2.15.2010

Pemakai IUD Tapi Tetep Parno

Akhir-akhir ini napsu makan gw kok menggila ya? Naik berat badan sih gak seberapa karena gw lagi Puasa Senin-Kemis buat bayar utang puasa pas hamil Ganesh dulu. Udah gitu tambah sering mual-mual pulak. Do'oh gw langsung parno kalo-kalo gw lagi hamdun niy. Lho? Emang Mommy Ganesh gak ikutan program pemerintah untuk ber-KB?

Eiiitttsss, dari Ganesh masih usia 3 bulan, gw ikut-ikutan genk racun lainnya kayak Depoy, Meryl, Iti, Bebi aliran pasang IUD alias spiral. Kebetulan gw dan Meryl sama - sama pasien Prof. dr. Yunizaf, SpoG (K) yang praktek di RSB YPK. Gw lupa niy kalo Nuke pake spiral apa gak (maap, Ke). Sementara Aini, Dhita, kayaknya bikin partai aliran pake Sarung alias Durex. Hihihi

Teracuni oleh Depoy a.k.a dipdut yang pertama kali pasang spiral dan diikuti oleh lainnya, sore itu gw kontrol ke RSB YPK dengan Prof Yun memeriksa luka SC gw. Waktu itu Prof Yun nawarin " Mau nambah adeknya Ganesh dalam waktu dekat, Ndah?"
Gw sontak menggeleng " Ya gak lah, Prof. Pengen KB sih...apa ya yang aman untuk saya?"
Prof Yun ngusulin " Spiral aja. Tapi kalau kamu gak bisa mutusin sekarang, Kamu diskusi dulu ajah sama suami. Kalau suami setuju, boleh datang lagi untuk pasang spiralnya"

Setelah berdiskusi dengan Hani, meng-interview Depoy, Meryl, brosing-brosing di internet, semedi 7 hari 7 malam pake kembang 7 rupa dari 7 sumur *yang ini sih lebay*, akhirnya gw dan Hani putuskan untuk ber-KB spiral.
Maka gw pun kembali mendatangi RSB YPK satu minggu kemudian menghadap Prof Yun. " Prof, saya mau pasang spiral.."


Banyak yang bilang kalo sebaiknya pasang spiral pas sehabis haid. Well, Gw emang waktu itu lagi dudul binti teledor seperti biasa. Gw lupa aturan itu, eh maen datang aja minta dipasang spiral. Prof Yun mempersilahkan gw duduk di kursi yang biasa untuk USG itu. Tadinya Gw duduk dengan santai, posisi kursi disetel seakan hampir berbaring, belon ada perasaan apa-apa. Sampe akhirnya gw sempat ngintip benda panjang yang dipegang Prof Yun dibuka dari plastik " HAH? Itu spiral yang mau dimasukin, Prof??" 

 Langsung gw berada dalam kondisi sangat tegang...paraah! Yaolloh, membayangkan benda sepanjang itu dimasukan ke dalam tubuh gw. Olala..jadinya Prof Yun jadi agak susye masukin tuh spiral ke dalam badan gw. Menurut Prof Yun, Berhubung gw melahirkan Ganesh secara SC dan rahim gw juga belum pernah berkontraksi, jadilah rahim gw sempit karena gak pernah membuka.
Sakitkah?? SANGAAAT!!

Tapi buat yang mau pasang IUD, do'oh tolong jangan jadikan gw sebagai patokan ya. Karena menurut pengalaman Depoy, dia gak merasakan sakit kok. Mungkin gw berasa sangat sakit karena dipasang gak setelah haid, terus tegang juga gara-gara membayangkan benda panjang tadi. Padahal sprialnya mah dipotong kali yaa...Au ah elap!

Harusnya gw udah kontrol Spiral untuk 6 bulan pemakaian pertama, tapi kemungkinan baru akhir karena kesibukan gw. Harga pasang spiral IUD + jasa dokter di RSB YPK waktu Juni 2009 kalo gak salah inget sekitar 400 rebong,bok .
" What??? " seru tetangga nyokap gw, terus nyambung lagi " Di puskesmas situ pasang spiral cuma 17-20ribu, Ndah.."

Toeng toeng...400rebong versus 20rebong?? Yah sutralah, gak apa-apa wong dicover asuransi Hani Wijaya ini. Hihihi...

