1.13.2011

Tipe Pembaca Versi Saya

Good Morning, everyone.
Beberapa hari belakangan ini gw selalu jadi orang pertama yang meyetorkan jempol ke mesin absen di ruangan Engineering sejak suami gw tercinta memutuskan kami berangkat setengah jam lebih awal. Tapi efeknya gw nyampe kantor jadi 1 jam lebih awal.

Kangen pengen ngeblog tapi gak tau pengen cerita apa. Akhir-akhir ini gw juga jarang blogwalking karena sibuk. Sibuk nyari hotel di daerah Kuta-Seminyak untuk Mei nanti maksudnya. *hihihi*

Tapi satu hal yang akhirnya membuat gw semakin mengerti tentang kehidupan dunia maya. Ada beberapa tipe pembaca blog yang berkeliaran out there.


1. Pembaca setia yang emang demen sama blog kita
Mereka adalah orang mampir ke blog kita karena terinspirasi *prikitiew* dengan tulisan kita, merasa mendapatkan sesuatu dari blog kita, suka aja baca cerita kita dan  merasa apa yang diceritain sama kita itu 'eh, itu kan gw banget!' ato "Wow, it's so me pisaaan".

Well, I do this one many times! Begitu menemukan blog yang memiliki soul yang sama, biasanya gw akan sering berkunjung dan menanti dengan penapsaran postingan terbaru dari blog ini.

2. Pembaca yang antipati dengan blog kita
Buang jaoh-jaoh impian bahwa they are your big fans!
Karena sebenarnya mereka ini gak suka sama blog kita. Yeah yeah yeah, teorinya seperti dalam jargon para blogger " Kalo Anda gak berkenan dengan apa yang saya tulis, silahkan close out the window, sebaiknya Anda baca blog lain yang bisa memuaskan Anda". Tapi O'O ternyata ke-kepo-an manusia gak bisa sesederhana itu.

Apapun alasannya : kita mau bilang mereka sirik dengan indahnya kehidupan kita, mereka juga bilang kita terlalu lebay. Whatever intinya emang kalo udah dasarnya udah gak demen, ya gak demen aja.

Belajarlah untuk memahami bahwa kadang gak perlu alasan kenapa orang gak demen sama seseorang. Pokoknya gak demen aja! Period.

Nah yang antipati ini pun ada dua tipe. Ada tipe yang langsung mencurahkan energi negative yang terpendam selama ini dengan menulis hate-comment di box komennya.

Tapi ada juga tipe yang sebenarnya juga gak demen, mampir ke blog hanya pengen up date what's going on with us aja. Intinya " ada drama apa lagi sih!". Mereka ini gakkan meningalkan komen di blog kita, tapi belive me, mereka akan kasak-kusuk menjadikan kita sebagai salah satu bahan pergosipan. Do we know them ? Ofkors tidak...

Persamaannya : mereka ini gakkan bisa dilarang untuk tidak kembali recokin blog kita. Gak demen tapi teuteup nyediain waktu buat baca blog kita...huahaha

Honestly, I did this once! Or maybe twice ! Ok, not twice, but sometimes! Mungkin gw juga bisa dikategorikan termasuk pembaca nomer dua ini sih. *pengakuan dosa*. Well, gw gak sampe psikopat ninggalin komen pake anonym ato nama samaran sih.

Maksud gw sebenarnya pada intinya gw tidak merasakan soul yang sama dengan blogger ini, jadi kalo dalam keadaan waras normal gw akan males melipir baca ke situ. 

Tapi kadang kalo lagi pas kepo, bete butuh drama, apalagi kalo udah nyebar bisikan-bisikan, yah gw mampir baca juga karena kepo tadi.

I know, I know, pasti pada mau bilang " Lagian kalo loe gak suka, ngapain iseng pake baca sih".
Tapi maapkan resistansi gw terhadap kekepoan ini mungkin gak sebesar yang dimiliki kalian. Tapi yakin nih apa kalian juga gak begitu ? Seriously gak? No offense, hanya bertanya kooook. Nyehehe...

3. Pembaca yang mampir by accident ke tempat kita
Mungkin dia lagi nanya apa gitu sama Uncle Google, eh malah direkomendasiin untuk mencarinya di blog kita.

Again, I did it too! Dan kalo emang pas baca, gw demen sama blog ini, maka gw pun akan berubah menjadi status pembaca no. 1.

4. Pembaca yang menumpang popularitas
Well, kalo ini sih yang jelas gak mungkin ada di blog gw. Kalopun iya, berarti beliau salah tempat. Wong gw bukan celeb-blog, apa yang mau ditumpangi di sini. *hihihi*

Eh tapi mungkin gw juga pembaca yang model begini nih. Gw kan sering numpang populer di blog Meryl Bestari. Secara dia seller skala nasional bukan? *wink*

Tapi jangan merusak pikiran kita termasuk pembaca tipe nomer berapa, karena tipe pembaca nomer berapapun anggep aja kita sudah ikut berpartisipasi dalam menggalakkan program nasional : Mari Membaca !. Yah itu termasuk udah membaca tulisan saya yang gak penting banget pagi ini. Huahaha...

