2.24.2010

Tidak Sedang Ngidam...Tapi Lagi PMS

Huhuhu…tadinya gw sempet ngerasa mulai pengen berenti nge-blog aja karena udah males, eh gak taunya tiba-tiba hari ini kangen pengen nulis blog gw yang masih kacrut ini lagi.

Senin pagi gw BBM-an ngucapin Hepi bertdei ke best friend gw yang sekarang ikut suami berdinas di Muna, somewhere di Sulawesi sana. Ini menginjak tahun kedua dia dan suami tinggal berdua di sono sejak diboyong suaminya Awal Januari 2009 yang lalu.


Temen gw ini pernah hamil sekitar bulan April 2009, namun karena kecapekan gara-gara mencari kesibukan demi membunuh waktu, dia keguguran.

Awalnya dia memang sempet trauma untuk hamil lagi karena susahnya mendapatkan penanganan medis yang tepat dan cepat saat keguguran tadi. Tapi suaminya makin sibuk sementara dia juga gak punya kegiatan yang berarti. Jadilah saat gw masih dalam perjalanan menuju kantor, lah dia udah nagrek depan laptop sambil maen games. Dan dia mulai merasakan sedih…kesepian tepatnya. Dan dia pun mulai meresahkan pengen ada kehadiran bayi di antara mereka berdua kemudian menangis menumpahkan ke suaminya di suatu malam menjelang mereka tidur “ Hon, gw pengen punya bayi….”

2.17.2010

Pantjaran Energi Manfaat dan Mudharat

Percaya gak,kalo ada yang bilang temen bisa berpengaruh pada energi kehidupan kita? Well,I DO! Dulu gw pernah sempat dekat dengan temen kantor yang hobinya sirsak (sirik), sering banget nget mengeluh soal perusahaan kacrut, komentarin orang mulu' yang gak penting. Effectnya dia pun menularkan energi negative ke gw. Gw jadi orang yang suka mengeluh, jadi suka ikut sebel untuk hal yang gak penting padahal gw sendiri juga gak jelas kenapa harus ikutan sebel.


Hani langsung ingetin gw supaya menjauhi temen yang model begini. Jadi hubungan gw cuma sekedar tegur sapa biasa dan hubungan profesional di pekerjaan. Abis lama kelamaan gw ngrasa pertemanan dengannya gak memberikan banyak manpaat,cuma kedapetan mudharat nya doang. Dan ternyata bukan cuma gw yang 'gerah' dengan sepak terjang temen ini, temen-temen yang lain pun ikut merasakan imbas si tukang kisruh ini.


Sukurlah dia udah resign dan percaya gak,suasana kantor justru lebih aman, tentram, damai sejak dia gak kerja lagi di sini. Dan semua jadi lega..hiuuufff...


Gw adalah Sang Gemini sejati yang hidup kadang punya dua sisi yang berbeda,tapi tetap berjalan bersama. Keliatan hedon tapi cost saving, kadang mesum tapi ber akhlak (yoi kan, Poy, AlvaroMom ??), duniawi tapi masih inget akherat (Alhamdulillah masih takut sama Sang Khalik)


Punya temen yang menularkan energi negative kayak dia, tentunya punya banyak teman yang membagi energi positive ke gw. Banyak pulak...


Salah satunya adalah Ires, teman yang gw kenal sejak nyiapin nikah di forum Weddingku. Karena energi positive yang dia bagikan ke gw,makanya kami masih berteman hingga saat ini. *gw teman loe yang baik juga gak,Res?? Heu heu*


Kadang sering terlintas Kenapa ya orang yang jarang meminta, memohon pada-Nya kokdiberikan hidup yang jauh lebih nyaman ketimbang mereka yang sering bersujud dan mengucapkan do'a? **Tolong jangan hujat sayah masih mempertanyakan pertanyaan dudul ini di usia sayah yang sekarang ya,plis?**

2.16.2010

Oleh-Oleh Jar Tutup Biru Multi Fungsi Dari Best Friend

Ini adalah foto gw dengan temen gw di Engineering dulu. Namanya Turinto. Foto ini diambil waktu kawinan Hendra,temen lainnya yg dulu menjabat di PPIC tahun 2005.Well, honestly, He is one of my best friends ever. *Loe ngakuin gw sebagai best friend loe juga kah,Tur?*



Sedari pertama kali dia masuk ke perusahaan gw hingga hari ini,gw mendeklarasikan dia adalah teman yang paling dekat dan paling 'memanjakan' gw. So Sweet emang.Beruntunglah Mama Qori yang menjadi istri dan ibu dari anak-anaknya.


