10.28.2009

Ganesha di Usia 6+ Bulan

Hmm...Gak berasa minggu depan Ganesh akan berusia 7 bulan. Pengenalan makanan pun akan bertambah.
Dari makanan yang coba gw perkenalkan ke Ganesh di usia 6 bulan, ada yang menjadi makanan fave, ada yang biasa aja (dalam artian gak doyan-doyan banget, tapi yah tandas juga sih walopun rada lama), dan makanan yang sama sekali gak doyan.


Makanan yang paling digemari Ganesh : Pear, Apel, Havermout, Pepaya.
Dia gak pernah nolak kalo disodorin makanan di atas.


Makanan yang biasa aja. gak terlalu susah, tapi juga gak secepat makanan di atas buat ngabisinnya : Pisang, labu parang, avocado, Japanese sweet Potatoes (Ubi Jepang)


Makanan yang rada disembur-sembur sama Ganesh : gasol, bubur kacang hijau


Makanan yang kayaknya gak doyan samsek : kabucha, zuchinni **apa gw salah ngolahnya ya??**

10.24.2009

Do I need a Maternity Bra?

Hm..terkadang gw merasa gak ada perbedaan yang berarti waktu gw masih lajang, jadi istri dan sekarang menjadi mommy.


Semua keliatan gak ada yang berubah sejak kehadiran Ganesh. Kecuali boops yang semakin berisi. Walopun gw tetep harus mengakui tidak se-significant Oma Dolly Parton atau Jeung Pamela Anderson.
Gw tetap harus nambah nomor dan ganti size cup bra. Well, so far, gw belon ngerasa perlu pake maternity bra alias bra menyusui keluaran Mark & Spencer, Elling Bra maupun Mothercare.


Buat gw, maternity bra keluaran Sorella tanpa kawat udah bikin gw pewe untuk jadi BuSui Siaga. Kapanpun datang request dari Ganesh, gw tinggal buka pengaitnya. Dan yang gw dapet dari senam hamil di RSB YPK dulu, bidannya justru merekomendasikan tanpa kawat.

10.23.2009

Artikel Kontroversial Di Kalangan BuSui Ituh...

Kemarin dapet tweet yang isinya membahas artikel yang ditulis di The Jakarta Post.com tanggal 20 October 2009. Judul artikelnya " Live porn aboard an economy train? " aja udah mengundang keingintahuan. Belon lagi ditambah banyak komen mengenai artikel ini di tweets dan di milis kesayangan ibu-ibu menyusui.


Gw jadi penasaran pengen baca sendiri...dan inilah gw kutip artikel yang kontroversial itu dari The Jakarta Post. Yuks kita baca sama-sama :

10.21.2009

Musim Gempa

Kayaknya akhir-akhir ini gw jadi parno soal gempa. Belon lagi gw follow twitter nya BMG. Perasaan mah tiap hari ada aja tweet gempa.


Belon lagi gw pernah baca ada tweet nya temen gw yang bete banget soal issue prediksi gempa tanggal 24 October yang katanya bakalan gede di Jakarta. Iiih..makin bikin parno tapi sebel juga sih kalo cuma iseng bikin issue tanpa ada dasar ilmiah yang jelas!


Well, gempa yang menimpa Ujung Kulon dan berefek di sebagian tempat di Jakarta dan sekitarnya minggu kemarin juga ternyata berefek juga ke gw. Gak secara langsung gw ikut ngerasain gempa. Cuma gempa dan gempa ini bikin gw dan suami gw jadi parno.


Kurang lebih seminggu yang lalu, gw dapet tweet dari Iti soal adanya issue Metro SALE hanya satu hari sajah up to 70% tanggal 16 October 2009. Tadinya gw gak berharap bisa ikutan Metro Sale ini secara jatuh pada hari Jum'at. Secara gw kerja di Cikarang, pulang jam 5 mana mungkin bisa ke pusat kota. Pan gak ada Metro Dept Store baik di Bekesong maupun Cikarang, saudara-saudari! Jadi gw udah mulai melupakan iming-iming discount ini.