Setidaknya mari kita mencoba melihat segala sesuatu dari sisi positive nya dan kehidupan ini akan jauh lebih berasa indaaah.

Happy Thursday, everyone! Now It's time for me to work!

14 comments:

  1. berasa ada di semua tipe *labil* :D

    ReplyDelete
  2. @ UmNad,
    Aaah ternyata aku tak sendiri. Hiuufff...

    ReplyDelete
  3. Wah, Kakak Indah, ketauan deh kalo saya sering buka-buka blog-nya Kakak karena poin nomor 1 dan 4. Ngefans banget sih sama Kakak. Tandatangannya doonngg! *mata berbinar-binar

    ReplyDelete
  4. No.1 pembaca setia, hmm..saya sih penginnya jd pembaca setia blog temen yang sering mampir dan memberi komen ke blog saya, tapi kadang terkendala waktu. Egoisnya saya, kalau punya wkt mepet mending update blog dulu br blogwalking hehehe. Kalau no.2, sy gak ada lah yang antipati sama suatu blog. Kalau yg antipati sama blog saya gak tahu ya hehehe. Kali aja buanyak. Selama ini belum ada sih yang yg ninggalin komen negatif, paling banter komen yang gak nyambung sama isi postingan jd ketahuan gak baca tulisan saya hahaha.

    Kalau no.3 pasti semua pernah ngalamin accident nyasar ke blog yg sblmnya belum kenal. Kalau yg nyasar ke blog saya, menurut pengakuan yg meninggalkan komen, lumayan banyak hahaha GR! Paling banyak2 gara2 cr info MPASI sama persiapan melahirkan :D

    Naah, kalau numpang popularitas, wah saya sendiri gak pernah sdktpun pengin populer. Populer itu gak enak lho...hahaha kayak pernah merasakan populer aja.

    Intinya sih, saya suka baca blog temen2. Masing2 punya gaya menulis yang unik dan temanya pun beragam. Sayangnya ya itu, kadang masalahnya di waktu sih.

    Sooo..happy blogging!! *maaf mom, komennya puanjang banget * :D

    ReplyDelete
  5. kekekekek....tulisan yang lucu tapi mengena lho, mbak...

    Kalo aku siihhh mayoritas ada di nomor 1 dan nomor 3. Kalo nomor 2 jarang, soalnya tiap kali nemu blog yang gak sreg sama isinya biasanya gak akan balik-balik ke situ lagi. Kalo nomor 4..hummm...yang ini agak bingung dah. Sebenarnya sih ninggalin komen di blog temen karena memang pengen ngasih komen dan karena memang ada yang perlu dikomentarin dari tulisan temen itu, nah kalo pas gara-gara komen itu ada pengunjung baru di blog ku, itu sih judulnya rejeki yang diharapkan...hiyakakakakak

    ReplyDelete
  6. mmm, aku book yang no.2 ya
    soalnya mommy Ganesh bisa sering2 liburan, trus punya plan yg oke, punya teman2 yg asyik..
    hiks...
    eh, ini ngiri namanya yak...

    ReplyDelete
  7. @ BunDit,
    Ehm, tanpa BunDit sadari, sebenarnya BunDit sangat popular lho di dunia maya. Heu heu heu..data kok yang membuktikan. *ketauan orang pabrikan banget ya kita,speak by data*
    Bener kata BunDit, dulu aku nemu Blog BunDit juga karena googling MPASI. Dan karena merasa sehati dan punya soul yang sama, jadinya pembaca setia blog BunDit. Apalagi banyak hal yang bisa aku dapetin di blog BunDit.

    ReplyDelete
  8. @ Mbak Allisa,
    Kayaknya kalo aku abis ninggalin komen di blog Mbak Allisa, langsung nge-hits lho pengunjung. *ehm* heu heu heu...

    @ Mama Nau Nau,
    Huahaha...Alhamdulillah, kalo dianggap seperti itu.

    ReplyDelete
  9. @ Mbak Ira,
    Mbok ya ojo ngono. Semua juga tau kalo aku sepantaran ponakan mu. *wink wink genit*

    ReplyDelete
  10. Hai Mom G, aku tipe 1 kayanya.. Secara anaknya lahirnya sama... hahaha, jadi suka contek2 resep, suka cari2 inspirasi hotel.. ehehehe.. thanks infonya di twitter ya buat TaiHoe-nya... :-)

    ReplyDelete
  11. postingan ini terinpirasi oleh nyonya gurita ya :P

    ReplyDelete
  12. @ Mbak Mauna,
    Jawaban yang diplomatis. Heu heu

    @ Mbak Ully,
    Oh ya? Samaan ya sama Ganesh ? Kalo di sini cuma mampu budget hotel, Mbak. Nyehehe...

    @ Iti,
    Salah! Justru ini terinspirasi gara-gara ada yang bisikin blog itu lho. Kalo Nyonya Gurita mah gakkan mungkin mampir di gw. Toh gw bukan celebs, gak ada yang dia sirikin dari gw :p

    ReplyDelete
  13. dan tipe pembaca nyasar karena lagi blogwalking... hehehe.

    salam kenal ya! :D

    ReplyDelete