Dan saat dia resign dan pindah bekerja ke Singapore, gw merasa kehilangan..sangat! Gak cuma kehilangan kolega,tapi kehilangan teman baik, temen curhat, temen bergosip.Yah..tapi akhirnya posisi itu sempat digantiin sama Andi sih. 
Walopun di bulan-bulan terakhir Tur tampak lebih akrab dengan teman gw yang lain,dan ada aja temen kerja yang devilish manas-manasi gw supaya cemburu meliat keakraban mereka.


Aneh? Harusnya iya..lah gimana gak aneh.Dia Lakor (Laki Orang) dan gw BinOr (Bini Orang). Kok pake dikompor-komporin supaya sebel sama temen gw itu? Emangnya kita apaan? *gaya melambai gitu*


Dan minggu yang lalu tiba-tiba Tur email ke gw kalo dia mau balik ke Jakarta. Iseng dong, gw reply "Tur, mbok ya sesekali gw dikasih oleh-oleh gitu lho..."

Eh dia bales " gak enak lah gue..lu kan biasa pake yang dari butik2 gitu looo...disini adanya hanya charles & keith hahaha "

Ngerasa dapet angin,gw lsg ketik dengan semangat 2010 " CnK juga ade di Metropolitan Mall. Oleh-olehin gw vaseline petroleum Jelly aja... Di Guardians, Watsons Jakarta udah gak jual... Daripada loe beliin gw Tas Kate Spade ato sepatu Pedder, Tur... " ** Jangan-jangan pas baca ini Turinto pingsan di Singapore sono**


Dese belon tau aja, gw baru dibeliin suami gw 2 pasang sandal jepit Charles and Keith di Jakarta sini. Bener kata Mbak Amel,Miss Jinjing sekarang Charles and Keith harga sandal jepitnya aja udah 300rebong. Makanya gak rela gw, Hani beliin gw sandal jepit Charles and Keith kalo gak lagi musim SALE up to 70% begini. Apa kepulangan berikutnya gw minta dioleh-olehin wedges nya Charles and Keith sama Tur?? ** minta ditimpuk sama tur**

Okay, balik ke Tur dan Vaseline Pure Petroleum Jelly. Kebetulan gw emang lagi nyari Vaseline Pure Petroleum Jelly. Ini sebenarnya rekomendasi dari Bu Menik,yang bentar lagi bakalan jadi Dermatologist. Kata Bu Dokter ini, Vaseline Pure Jelly ini bisa dipake buat nappy cream. Fungsi nappy cream itu kan hanya sebagai barrier.


2.15.2010

Pemakai IUD Tapi Tetep Parno

Akhir-akhir ini napsu makan gw kok menggila ya? Naik berat badan sih gak seberapa karena gw lagi Puasa Senin-Kemis buat bayar utang puasa pas hamil Ganesh dulu. Udah gitu tambah sering mual-mual pulak. Do'oh gw langsung parno kalo-kalo gw lagi hamdun niy. Lho? Emang Mommy Ganesh gak ikutan program pemerintah untuk ber-KB?

Eiiitttsss, dari Ganesh masih usia 3 bulan, gw ikut-ikutan genk racun lainnya kayak Depoy, Meryl, Iti, Bebi aliran pasang IUD alias spiral. Kebetulan gw dan Meryl sama - sama pasien Prof. dr. Yunizaf, SpoG (K) yang praktek di RSB YPK. Gw lupa niy kalo Nuke pake spiral apa gak (maap, Ke). Sementara Aini, Dhita, kayaknya bikin partai aliran pake Sarung alias Durex. Hihihi

Teracuni oleh Depoy a.k.a dipdut yang pertama kali pasang spiral dan diikuti oleh lainnya, sore itu gw kontrol ke RSB YPK dengan Prof Yun memeriksa luka SC gw. Waktu itu Prof Yun nawarin " Mau nambah adeknya Ganesh dalam waktu dekat, Ndah?"
Gw sontak menggeleng " Ya gak lah, Prof. Pengen KB sih...apa ya yang aman untuk saya?"
Prof Yun ngusulin " Spiral aja. Tapi kalau kamu gak bisa mutusin sekarang, Kamu diskusi dulu ajah sama suami. Kalau suami setuju, boleh datang lagi untuk pasang spiralnya"

