9.23.2010

Beach Boy and Excotic Mommy

Mau cerita soal Wisata Pantai di Bangka ah. 
Siapa tahu bisa membantu teman-teman yang berniat berlibur ke pantai di Bangka. 
Setidaknya walopun sebagai putri daerah gw gak bisa memberikan sumbangsih dengan jadi PNS di Bangka, tapi bisa bantu promosi wisata dari blog ini. Hihihi...*okay, I'm LEBAY TO THE MAX*

Waktu masih puasa sih (kami nyampe Bangka pas H-3) udah sempet ke Pantai Pasir Padi. Pantai Pasir Padi ini letaknya 4 km dari Bandara Depati Amir, dan sekitar 2 km dari pusat kota Pangkalpinang, ibu kota propinsi BaBel. Tapi berhubung cuma ngabuburit menjelang berbuka puasa, jadi kami gak sempet turun ke pantai maen air dan foto-foto.

Lagian, Pantai Pasir Padi ini kurang seru ah kalo buat gw. *sombooong*
Lah wong dulu masih SMP, gw sering naik motor sama temen-temen maen ke sini. *yaah...jaman dulu, masa remaja kurang hiburan*.

Sekarang sih sepertinya Pantai Pasir Padi ini juga jadi tujuan wisata deh. Terbukti dibangunnya cottage Serrata di Pantai Pasir Padi ini dan ada resto Biru Laut yang terkenal untuk makan seafood. 

Kemarin malahan gw sempat liat ada Restoran Istana Laut dengan dengan berkonsep makan di resto yang didesain seperti kapal pesiar di dekat laut. Yah kayaknya konsepnya mirip resto model kapal yang di Putri Duyung, Ancol gitu deh.


Nah, pas H+4 setelah tamu juga mulai berkurang yang datang ke rumah sodara gw untuk bersilahturahmi, ini lah baru bener-bener dikhususkan untuk ke pantai dan maen air. 
Horray!!! Finally...Oh ya, It was the first time Ganesh went to the beach lhoooo.

Di Bangka sendiri banyak pantai. 
Masih inget kalo zaman gw masih SD, Pantai Romodong tuh katanya bagus banget. 
Cuma lokasinya di Belinyu, Bangka Utara. Kalo dari Pangkalpinang, harus menempuh 100 km. 
Emang gak pake macet sih, tapi kesian Ganesh kalo kejauhan gitu kali ye.

Akhirnya dipilihlah dua pantai yang sekarang sudah jadi tempat pariwisata andalan Bangka, yaitu Pantai Parai Tenggiri dan Pantai Tanjung Pesona. Keduanya berada di kota Sungailiat, hanya sekitar 32 km dari Pangkalpinang. Yang gw inget, di jejeran situ kayaknya banyak pantai deh.


Kebetulan gw semasa kecil sering nemenin almarhum bokap gw ke pantai. Selepas pulang kerja, almarhum bokap gw suka mancing ikan berujung di laut bareng teman-temannya sesama hobi memancing. 

Makanya almarhum bokap gak demen ke pantai yang banyak pengunjungnya, justru demen ke pantai yang sepi pengunjung. Sepengingatan gw (kalo gak salah inget ya) ,searah dan sejejer sama Pantai Parai tenggiri dan Tanjung Pesona ini ada Pantai Air Anyir, Pantai Teluk Uber, Pantai Rebo, Pantai Tikus dan Pantai Matras.


Dalam perjalanan kami ke Sungailiat, tiba-tiba turun hujan deras banget. Memang menjelang lebaran Bangka terus-menerus diguyur hujan. Sempet dag-dig-dug kami gak bisa turun ke pantai, bermain pasir dan ombak di pinggir pantai. Tapi Alhamdulillah, begitu masuk jalan ke arah Pantai, hujan langsung berhenti.
Begitu nyampe pantai, sempet rintik-rintik tapi matahari segera menunjukkan sinarnya. Yihaaa...


