita udah dapet hidayah kali, Mbak.

    @ Nuri,
    Iya..kalo udah dapat hidayah dari Yang Maha Kuasa, siapa yang sanggup menolak . :p

    @ Mbak retma,
    Iyaa...padahal pas pentas seni aku datang juga lho.

    @ Ennul,
    Salam joged legging totol2 dan renda berbulu merah. Hahaha..langsung kita dikecam karena seksoy. Amin. Semoga menjadi orang yang lebih baik.

    ReplyDelete
  23. Ntar dulu, lo kan bilang pake gaya default gue kan ya.. trus ada yang bilang gaya jilbab lo kuno gitu? jadi gaya default gue kuno?? gitu?? siapa yang bilang gitu siapaaaa hah hah haaaahhhh *lempar bantex *lg emosi kerjaan gue ditambahin

    ReplyDelete
  24. alhamdulillahhh...*gw spechless tapi seneng banget bacanya* insya allah akan selalu dimudahkan ya makkk *hugsss*

    ReplyDelete
  25. Maaaaam, duh saya tahunya mam Indah berjilbab justru dari blognya mbak Estika waktu mam indah kopdar di Jogja.Ah di foto itu mam indah makin cantik, makin cute wajahnya dibalut jilbab. Semoga istiqomah ya mam (buat saya jugaaa...) *niruin kata2 mam lain saat mengetahui saya udah berjilbab :D

    ReplyDelete