Terus apakah pake IUD ini berarti menjamin 100% anti kebobolan dong. Oh ternyata tidak sodara-sodar seilmu seperguruan! Dari pengalaman beberapa teman dan sesama pengguna spiral, ada juga lho yang kebobolan. Intinya gak ada alat yang menjamin 100% anti hamil. Dan menurut temen gw jika pake IUD dan kebobolan, bagaimanapun spiralnya harus segera dicari dan ditemukan keberadaannya sebelum melahirkan.

Sepanjang gw pake IUD ini sih belon mendapat keluhan dari suami soal kenyamanan dalam **** (maap disensor yak), cuma emang sebelum haid biasanya diawali dengan keluar flek cokelat dan rentang waktu haid kalo dihitung dari keluar bercak-bercak flek jadi lebih panjang. Kalo masalah suka sakit kalo kecapekan sih, gw gak ngalemin ya. Cuma kalo kecapekan emang flek-flek cokelat tadi suka keluar kayak model keputihan gitu.

Okay, kembali ke napsu makan gw yang berlebihan (eh jadi ngelantur ke IUD). Selama wiken kemarin bawaannya laperan mulu, bolak-balik ngemil dan makan. Kata Mbak Pany sih mungkin pengaruh cuaca yang cenderung dingin jadi bawannya laper mulu. Baru aja makan nasi plus semangkuk soto ayam, eh pengen martabak manis.

Pas lagi ngemoll sama Hani ke Grand Indonesia kemarin, gw pengen makan bakso, pengen makan Delimanjo, pengen nyemil dunkin donuts, pengen breadtalk. Eh sekarang nih lagi pingin makan empek-empek kates nya Bubun Olel..sangaaaat! Yaolloh, masih lama ya Bun, tuh empek-empek bisa dicomot?? Hihihi

Gw jadi curhat sama Hani " Han, kok gw sekarang banyak maunya ya?? Do'oh Jangan-jangan jangan-jangan nih" parno hamdun neh gw ceritanya. Dan gw mau bagi keparno-an ini sama Hani.

Response Hani?? Boro-boro tuh suami ikutan parno ato panik seperti dugaan gw. Dia malah dengan santai ganti channel TV (baca:tepi) berkomentar ajaib " Sekarang banyak maunya?? Yah loe mah bukannya dari dulu ya emang banyak mau nya??"

DEZIIIGGGGG....berasa ada piso nancep di pala gw..

18 comments:

  1. aku juga lagi mikir2 nanti pakai KB apa ya, selama ini belum pakai KB. Jadi makin takut nih kalo pakai IUD :-D
    test mbak beli testpack hehehe siapa tau Ganesh mau punya adik

    ReplyDelete
  2. aku dah lepas mb, pengen nambah lagi neh hehe

    ReplyDelete
  3. Tos ah..gw pun aliran iud paranoid..hihihi..
    Gw iud plus durex.haha..semacam double protection
    ..Gw jd inget BELUM pernah samsek kontrol saking malasnya :p

    Situ enak kb dicover asuransi..cupu dehhh..gw kb bayar sendiri boo
    Anyway,gw br tau kl prof yun nyuru diskusi dulu sm suami kl mau kb..soalnya,seinget gw (ga tau sapa yg ngomong,lupa) kb itu hak prerogatif istri..haha..entahlah

    ReplyDelete
  4. Indah...Gw juga ngikutin jejak Aini, Dhita, Dinda plus Icus pake helm doank hihihihi...

    ReplyDelete
  5. @ Mbak Lidya,
    Wahduh..jangan terpengaruh karena ceritaku,Mama Aa pascal jadi takut pasang IUD lho. Soalnya menurut temenku gak berasa apa-apa kok.

    @ Herni,
    Wah Fatih mau nambah adik ya? Dido'ain cepet punya adik lagi ya..

    @ Menik,
    Toss biar pake IUD masih parno. Iya waktu itu Prof Yun suruh diskusi dulu kok. Mungkin belio takut kalo maen pasang aja, gak taunya suami komplain pengaruh sama ****** (sensor). huahaha

    @ Nuke,
    Astaga loe kagak jadi ya pasang IUD kemarin. Jadi loe ikut partai Sarung Cap Mangga dong. Santai bisa, resmi bisa...**apaan coba??**

    ReplyDelete
  6. hahaha... aku jg pasang spiral langsung abis nifas takut kebobolan walaupun asix tetep aja jaga jaga,, n aku emang ngerasa ga sakit ko mbak sama padahal aku jg sc dan blm pernah kontraksi.. mgkn merknya kali mbak katanya klo pake merk Nova itu emang ga sakit..

    kalo banyak maunya,,, mmm,,, mmm,,,, tanggepan suamiku sama persis sama suamimu hahaha,,,

    ReplyDelete
  7. Halo Lia,
    Aku gak tahu merek apaan tuh yang dipakein ke badanku. Tapi yang jelas pas dikeluarin dari bungkus plastiknya, aku shock berat lihat panjangya. Huahaha...
    Mungkin itu yang bikin aku tegang banget sampe akhirnya kesakitan.