Setelah berdiskusi dengan Hani, meng-interview Depoy, Meryl, brosing-brosing di internet, semedi 7 hari 7 malam pake kembang 7 rupa dari 7 sumur *yang ini sih lebay*, akhirnya gw dan Hani putuskan untuk ber-KB spiral.
Maka gw pun kembali mendatangi RSB YPK satu minggu kemudian menghadap Prof Yun. " Prof, saya mau pasang spiral.."

2.11.2010

Talc Free Powder..Where To Buy?

Dulu seinget gw, kayaknya gw udah pernah sharing info deh ke kerabat gw ini soal sebaiknya tidak memakaikan bedak tabur ke diaper area saat mengganti popok kain dan disposable diapers.


Gw menyarankan dia untuk membersihkan sisa pipis bayinya dengan kapas bullet yang sudah disteril, kemudian dilap hingga kering dengan tissue atau handuk bersih. Baru dioleskan nappy cream sebelum memakai disposable lagi.


Tapi kayaknya dia gak terlalu menanggapi masukan gw itu. Buktinya pada saat dia menggantikan disposable diapers di depan gw, dia hanya memberikan bedak bayi di lipatan paha dan diaper area dengan menggunakan puff "pok pok pok" dan debu bedak beterbangan kemana-mana, mengoleskan baby cream dan memakaikan disposable diapers kembali. OMG! Gw cuma mengelus dada…


Untungnya dia rada jarang memakaikan disposable diapers, jadi hingga saat ini bayi cantik ini belum pernah kena ruam popok parah. Tapi selain nappy cream, hal yang sama juga dia lakukan saat mengganti celana pop putrinya ini. Tapi bekas air seni yang di sekitar diaper areanya? Nayy!!


Mungkin ada yang berpikir ngapain juga sih gw ngurusin cara kerabat gw ganti diapers anaknya. Toh bukan anak gw ini! Emang gengges ya buat gw kalo dia begituin anaknya??


Lah kalo semua orang punya informasi dan merasa gak penting buat dishare ke orang lain lagi, yah kita semua jadi gak berkembang dong…


Prinsip gw kalo ada hal positive dan membawa manfaat buat orang lain sebisa mungkin akan gw share dengan orang lain. Kalo udah dibagi informasinya gak ada tanggapan, barulah gw mikir ‘sakarep mu dewe lah’.


Gw termasuk jarang memakaikan bedak di sekitar tubuh Ganesh. Apalagi di diaper area nya. Paling gw cuma siapin bedak buat biang keringat dari apotik RS YPK.


Jauh sebelum gw melahirkan Ganesh, udah pernah denger issue soal bahaya talc pada bedak tabur. Buat yang belon pernah dengar informasi ini, gw coba rangkum dari apa yang udah gw tahu hingga saat ini. Jika ada yang kurang, tolong dibantu menambahkan ya…

Ada dua issue mengapa pemakaian bedak sebaiknya dihindari:

2.09.2010

I Enjoy Every Second of My Motherhood Moment

Hmm...Sedikit pengen cerita soal Ganesh di usia 10+ mos. Seminggu yang lalu Ganesh sempat batuk pilek disertai agak demam. Setelah tiga hari gak sembuh-sembuh, akhirnya gw bawa Ganesh periksa sama dr. Rinawati di RSIA Hermina Jatinegara. Hmm..kali ini berbeda dengan kunjungan pas Ganesh diare kemarin, karena kami datang sorean, jadilah kami jadi pasien yang pertama kali dipanggil.


Intinya Ganesh bukan terkena campak seperti dugaan kami sebelumnya. Namun Ganesh terkena virus. Virus ini yang menyebabkan Ganesh agak demam, batuk, pilek, dan timbul bintik-bintik merah di tubuhnya. Dan kata dr. Rinawati,SpA gak menutup kemungkinan jika tambah parah virus ini juga akan menyebabkan diare dan muntah. Makanya kudu diperhatiin bener-bener nih kesehatan Ganesh. Hiuuufff untung gak nambah diare dan muntah seperti yang khawatirkan dr. Rinawati, SpA.