Awalnya gw pikir Ganesh bakalan takut sama ombak. 
Eh ternyata gak lhoo...begitu turun dari mobil, dese udah serasa anak pantei. Langsung lari ke arah pantai, sibuk main pasir yang putih dan tangannya juga ikutan maen air laut. Ada ombak yang datang pun tampak tidak bikin dia bergeming. 

Yang ada malah emaknya yang takut anaknya keseret ombak. Baju nya sampe basah gitu gara-gara ngobok-ngobok air laut. Aaah Jadi inget masa-masa gw kecil yang demen banget cari remis (kayak lokan cilik-cilik) sama umang-umang (binatang laut yang suka numpang di rumahnya kerang yang udah mati) di pinggir pantai gitu.


Ah gw suka banget pantai...
Menurut gw, pantai di Bangka ini gak kalah deh sama pantai di tempat wisata lain. Lebih bagus malah *promo daerah sendiri doong*
Pasirnya putih, airnya masih jernih.

Outfit on Ganesh:T-shirt: Babygro/ Short Pants: Old navy/ Hat : GAP/ Shoes: Crocs
Sunglass : Baby Banz Grey Camo (tapi malah ditenteng Mommy karena Ganesh gak betah)
Outfit on Mommy: Top : H&M/ Short pants: ZARA/ Shoes: Crocs Alice / Sunglass : Charles & Keith

Abis ganti baju, nyuapin Ganesh makan siang abis itu berangkat pindah lokasi. Sementara kami udah jalan meninggalkan pantai, tampak banyak rombongan mobil yang baru berdatangan.


  
Karena basah, Ganesha terpaksa dibawa ke toilet umum untuk dibilas mandi air tawar. 
Kalo zaman gw kecil sih gak pernah bilas di toilet, karena biasanya di pantai situ ada sumber air tawar. Heu heu heu...

Tapi berhubung jauh jalan kaki nyari sumber air tawarnya, makanya gw dan Hani ngemandiin Ganesha di toilet umum aja. Kayaknya sarana umum di pantai ini perlu lebih diperhatiin lagi deh. Jangan cuma menarik retribusi doang. Toiletnya bau gak sedap, tampak kurang diperhatiin. Bayar retribusi ilegal sebanyak goceng/orang untuk numpang mandi.  

Seperti yang gw bilang sebelumnya, Pantai Tanjung Pesona masih berjarak 9 km dari Sungailiat, kota yang sama dengan Pantai Parai Tenggiri. Masuk ke Tanjung pesona ini, biaya retribusinya adalah Rp 10,000/orang. Begitu masuk Tanjung Pesona ini sebenarnya ada hotel and resort berfasilitas Bintang Tiga lho. Udah gitu, gw juga sempat liat ada playground sama pool. Sayang kami gak sempat bermain di playground di Tanjung Pesona ini. Soalnya tanpa kami pun, udah puoool sama pengunjung yang juga berwisata abis lebaran. Huhuhu...



 Sebenarnya banyak banget hasil jeprat-jepret di Pantai Tanjung Pesona ini, cuma gak mungkin dipajang semua. Soalnya kan aslinya Mommy Ganesh ini pemalu banget lhoo...ROTFL.


Terus banyak juga pengunjung pantai yang foto-foto di bebatuan di pinggir pantai. Pake bahasa bahasa Hokian apa bahasa Kek pulak. Huahaha...yah Maklum lebaran ternyata bukan hanya momen yang tepat bagi kaum muslim untuk pulang kampung. Bagi warga keturunan yang saat ini berdomisili di luar Bangka pun banyak yang ikut memaanfaatkan momen lebaran ini sebagai libur panjang untuk pulang ke Bangka. Makanya kalo baru beli tiket arus balik mudik ke Jakarta dari Bangka, harganya bisa dipasang gila-gilaan.


Setelah puas berfoto-foto dan duduk sejenak menikmati angin pantai, akhirnya kami putuskan pulang ke Pangkalpinang. Lagi-lagi gw ngidam pengen makan Pantiaw favorite gw di Pasar Mambo.


