4.04.2011

The Best Surprise Party Planner In Town

Jauh sebelum tanggal 1 April, jauh sebelum adanya peringatan yang menimpa keluarga gw, gw udah mulai mencari inspirasi untuk merayakan ulang tahun Ganesh yang kedua. Tentunya dimulai dari Sweet Butterfly Party nya ZK yang kemudian menjadi trendsetter bagi sejuta umat emak-emak lain untuk pada rame-rame bikin dessert table untuk acara apapun buat anaknya tercinta.

Dan munafik banget kalo gw bilang Iti gak menginspirasi gw untuk melakukan hal yang sama. Yaaah walopun gw cukup tahu diri bahwa taste of art dan kreativitas gw gakkan se-detail temen se-genk gw yang sangat-amat-perfeksionist-banget-sekali itu. *piss, Ti nyehehehe*

Tapi untuk proposal gw untuk merayakan ulang tahun Ganesh bersama temen-temen dan keluarga tidak disetujui sama Hani. Alasannya " Mom, Ganesh itu anak cowok lho. Masa anak cowok diajarin pesta-pesta begini dari kecil sama Mommy nya sih...". No offense ya, tapi emang suami gw rada konservatif ,mungkin karena sedari kecil gak ada tradisi merayakan ulang tahun di keluarganya.  

Gw masih ngeles " Yaaah...tapi ini kan ulang tahunnya Ganesh. Gw pengen kasih sesuatu yang istimewa buat dia di hari specialnya bla bla bla"
Puluhan bahkan kalo perlu Sejuta alasan coba gw kemukakan supaya Hani kasih stempel " APRROVED" ke jidat proposal gw.

Hani : " Masih banyak cara lain untuk merayakan ulang tahun Ganesh, Mom. Coba tanyain dirimu sendiri, Sebenarnya dirimu pengen nyenengin Ganesh apa cuma pengen ikut-ikutan temen-temenmu bikin dessert table?"
JLEB! SKAK MAT! Aaah he knows me so well ternyata ! *nutup muka*

Yah dengan hati masih belum ikhlas 100% namun terpaksa ikutin kemauan suami, kadung malu karena alasannya ketauan, gw pun mencari inspirasi lain untuk merayakan ulang tahun Ganesh. Dan inspirasi itu datang juga dari temen genk gw yang lain, Dhira Bunda Zua.

Abang Zua ini merayakan ulang tahunnya dengan cara berbagi ke teman-teman yang kurang mampu. Saat gw ajukan plan B ini ke Hani, dia langsung otomatis setuju. Dengan begini, ada makna yang kami ajarkan ke Ganesh dari ulang tahunnya, yaitu makna berbagi yang ingin kami biasakan sedini mungkin.

Gw pun menghilangkan ide party dan ide-ide dessert table yang sejujurnya gak bisa disebut kreatip juga sih dari kepala gw.

Dan persiapan ulang tahun Ganesh ini sangat simple. Kami hanya perlu memesan paket Hoka-Hoka Bento dan goodie bag paket ulangtahun dari Produk Perusahaan Tempat Hani Bekerja . Huuust bukan berarti disponsorin yak. Hanya saja, gw Hani tinggal pesen paket yang mau dipilih, dan udah langsung dikemas. Beres deh; Simple gak pake rempong. Apalagi gw ngerasa saat ini kami belum punya cukup energi untuk rempong masukin Goodie Bag satu-per-satu. **oh Paduka Ratu @MamaYeah dan dayang-dayangnya, tolong jangan rajam diriku karena gak mau belum bisa rempong milihin makanan sehat**

Karena ulang tahun Ganesh yang kedua ini jatuh pada hari Jum'at. Gak ada perayaan apa-apa yang gimana gituh, hanya bangun tidur, gw dan Hani langsung mengucapkan "selamat ulang tahun, Ganesh" disertai membordir anak bujang kami dengan kecupan.

Hari Sabtu, 2 April barulah persiapan ulang tahun Ganesh dimulai. Kami mengantar paket Hoka-Hoka Bento yang udah dianter sedari jam 9.30 pagi dan goodie bag ke salah satu Panti Asuhan di Bekasi Timur. Eh jadi inget dulu, pengajian 4 bulanan waktu hamil Ganesh juga kami lakukan secara sederhana di panti asuhan yang sama juga dengan alasan yang sama.

