3.29.2010

What A Rempong Day : MCU, Kontrol KB and Pap Smear

Jum'at kemarin sesuai dengan planning dari beberapa minggu sebelumnya,gw mau ambil cuti biar bisa kopdar nyushi bareng genk racun. Tapi cerita kopdarnya gw posting terpisah.


Sehubungan dengan kopdar tadi, gw pun menyusun rencana kegiatan apa aja yang mau gw lakuin di saat gw cuti ini. Awalnya planningnya begini:
- 07.00-8.30 Medical Check Up di Prodia Kramat,
- 9.00-10.00 Obersvasi kurikulum dan ngeliat langsung Kegiatan kelas PAUD Bintangbangsaku bareng Yudith sm Cicha,
- 10.30-11.30 Cek Bebi Cek SALE toiletries MC di Plaza Indonesia. Kata Dhita, Liquid Talc MC jadi turun harga Rp 109K/ 3 pcs
- 11.30 - 13.30 Nyushi bareng Genk Racun di Sushi Tei
- 14.00-15.00 Mampir ke SoJong Sabang bareng genk racun
- 15.00-16.00 kontrol KB sama pap smear di YPK.
- 16.00 pulang deh


Eh ngeliat schedule gw ini kesannya gw hectic banget yak? Rempong bambang yak? But eniwei, ternyata planning gak berjalan mulus seperti yang gw rencanakan.


Udah kesiangan gara-gara macet, nyampe Prodia Kramat sebelah PMI eh ternyata kata tukang parkirnya Lab kliniknya udah pindah lokasi di sebelah BNI Kramat. Huaaa...mana gw udah keburu bayar bajajnya pulak. Untung abangnya belon jalan, terus masa dong ada mbak yang salah lokasi juga ikutan nebeng bajaj sama gw. Abangnya minta ditambahin duit, akhirnya gw yang nambahin deh.

Udah jam 8 lewat, dan gw pikir nyampe prodia gw cm dikasih tempat urine,pipis dan gw bisa chao. Ternyata gw harus antri. Dapet nomer 39 dan sekarang baru nyampe nomer 23. Tepok Jidat. Mana keuber gw harus ke daerah Karet janjian sama Cicha dan Yudith ke Bintang Bangsaku dengan kondisi antrian panjang kayak gini.
Do'oh,Gw gak nyangka klo bakalan banyak juga yang mau MCU hari itu.

Kalo MCU tahunan rutin sih biasanya udah diadain sama kantor gw kerjasama dengan RS di Cikarang sono. Ini adalah salah satu program wajib EHS, persyaratan dari OHSAS 18001:2007. Lengkap dengan rongent, test urine, pemeriksaan fisik dari dokter.Terakhir MCU di kantor pas akhir tahun 2009 kemarin klo gak salah. Nah kalo MCU di Prodia kali ini dalam rangka pengajuan polis asuransi Jiwa Manuhidup (versi Iti).

Akhirnya pas lagi duduk nunggu nomer antrian gw dipanggil, eh dapet SMS dari Yudith. Ternyata Bintangbangsaku sudah approve kedatangan kami,tapi untuk melihat kegiatan di kelas harus mengajukan surat secara resmi dulu. Akhirnya gw BBM-in Cicha tapi belum dapet jawaban. Ya sutralah toh sampe jam setengah 9 gw juga belon dilayanin. Setelah dipanggil dan dikasih botol untuk test urine, owalah harus masih nunggu lagi buat diperiksa fisik sama dokter.

Halah halah ternyata baru selesai pemeriksaan fisik jam 10 lewat. Mana perut laper dan gak bisa nunggu lunchie, yah tampaknya kunjungan ke Bintang Bangsaku tampaknya gagal kali ini. Pengen brunch (soalnya udah jam 10 lewat bok!) di Megaria aja. Kangen suasana pas zaman kuliah dulu suka mampir ke sini abis turun dari stasiun KRL Cikini.Apalagi Megaria a.k.a metropole sekarang udah direnov. Walopun semi baru,suasananya gw rasa masih sama kayak dulu.