Cuma gara-gara sakit ini Ganesh jadi agak rewel sih. Dia pengennya dipeluk mommy mulu'. Sampe yang tadinya udah bisa bobo sambil nenen terus dipok-pok pantatnya, sekarang jadi kolokan kalo bobo maunya minta digendong. Eh gak puas dong kalo hanya digendong, pengennya digendong mommy sambil joget-joget. Dan gw pikir Ganesh bakalan memilih lagu Nina Bobo koleksi Keane atau Coldplay, ternyata beda sangat seleranya sama gw dan Hani.


Coba tebaak Ganesh lebih suka dinina-boboin dengan penyanyi apa?? Di luar prediksi kami, taste of music nya Ganesh emang agak 'ajaib'. Sedari masih bayi merah, Ganesh memang bisa bobo pules kalo dinina-boboin pake lagu-lagu Charlie ST12. Yaoloh..aya-aya wae anak mommy satu ini yak?? **geleng-geleng kepala**. Dan mau gak mau gw kudu ngapalin lagu-lagu ST12 demi sang buah hati.


Mulai dari Saat Terakhir (OST Sinetron Nikita), Biarkan Jatuh Cinta (OST Sinetron Safa dan Marwah). ** Yaaah, temen-temen gw di Engineering dipersilahkan untuk ngakak ngetawain sayah! Puas?? Puass?? (Ala Tukul) **


Sempet berkurang nih nafsu mamamnya. Udah gitu sejak sakit ini, Ganesh udah kayak wong londo. Belagu banget sama nasi, doyannya roti tawar, kentang, havermout. Ck ck ck...nurun dari siape ini ya? Padahal kalo bener Ganesh plek-plek nurun gw, perut gw mah justru belon ketampol kalo belon ketemu nasi. Hihihi...


Do'oh,tahun baru ini kok dimulai dengan banyak problemo yang hadir menerpa keluarga kecil kami. Mulai dari masalah denda PLN yang begitu banyak sekuel, ART lagi ART lagi, belon lagi masalah kantor sampe Ganesh sakit kemarin. Gw sempat menangis karena baru aja awal tahun dimulai kok tiba-tiba berentet masalah datang seakan-akan gak abis-abisnya.
Dan semua cobaan ini gw anggap sebagai latihan dalam pendewasaan gw dan Hani. Malah membuat gw dan Hani semakin solid sebagai partner dan pasangan hidup. Amin.

2.05.2010

Penyesalan Selalu Datang Terlambat

Setiap membaca kembali Renungan Hati yang dikirimkan via email mengenai Ayah ( Lebih jelasnya bisa dibaca sendiri di postingan Ibu Haidar ), pipi gw langsung banjir dengan air mata. Terharu, menyesal, sedih, semua berkecamuk dalam hati gw. Ada satu cerita yang baru bisa gw bagi saat ini.


Sejujurnya, gw adalah anak bontot dan beda usia gw dengan kakak tepat di atas gw adalah 10 tahun. Karena kakak-kakak gw dulu bersekolah di Jakarta dan di Yogya, dan gw menghabiskan masa kecil gw di Pangkalpinang bersama bokap yang bekerja di Pulau Bangka, tentunya gw lah yang paling sering diajak menemani bokap kemana-mana waktu itu.


Apalagi ditambah embel-embel " anak perempuan lebih dekat dengan bapaknya", yup itulah yang melekat pada diri gw dan bokap. Tambahan lagi, gw sangat mirip bokap gw.


Saat gw tumbuh remaja, bokap gw mempunyai cucu pertama perempuan dari kakak gw. Sedari dulu emang kakak perempuan gw yang pertama ini kelihatannya paling disayang sama bokap, dan apalagi kakak gw ini juga mengklaim dirinya emang anak kesayangan bokap gw.


Sejak pensiun, bokap pindah ke Jakarta dan berkumpul dengan kakak gw dan cucu perempuannya ini, gw merasa gw bukan lagi "Daddy's little girl" seperti masa kecil gw. Prasangka jelek gw adalah bahwa Atok (demikian panggilan bokap sejak memiliki cucu) hanya mementingkan kakak pertama gw dan anak-anaknya. malah bisa dibilang jarang mikirin gw. Terlebih lagi saat gw dewasa dan bekerja


Saat orang lain kasak-kusuk mempertanyakan kapan gw menikah, Atok Ganesh gak pernah mempermasalahkan dan tetap mendukung gw untuk terus berkarir, walopun kondisi fisiknya kian tua. Maklum Atok Ganesh sudah terkena serangan stroke ringan dua kali.