Kata Hani " kadang bagi sebagian orang, makan HokBen begini ngebosenin karena saking keseringan. Namun belon tentu buat mereka (red: anak-anak yang di panti asuhan ini). Belum tentu bisa sebulan sekali mereka makan HokBen begini. "

Singkat cerita, sepulang dari Panti Asuhan inilah, barulah kami melaju menuju Kemang Village dimana milis tercinta mpasirumahan a.k.a @MamaKokiHandal juga merayakan ulang tahunnya yang ketiga.

Beberapa minggu sebelumnya, Resti udah wanti-wanti supaya gw menyediakan waktu untuk tanggal 2 April bersama Supermoms. Baru beberapa hari yang lalu, Resti mastiin lagi supaya gw datang ke acara ultahnya milis mpasirumahan. Gw jadi inget kedekatan gw dengan mommy di Happy Mommies dulu berawal dari milis mpasirumahan ini lho.

Yah karena Sabtu itu toh gw juga gak ada pemotretan agenda gw juga masih kosong untuk tanggal segitu, gw pun mengiyakan. Gw nyampe Kemang Village kira-kira jam 12.30 siang. Nyampe sono, eeh ternyata Resti nya sendiri belon datang.

Coba celingak-celinguk nyari temen-temen yang mungkin gw kenal di jejeran Bazaar Online shop. *eeh ya ampyun, sok tenar banget gw yak?!*. OMG, barangnya pada lucuk-lucuk menggoda iman. Untungnya anak gw udah gede, jadi dompet selamet deh. Di sana cuma sempet ketemu @alyahzie yang sibuk banget ngelayanin di stand bebe miam. Ck ck ck...laris manis tanjung kimpul ya, Buk. Sempet ketemu @nengdita juga yang ternyata bodynya bikin sirik! Heu heu heu...

Eeeh gak diduga ketemu salah satu genk racun juga @Merylbestari yang dateng bareng anak suaminya. Sementara Meryl ngiderin stand bazaar, gw coba menyelamtkan dompet dengan meneruskan pencarian terhadap @NanaUlie dan @Mayialexa yang kabarnya sudah datang ke TKP.

Gw terus mencari hingga ke lantai atas, tempat berlangsungnya acara seminar GTM yang diselenggarakan milis. Bukannya ketemu yang diharapkan, eh malah ketemu @irrasistible yang teuteup seksoy seperti biasanya lagi jaga pendaptaran. Sempet bercipika-cipiki dengan para Moderator Milis Mpasirumahan : @anggit, @nadraa, @yudithmangiri, @depezahrial yang udah selesai memandu acara seminar, dan @bundazua yang udah menjalankan tugasnya demo masak. Kami pun bersiap-siap turun ke bawah untuk acara tiup lilin mpasirumahan.

Pas turun lagi di bawah itulah gw bertemu dengan @mayialexa yang sedang mendapat 'rejeki' yang udah lama diidamkan **selamat ya, May! Hug! Maap, May, tapi kayaknya ini penting deh untuk gw apdet di blog gw huahaha* dan @melda_audrey yang seperti biasa lagi-lagi sukses bikin gw minder huahaha.

Para moderator milis mpasirumahan sudah bersiap-siap untuk acara tiup lilin dan pemotongan kue. Ganesh lagi cranky banget. Udah dia kayaknya lapar, badannya pun agak sumeng. Emang dini hari nya, dia sempet muntah karena gak tahan sama batuk berdahaknya.

Dan tiba-tiba gw dikagetkan dengan suara MC " Ganesh...Ganesh..." antara percaya gak percaya sih sama kuping gw yang kadang suka bolot inih. Tapi ditegesin lagi dengan " Ganesh dan Kakak Indah" yang memanggil kami untuk bergabung dengan para moderator milis. Dalem ati gw langsung nebak "umm..tuh MC bisa manggil gw dengan kakak Indah pasti deh si Dhira yang embyeeer..." **Piss, Bun!**