Herannya pas ngelewatin jl.Raden Saleh situ, kenapa rata-rata orang di sepanjang jalan pada nawarin " klinik...klinik..." . Persis kayak akang-akang yang sarungan, pake topi kuncung,bawa senter di sekitaran Puncak di malam hari " aya villa..villa..villa..". *sumpey,ini bukan pengalaman pribadi kelam saya loh...huahaha*. Sering denger sih di sana ada Klinik Raden Saleh (part of RSCM..CMIIW). Tapi baru denger dari Aini klo juga banyak praktek aborsi ilegal di daerah situ. Tapi kenapa juga gw ditawarin? Emang gw kayak orang hamil muda apa kayak ABG linglung? *masih gak paham*

Abis brunch di Megaria, gw langsung menuju ke Plaza Indonesia. Nyampe sono jam 11 lewat. Udah gak sempet cek bebi cek SALE toiletries Mothercare, jadi langsung aja ke TKP. Dan gw yang pertama tiba di Sushi Tei. (Untuk kopdar akan gw posting terpisah).

Selesai acara lunchie inih, gw diantar Dhita yang sekalian pulang ke YPK. Sampe sono jam 3 kurang dan gw daftar dapet nomer 1. Seperti biasa, gw konsul dengan Prof dr.Yunizaf,SpOG (K) di sini. Udah males lah ganti dokter.

Sebenarnya gw harusnya kontrol KB ini 6 bulan setelah instalasi alias pemasangan. Gw kan pasang IUD pas Juni, jadi harusnya kontrol pertama di bulan Desember 2009 kemarin. Cuma karena kesibukan dan lain hal *alesan!*, baru terlaksana di Jum'at tadi. Gw pikir sekalian aja mau pap smear deh.

Dulu waktu belon nikah, gw sering mendengar nyokap gw dan kakak-kakak gw melakukan pemeriksaan 'pap smear' tapi perbedaan usia yang jauh,bikin gw sungkan untuk nanya-nanya sama mereka. Ditambah pula lingkungan sehari-hari gw di manufacturing dengan mayoritas pria dan segelintir karyawati tidak banyak yang sharing soal pap smear ke gw.

Hasil browsing dari internet, menurut dr.Botefilia, SpOG dalam blognya menyatakan pap smear adalah pemeriksaan untuk mendeteksi gelaja kanker leher rahim secara dini (pre cancer cervix) dimana pre cancer cervix ini mudah diterapi sehingga tidak berlanjut menjadi cancer cervix.
Dinamakan Pap smear karena metode ini ditemukan oleh seorang dokter amerika keturunan Yunani bernama Papanicolou.

Pemeriksaan pap smear sebaiknya dilakukan rutin sekurangnya sekali dalam rentang waktu 12 bulan bagi wanita yang sudah menikah atau wanita yang aktif melakukan kontak sexual.
Jika hasil pemeriksaannya positif, maka harus dilakukan pap smear ulang dan kolposkopi. Jika hasil pemeriksaan pap smear abnormal atau mempunyai riwayat kutil pada miss V maka dianjurkan melakukan test pap smear itu setiap 3- 6 bulan sekali.

Sebelum melakukan pemeriksaan,sempat ada perbedaan pendapat soal dianjurkannya:
- dalam keadaan bersih. Bisa sebelum atau sesudah haid. Jangan pas lagi haid
- Tidak ada kontak sexual minimal 24 jam sebelumnya
- tidak ada pencucian miss V (misal pencuci khusus miss V) minimal 24 jam sebelumnya

Ada yang bilang minimal 2 hari gak ada kontak sexual, ada yang bilang sebaiknya setelah haid, ada juga yang bilang sebaiknya melakukan pap smear minimal 1 tahun pasca operasi SC. Tapi sepertinya DSOG gw hanya mengikuti anjuran di atas..heu heu

Karena gw udah bilang mau kontrol KB dan pap smear, gw dipersilahkan duduk di kursi singgasana. Ah jadi inget pas gw dipasang KB dulu. Sedikit deg-degan sih.
Prof Yun cuma melihat posisi spiral dan so far katanya belum bergeser,masih pada tempatnya. Hiuuufff...