Hingga waktu gw menjalin hubungan dengan Hani, Atok Ganesh memanggil gw ke ruang tamu rumah kami untuk berbicara berdua saja dengan gw.
Sungguh saat itu adalah hal yang sangat jarang gw alamin sejak gw mulai bekerja. Gw merasa komunikasi gw dan Atok Ganesh semakin jauh , diperburuk prasangka buruk Atok Ganesh hanya sibuk mengurusi persoalan yang dihadapi kakak perempuan gw dan gak pernah memikirkan tentang gw.


Cukup mengagetkan gw, karena untuk pertama kalinya Atok Ganesh meminta gw untuk segera menikah. Apalagi dari mantan-mantan pacar gw, Atok Ganesh mengaku paling sreg dengan Hani, yang kemudian menjadi menantunya.
Alasannya? No, No, Bukan karena takut diomongin orang, bukan ingin segera menyerahkan tanggung jawab kepada suami gw, tapi lebih karena saat itu Atok Ganesh khawatir umurnya bakalan tidak lama lagi, dia ingin meninggalkan dunia ini lebih tenang jika dia sudah menikahkan gw dan memastikan gw dilindungi dan dibimbing oleh pria yang dia yakin bisa melakukan itu.


Ujar Atok saat itu ke gw " Kapanpun aku dipanggil Yang Maha Kuasa, Insya Allah aku sudah siap jika aku sudah menunaikan kewajibanku untuk menikahkan putriku yang terakhir..."


 Akhirnya 23 Desember 2007 jam 11 siang, Alhamdulillah keinginan Atok Ganesh dipenuhi oleah Yang Maha Kuasa. Gw menangis saat dibimbing oleh penghulu KUA Menteng untuk meminta izin ke Atok Ganesh untuk menikahkan gw dengan pria pilihan gw.


2.01.2010

KOPDAR Milis MPASIRUMAHAN

Hari Sabtu, 30 Januari 2010 kemarin Alhamdulillah gw dan Ganesh diberikan kesempatan untuk bertemu langsung dengan emak-emak milis mpasirumahan.
Kalo Dhira Bunda Zua , Sari Ibu Haidar (Bukan Bunda ternyata, hihi), Santi mama Rafa, Siska Mommy Rai sih udah pernah ketemu. Tapi penasaran pengen ketemu emak-emak mpasirumahan yang sering dicurhatin di BBG dan Twitter kayak Rosita Alvaro Mom, Ira ibu Nadira (ini malah dari waktu mau nikah ikut thread Januari 2008 di Forum Weddingku), Margaret emaknya Ayska, Astie mama Luhung dan teman-teman lain yang gak bisa disebutkan satu per satu. **jiaaah**


Sebelum brangkat pada BBG-an dan twitteran mo brangkat jam berapa. Gw brangkat setelah Ganesh bangun bobo dan selese makan cemilan buah. Sabtu pagi itu gw begitu semangat buka lemari cari kostum baju hejo buat gw dan Ganesh. Untungnya ada. Soalnya dress code yang ditentuin DePe untuk kopdar kali ini adalah GREEN. Jadilah gw dan Ganesh pasangan emak dan anak yang udah kayak ulet keket. **untung bukan kayak Nyi Roro Kidul ato Kolor Ijo?!? Knock on wood!!**. Serba hejo soale! hihihi...gak apa-apalah demi kopdar dengan temen-temen yang bikin deg-degan...huhu


Sebenarnya gw udah nyampe Grand Indonesia (sebelahnya Plaza Indonesia) jam 11.30 soalnya rencananya mau benerin stroller Jive Ganesh dulu di Mothercare mumpung masih garansi. Manufernya udah gak optimal menurut Hani. Tapi ternyata gak bisa langsung dibenerin di situ. Kudu dibawa ke service center Mothercare dan gak bisa ditungguin. Nah Masalahnya lagi, dari semua gerai Mothercare di Indonesia, mereka cuma punya spare 3 stroller. Hayyah!