Adalah suatu kehormatan lho buat gw dan Ganesh diberi kesempatan untuk tiup lilin ulang tahun, merayakan ulang tahun bareng milis mpasirumahan siang itu. Gimana enggak? Dari sekian banyak anak yang berulang tahun deket-deket sama perayaan HUT Milis Mpasirumahan, tapi kami yang dipanggil untuk tiup lilin bersama. Jadi terharu deh...ummm plues bangga juga sih. **Embyeeer, emang sebetulnya gw ini super GR binti Lebay sih ! Ngaku sebelum dicela di BBG yang ituuh**

Sayangnya Ganesh dan Mommy nya gak bisa mejeng terlalu lama soalnya Ganesh cranky banget. Dan ternyataaaaa...bukan cuma itu kejutan yang kami terima siang itu. Temen-temen gw di Supermoms Indonesia, @NanaUlie, @resti0510, @mayialexa, @emakayska, @risnaps, @richieshan @melda_audrey, @astie92 dan @bundazua yang hadir di acara siang itu juga diam-diam udah menyiapkan Suprise Party buat Ganesh yang gak kalah bikin gw terharu.

Tiba-tiba gw, Hani, Ganesh sudah disiapkan Birthday Cake dari Dapur Cokelat beserta lilin angka 2. Dan teman-teman kami, gak hanya teman-temen Supermoms Indonesia tapi yang lain juga segera mengelilingi kami dengan menyanyikan lagu "Selamat ulang tahun" "Happy Birthday to you". Gw sungguh speechless....Gak sadar betapa mereka bisa merencakan pesta kejutan ini dengan diam-diam tanpa gw bisa endus. *apa naluri detektip gw mulai tumpul?*

Dan menerima ucapan selamat satu per satu dari teman-teman gw yang...luarbiasa perhatiannya ke Ganesh. Gw sungguh gak tau harus ngomong apa untuk mengutarakan perasaan gw saat itu.

Dan yang bikin gw tambah spechless lagi, mereka sudah menyiapkan goodie bag berupa cookies alfabeth dengan nama "Ganesh", UHT mimi cokelat dan cupcake dengan tulisan " Ganesha 2nd birthday". Dan goodie bag ini dibagikan ke teman-teman Ganesh yang lain....Ya Allah, gw bener-bener gak tau harus bilang apa. Cuma bisa memeluk kalian semua dengan erat *jika kalian baca postingan gw* 

Mendadak, gw sangat bersyukur bahwa gw memilih untuk mengikuti saran Hani. Karena dengan begitu, ada tiga makna yang bisa kami ajarkan ke Ganesh dari perayaan ulang tahunnya yang kedua ini :
1. Ganesh bisa belajar berbagi dengan anak-anak yang kurang beruntung. Supaya dia bisa terus belajar untuk mensyukuri apa yang dia punya.

2. Bahwa saat kita memberikan kebahagiaan kepada orang lain dengan tulus dan ikhlas, percaya lah bahwa Allah pasti membalasnya dengan berlipat-lipat. Dan secepat itu kami sudah menerima balasannya. Alhamdulillah Ya Allah...

3. Mengajarkan kepada Ganesh betapa nikmatnya arti sebuah pertemanan yang tulus...karena apa yang dialami Ganesh siang itu didasarkan oleh rasa cinta , perhatian dan kasih sayang dari teman-teman kami...

Dengan ini gw nobatkan teman-teman gw di Supermoms Indonesia juga teman-teman yang udah kerja keras berpartisipasi nyiapin suprise party Ganesh kemarin sebagai THE BEST SURPRISE PARTY PLANNER IN TOWN!
Bersama The Party Planner walopun gak komplit

Bukan harga jasanya yang gw nilai, bukan idenya yang spectacular, tapi karena mereka melakukannya, karena mereka bekerja dengan HATI! HATI yang tulus itu yang gw baca dari semua wajah teman-teman gw siang itu. Dan itu yang menurut gw bisa sangat mahal banget harganya!

Sampe Hani juga terharu " Ya ampun temen-temenmu itu baik-baik banget sih, Mom. Dan keliatan banget dari wajah mereka tuh kalo mereka tuh tulus banget lho, Mom..."

Dan satu hal yang gw syukuri, dengan menjadi diri gw yang sebenarnya *seperti komen Mbak Allisa di postingan sebelumnya*, gw tetap bisa kok memiliki teman-teman yang luar biasa perhatian dan baik.