Dianjurkan untuk pengguna IUD supaya sering kontrol IUDnya. Bisa 6 bulan sekali atau minimum 1 tahun sekali kali ya. Kemarin sih gw tanya IUD gw ini untuk 5 tahun, tapi kalo mau dilepas sebelum 5 tahun sih dikembalikan ke orang tuanya. Masalah adanya rumor yang bilang kalo pake IUD, biasanya susah dapetin anak lagi gw serahin sepenuhnya sama Yang Di Atas. Karena ada juga yang begitu lepas IUD langsung dapet anak lagi.Ada juga yang udah lepas,tapi susah buat hamil lagi. Tapi toh ada juga yang gak pake IUD nunggu cukup lama buat punya anak lagi.

Seperti halnya dulu rumor vaksin TT yang dijalanin sebelum menikah. Waktu itu temen gw nganjurin untuk gak usah disuntik TT karena katanya kalo disuntik TT, biasanya butuh waktu lama untuk bisa langsung hamil. Tapi yah mau gimana lagi waktu itu KUA Menteng minta supaya gw disuntik TT. Jadilah gw pun disuntik TT di Puskesmas dekat rumah nyokap gw dulu. Ires malah udah duluan suntik TT secara dia nikah duluan.

Dan Alhamdulillah gak terbukti toh? Buktinya Ires dan gw justru langsung hamil, dan temen gw yang menolak disuntik TT justru butuh waktu untuk bisa hamil. Jadi anak itu sepenuhnya adalah titipan-Nya. Dan gw berusaha untuk terus percaya akan itu.

Terus diambil cairan dari miss V gw buat pap smear. Proses nya gak lama dan gak sakit seperti yang gw bayangkan. Mungkin karena gw udah keburu parno, makanya agak sedikit gak nyaman aja. Tapi prosesnya sendiri sekitar 5-10 menit doang kok. Itu juga karena sekalian cek spiral gw toh.

Hasilnya baru selesai 1 minggu. Kebetulan minggu depan Ganesh mau imunisasi Varicella sama dr.Rinawati,SpA di YPK juga. Jadi bisa sekalian aja.

Biaya Pap smear ini tiap RS berbeda-beda seperti layaknya pelayanan kesehatan lainnya. Katanya sih yang paling murah di YKI (Yayasan Kanker Indonesia) yang di Sunter, Lebak Bulus sama Menteng. Kalo gak salah tarifnya 50K oleh bidan. Tapi Januari 2010 kemarin mereka mengadakan pap smear gratis untuk 200 wanita *ya iyalah masa lekong*

Kalo Tarif dokter di YPK saat ini adalah Rp 150,000. Kayaknya gak ada kelas maupun grade (contoh kelas executive) untuk pemeriksaan dokter kayak di Hermina deh. Untuk biaya pap smear sendiri Rp 110,000. Kalo malu sama DSOG cowok, bisa juga sama bidan. Tapi karena gw barengan sama kontrol KB ya sekalian aja sama DSOG.

Well, pap smear ini adalah pengalaman pertama gw. Secara sejak menikah dari akhir 2007 hingga 2010, baru sekali ini gw melakukan pap smear. Dan seperti halnya dengan kontrol KB dan MCU, pap smear ini harusnya menjadi agenda rutin annually buat gw. Semoga hasil MCU dan Pap smear nya baik-baik aja yaaa...Amin.

4 comments:

  1. fotonya menyusul tapi jangan dipajang di blog yah..kecuali bs di edit badan gue yg segede itu :p

    ReplyDelete
  2. Huahaha...
    Kenapa, Dith? Kita semua Hot Seksoy Mommas kok...** minta ditimpuk!**

    ReplyDelete
  3. Hihihi..raden saleh ya,gw dulu jaman koass,lg hamil gede kesana mau diskusi..pas smp,disamperin,gw takut,trus keluarin baju putih..mereka-nya salting trus yg 'pagi dok..silakan dok'..hahaha..hrsnya jgn gw keluarin baju putih ya,dengerin dulu pd nawarin apa :p

    ReplyDelete
  4. Menik,
    Nah loe lagi hamil gede gitu masa dikirain masih mau aborsi juga. TER-LA-LU (Ala Om Rhoma).
    Apa gw masih tampak kayak orang hamil ya? *ngeliat perut gw*

    ReplyDelete