    Kalo perempuan sih dimana-mana emang banyak maunya ya..heu heu

    ReplyDelete
  8. ok.. skrg si depoy ini jg sdg parno ndah.. krn mual2 dan jd kebluk alias molor mulu.. telat dapet pula.. sdgkan selama ini pasti sperma dikeluarin didalem..wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  9. Depoy,
    Tapi loe kan pengguna IUD juga toh? Ya kalopun Dipta dapet adik, anggep aja kenang-kenangan dari Swedia sono. Kan mayan di akte lahirnya gak lahir di sinih. made in Swedia. Huhuhu...

    ReplyDelete
  10. nah tu die,, lah pan gw pemakai IUD pertama di geng racun bukan? huhu.. Terlalu PD selama ini ya gw ga pernah kondom2an..(emang enak yak pake karet? tampak tak tertarik ;p) dan olwes keluarin didalem.. terlalu PD bukan?

    Yah kalopun jadi alhamdulillah, walaupun diluar planning huhuhuhu.. ini masih tetep menanti si bulan yg blm datang juga..tapi serangan tetep dilaksanakan terus menerus..hayaahh....piye toh ikiiii

    ReplyDelete
  11. @ Depoy,
    Lah gw juga sama kayak loe. Kalo emang kebobolan, anggep aja takdir yang harus kita syukuri..
    Asyik...asyik...akhirnya ada yang hamil kedua juga di genk racun..dan di genk mesum

    ReplyDelete
  12. hoho..aku jd takut mau pasang IUD..bukan tkt pas pemasangannya..tp takut kl dah pkae IUD tnyata hamilton lg dan dokter mengubek2 rahimku untuk mencara dimana tuh IUD:((hu3 menyeramkan sekali..mang tuh IUD ga bs dipakein GPS ya jd bs ketauan keberadaanya kl someday hilang dr t4nya...

    ReplyDelete
  13. @ Mbak Nidyizsme,
    Emang sih kalo hamdun, tuh IUD harus dicari lagi sampe ketemu...

    ReplyDelete
  14. Ini emak alvaro yg kaga tau gmana cr ninggalin comment ya sudah bgini aja sejujurnya aku tak mengerti apa yg sdg dibicarakan maklumm msh perawan he he Wwwwwww baru tau kalo emake dipta lg deg deg ser

    Sàrung cap mangga gajah nungging. Enak2 aja mak he he he

    ReplyDelete
  15. Wah ada emak Apawo...
    Jiaaah...ngaku masih pere..lah tuh Apawo mau dikemanain, mak?? hihihi

    ReplyDelete
  16. ndah..terakhir kontrol kapan?gw disuruh kontrol setiap ...berapa waktu ya? malah lupa hehehe kalo bergeser ntu tu yang gaswat :p emang ga ada yang 100% memberi protection..tapi setidaknya kan usaha prevention daripada ga samasekali ..ibarat pengendara motor yang pake helm dan ga?lo bisa sama2 bocor kepalanya tapi beda kan satu bocor cepat dan parah..satu lagi belom tentu langsung bocor heehehehe (ngaco.com)

    ReplyDelete
  17. waduh...
    baca2 jadi jiper sendiriiii...
    gw juga SC soalnya, dan berhubung kemarin prematur alias kurang bulan, jadi gak pernah yang namanya periksa dalam *pernah HAMPIR sekali, tapi dokternya langsung batalin karena gw dengan teganya nyakar tangan perawat yang di sebelah gw sambil nangis saking sakitnya T_T*

    btw, slam kenal ya say..gw myaiRa dari TUM..
    nambah link boleh yiaaa

    ReplyDelete
  18. Nisa,
    Gw harusnya kontrol December apa Januari gitu deh. Tapi gak sempet mulu secara Prof Yun praktek Rabu-Jum'at jam 3 sore. Tapi Insya Allah mau cek bebi cek Maret ini deh

    Aira,
    Salam kenal juga.
    Toss dulu dong gak pernah ngerasain periksa dalem. Sekalinya diobok-obok ya pasang spiral ini. Sakitnya lumayan kok. Tapi jangan parno say, temenku Depoy gak sakit sama sekali lho...*wink wink*

    ReplyDelete