Gak hanya di Supermoms Indonesia, gak hanya temen-temen di Milis Mpasirumahan, gak hanya Genk Racun *nyindir kado Ganesh aah sekalian nyehehe*, tapi Alhamdulillah dikelilingi hampir semua temen-temen di twitter, di blog yang bisa dibilang merupakan orang-orang yang baik dan perhatian banget.

Walopun perayaan Ganesh gak spektakular gimana gituh, tapi setidaknya bisa memberikan 3 makna tadi untuk ulang tahun Ganesha yang kedua sudah cukup buat gw. Bukankah emang kita mengharapkan adanya makna dalam setiap yang kita lakuin ? *Ehm...sok kayak Filasuf lulusan STF Driyarkara padahal hanya menghibur hati karena awalnya gak dibolehin bikin birthday party*

Membuat gw semakin 'ngaca' bahwa hidup gw Alhamdulillah tidak kekurangan, walopun juga gak bisa dikategorikan 'berlebihan'. Yaaah biasa-biasa saja lah.

Tapi setidaknya gw juga semakin menyadari bahwa begitu banyak orang yang sayang sama gw dan Ganesh, membuat gw untuk harus terus bersujud syukur. Karena gak semua orang bisa mengalami pengalaman seperti ini...

Dan Alhamdulillah Ya Allah, Engkau telah memilih kami untuk mengalami nikmat seperti ini...

16 comments:

  1. Huaaaa senangnyaaaa.. keren bgt supermomsid, surprise party itu lebih keren dari party apapun.. terharu deh bacanya :')

    Seumur2 gue ga pernah dikasih surprise party, oh wait.. mgkn karena aku bikin party terus.. hahaha.. (psstt indah, gue jg bilangnya ama ican "cuma makan2 kecil dirumah" karena kalo blg party pasti jidatnya langsung merengut, hahaha)

    Happy bday again ya ganesh, soleh, pinter, berbakti ama ortu bang negara dan agama.. amin amin..

    ReplyDelete
  2. @ Iti,
    Tenang gw sama partner detektip gw udah nyiapin surprise party kok buat loe. Tapi ada term & conditionnya kata Aini: Loe harus lulus probation di kantor detektip duluk. Nyehehehe...

    Hani udah apal mati kelakuan gw, Ti. Makanya boong dikit aja dia udah tau. Apa karena Hani takutnya kalo gw ngadain party malah bikin malu dia ya ? Soalnya loe tau kan bakat gw bukan di kreatipitas tapi di seni investigasi. nyehehehe

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah....seneng deh baca kisahnya Ndah. Mommy Indah and Ganesh banyak disayang.... :).

    Sebenernya kemarin pengen bangeet deh ke acara MKH, kangeeen sama temen2. Tapiii..."kondisi" aku belum memumgkinkan. Masih pelan-pelan Ndah... :(.


    Semoga Allah memberikan keberkahan selalu untukmu dan keluarga kecilmu ya Ndah...Amiin Allahumma Amiin.:)

    ReplyDelete
  4. @ Sari,
    Aah Dirimu kemana saja sih ? kangen Haidar sama Mas Aat! Lho?? Huahaha...

    Amin, Sar. Cepetan kumpul bocah lagi sama kami yaaa.

    ReplyDelete
  5. Oalaaahhh...Ganesh berulang tahun to mbak??

    Selamat ulang tahun ya Ganesh, bang Raja belom bisa kado apa-apa nih, kecuali doa semoga Ganesh selalu berada dalam lindungan Tuhan dan diberkati di sepanjang jalan hidupmu ya sayang..

    Salam dari bang Raja yang belom pernah ketemu sama Ganesh, tapi siapa tau kalian malah ketemu pas kuliah di LN nanti..xixixixi...

    Saya ikut terharu bacanya, mbak... Saya setuju banget, perayaan ultah anak memang sebaiknya yang bisa memberikan makna untuk anak dan saya ikut seneeeeng baca soal surprise party dari temen2 mbak, punya teman2 yang perhatian seperti itu adalah harta yang tak ternilai.. Salam juga buat temen2nya ya mbak *sok akrab, padahal gak ada yang saya kenal..hihihihi*

    ReplyDelete
  6. @ Mbak Allisa,
    Makasih Raja. Amin do'anya. Jangan salah lhoo, do'a yang tulus itu termasuk kado yang diharapkan juga...nyehehehe...