Hasil selama seminggu di Bangka? 
Kulit gw tampak lebih gelap dan cokelat *cucoklah buat iklan PONDS ato Olay Whitening di TV*. 
Kalo kulit ganesh sih emang dari sono nya udah cokelat kayak Bapaknya. Gak apa-apa deh kan cowok berkulit gelap keliatan macho! huahaha...Tapi setidaknya kulit cokelat gw ini adalah bukti nyata bahwa gw beneran sunbathing di pantai.


Ohya gimana,Jeung ? Gimana dong? 
Dari Foto-foto di atas keliatan jelas kan kalo gw makin eksotis kayak Titi Sjuman di IMB ? Hah? Hah?
 **jangan sampe gw dihujat seantero dunia maya**

12 comments:

  1. Msh tetep lebih keliatan putih drpd coklatnya, mbak :D

    Btw, Ganesh gayanya bnr2 kyk anak pantai nih.. Seru bgt liat aksinya, mbak.

    Btw, mbak, tau gak sm resto ASUI? Dulu wkt ke Bangka, aku sempat makan di situ, dan rasanya mayan enak, jd bikin aku keinget sama sea food-nya Manado :D

    ReplyDelete
  2. Mbak Indah, ada award yg ku teruskan k mbak, klo sempat di cek ya mbak di blog ku... Semoga berkenan ya mbak... :D

    ReplyDelete
  3. @ Mbak Allisa,
    Aku tau Asui yang Mbak maksud. Sayang kemarin masih tutup libur lebaran. Aku juga udah check award nya. Makasih yaa...aku lagi pelajari petunjuk darimu.

    ReplyDelete
  4. Wah serunya , dah lama ga ke pantai :)

    ReplyDelete
  5. Pengin deh suatu saat nanti ke pantai di bangka yang terkenal eksotis itu. Ganesh hebat euy langsung berani. Dita awalnya malu tapi setelahnya nyandu hahaha. Tapi selalu asyik yang namanya main ke pantai ya mam :-)

    ReplyDelete
  6. *sibuk baca & nyatet* Sip jeng, sering2 bikin ulasan begini (halah ulasan) :)

    Gue batal ke Bangka akhir taun ini, tapi beneran pengen ke sana taun depan. Apalagi gue menganut paham "kurang afdol jalan2 ke luar negri kalo tempat wisata dalem negri blom didatengin" (alesan, padahal irit :D).

    ReplyDelete
  7. @ Dina,
    Yuk ke pantai.

    @BunDit,
    Hayuk dong kapan-kapan ke pantai di Bangka. Biar ngerasain semua pantai. Gak cuma PaRis sama Sibolga aja. Heu heu heu

    @ Otty,
    Kalo loe ke Bangka, minta kartu nama Dhita, Bunda Azka aja. *hihihi ngelirik Dhita*

    ReplyDelete
  8. @ Dina,
    Yuk ke pantai.

    @BunDit,
    Hayuk dong kapan-kapan ke pantai di Bangka. Biar ngerasain semua pantai. Gak cuma PaRis sama Sibolga aja. Heu heu heu

    @ Otty,
    Kalo loe ke Bangka, minta kartu nama Dhita, Bunda Azka aja. *hihihi ngelirik Dhita*

    ReplyDelete
  9. @ Dina,
    Yuk ke pantai.

    @BunDit,
    Hayuk dong kapan-kapan ke pantai di Bangka. Biar ngerasain semua pantai. Gak cuma PaRis sama Sibolga aja. Heu heu heu

    @ Otty,
    Kalo loe ke Bangka, minta kartu nama Dhita, Bunda Azka aja. *hihihi ngelirik Dhita*

    ReplyDelete
  10. setuju banget pantai Bangka nggak kalah bagus dari pantai wisata lain.malahan lebih bagus kali he...he...(promosi jg nih)

    ReplyDelete
  11. @ Rahmi,
    Kapan nih kita pulkam bareng? nyehehehe

    ReplyDelete
  12. Indaahh.. Gue baru sekali ke Bangka and I love it! Gue dulu nginep di Pantai Parai, resort yang ada spa Mustika Ratu-nya kalo gak salah deh.

    Ih jadi ngences pengen Pempek Bangka yang sausnya merah itu euy *glek*

    ReplyDelete