    Mbak gak kenal mereka, tapi mereka semua kenal Mama Raja lhooo...

    ReplyDelete
  7. Ah...mom Indah emang selalu bisa bikin tulisan yang menyentuh dan penuh makna. Bahagianya dikelilingi sahabat yang baik dan tulus ya mam. Happy Birthday Ganesh. Semoga selalu sehat dan jadi anak sholeh. Amin :-)

    ReplyDelete
  8. Met ultah ya cah ganteng,...

    yah, nyesel gw ga dateng kmrin sabtu mak,...si kecil di perut ini ngajakin emaknya molor seharian alias mabok berat :D


    Mudah2an lain kali ketemu Fadly ya Ganesh ...

    ReplyDelete
  9. ehhmmm lezat banget kayanya...

    Indahnya persahabatan..happy birthday Ganesh=)

    ReplyDelete
  10. Haduh telat mampir ke blog Mom Ganesh, "Happy Birthday buat Kakak Ganesh" yang ke 2, semoga kelak jadi anak yang berbakti sama Orangtua,berguna bagi nusa dan bangsa * amien
    Maaf telat 6 hari mengucapkannya,nggak sempat BW gara gara prepare audit,Hmm...nice posting, terharu bacanya :) ini yang saya suka tiap BW ketempat mbak indah, ada sentuhan selalu kena buat saya. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  11. Waa telat banget!!

    Ganesh selamat ulangtahun ya jagoan. Be the best for your parets, oh tante yakin sudah, karna sempet baca kl mommy sayang ganesh apa adanya. Ya gak mom? ;)

    Jadi anak sholeh, sehat selalu dan makin pinter ya ganesha *highfives from zikra dan fatha* :)

    *kebayang senengnya dapet surprised party* :)

    ReplyDelete
  12. @ BunDit,
    Aah BunDit bisa aja *merona padahal hari ini gak pake blush on gara-gara pecah dibanting Ganesh*
    Amin. makasih do'anya ya, Bun.

    @ Mak Sally,
    makasih Mak Sally dan abang Fadly yang ganteng. Mak, dirimu gak jadi datang Sabtu nanti ya ?

    @ Ires,
    Iya sayang Khal gak dateng ke acara MKH. Padahal goodie bagnya masih sisa banyak lho.

    @ Mama Kinan,
    Hahahaha...belum telat kok, Mbak. Wong baru 1 April kemarin ultahnya. Sama kayak aku, kalo mau audit biasanya sibuk. heu heu heu...Makasih ya do'anya.

    @ Mbak Evy,
    gak telat kok, Mbak. Semua anak kita adalah yang terbaik untuk kita ya kan.
    Amin amin YRA. Makasih Bunda Zikra dan Fatha.

    ReplyDelete
  13. happy birthday Ganesh,insya Allah berkah,menjd anak sholeh,tetep sehat,tambah pinter yaa...salam dr Kei yaa..salam kenal jg y mbIndah :)

    ReplyDelete
  14. Kenapa sih dirikyu juga disebut dgn embel2 seksoy? Mbok ya sekali-sekali dibilang solehah gitu *kibas rambut*

    Gue ikutan seneng banget Ndah bisa ikutan surprise party-nya. Sempet kaget juga pas Nana minta tolong ngumpetin kue di kolong meja registrasi, which turned out, kue itu buat Ganesh. So sweet deh :)

    ReplyDelete
  15. @ Mama Kei,
    Amin. makasih do'anya...
    Salam kenal juga yaa///

    @ Mbak Ira,
    Jurnalis pujaan gw...ternyata titipan Dapur Cokelat Nana itu buat Ganesh ya ? gw pikir buat MHK...Makasih ya, Jeung Ira udah ikut berpartisipasi dalam surprise partynya

    ReplyDelete
  16. *cups*
    kalo emaknya atha gak baik hati mana mungkin disayang orang-orang sampe segitunya, ya kaaan!
    Ultah atha udah dirancang sedemikian rupa seperti menyusun misi rahasia serangan Amerika ke Irak!

    Hebat Indah, sangat sangat kagum kamu masih aja memikirkan orang lain disaat kamupun bukan dalam keadaan yang "enteng"
    Semiga Allah memberi atha hati yang lapang dan tangguh seperti mommy-nya yang suka pake aqua eyes :p

    ReplyDelete