Tapi entah nasib baik Tuhan mengizinkan hamba-Nya ini bisa menikmati sedikit kebahagiaan untuk menghabiskan sedikit uang di sana *hohohoho..here I come, Miss Lebayy!!*, hari Jum'at itu Boss gw mengizinkan gw untuk berkunjung di Electric Exhibition di Kemayoran, Jakarta. Kebetulan company gw buka stand di sono. Dan kebetulan lagi, gw gak dapat mandat untuk jaga stand. So, gw bisa datang dan pergi sesuka hati.


Huaaaa...peluang untuk ikut Metro SALE terbuka lebar. Jadilah gw gak balik ke kantor tapi langsung menuju TKP di Metro, PS seabis pulang dari exhibition. Hm...sebenarnya temen2 gw yang barengan dari kantor ke exhibition juga baru keluar dari Kemayoran jam setengah 4 sore. Buat apa juga balik ke kantor nyampe jam 5 sore toh??

10.12.2009

After Lebaran, ART sistem PO Maupun Ready Stock Jadi Fast moving Item

Beberapa hari setelah lebaran berlalu, gw mulai kelimpungan mencari ART pengganti Wowo yang meninggalkan kami untuk kembali berkumpul dengan keluarganya. (Baca postingan gw Kekhawatiran Terbesar Working Mom : ART sebelumnya).
Sebenarnya seminggu sebelum lebaran, gw udah minta tolong Mbak Pur untuk dicarikan ART dari Blora (mertua Mbak Pur kebetulan tinggal di Blora). Dan Mbak Pur udah confirm bahwa ada dua stock ART, yang satu ibu setengah baya dan anaknya berusia 18 tahun.


Berhubung Mbak Pur tahunya kalo gw prefer yang tua ketimbang yang masih muda, maka gw dijanjikan ibu-ibu tadi. Tapi sebelumnya Mbak Pur mewanti-wanti kalo ibu ini kemungkinan cerewet (secara ibu-ibu gitu loh!), gak begitu resik untuk bersih-bersih tapi bagus untuk momong bayi dan jujur.


Gak tahu kenapa sebenarnya hati gw juga gak begitu sreg dengan kandidat I ini, cuma karena kepepet dan Hani mendesak untuk menerima, akhirnya gw pun bilang oke ke Mbak Pur. Mbak Pur bilang kalo ibu tadi udah confirm dan akan ke Bekasi setelah lebaran.
Okay, gw pun mudik dengan tenang...Di rumah mertua, ibu mertua dan kakak ipar kembali ngingetin soal ART, gw pun dengan PD nya bilang " Everything is under control.."


Sekitar 4 hari menjelang liburan lebaran usai, Gw konfirm lagi ke Mbak Pur kapan si kandidat I bisa ke Bekasi, akhirnya gw dapat kejutan! Sang Ibu baru bisa ke Bekasi sekitar tanggal 6 October nanti. Karena dia masih ingin berlibur dengan anak-anaknya. kebetulan dia sedang di Surabaya.


What?!?!? Sementara gw udah kembali kerja tanggal 28 September dan gw gak mungkin cuti secara gw ada ISO Surveillance Audit di tanggal 29 September. Dengan berat hati terpaksa kandidat I gw cancel. Dan ternyata suami Mbak Pur pun udah cancel duluan dengan pertimbangan ibu itu kok kesannya jual mahal, gak komit, kayak ndak butuh kerja.

10.05.2009

Peralatan Tempur MPASI Ganesh

Gw mau posting secara terpisah peralatan perang MPASI nya Ganesh. Harusnya gw posting sebelum mulai MPASI, tapi kok kayaknya hingga menjelang mau MPASI beberapa barang belon siap. Padahal gw dah mulai nyicil belanja keperluan MPASI nya Ganesh sejak dia usia 5 bulanan.


Semoga gak nemu lagi ada yang bilang belanjaan MPASI nya Ganesh heboooh. hihihi...Ya maaaap, Bu...but I love shopping! Even not for me, but for my little hero! Cobain deh kalo udah punya anak. *mencari pembelaan diri*


Lagipula peralatan makan dan masak Ganesh harus terpisah dari yang biasa gw pake sehari-hari.


Gw jabarin satu persatu ya...
KADO
1. Blender Miyako
Ini buat menghaluskan makanan Ganesh sebelum disaring. Ini kado pernikahan yang belon kepake. Jadi gak perlu beli blender lagi.


2. Juicer Sanyo
Ini buat bikin juice Ganesh. ini juga kado pernikahan yang belon kepake.

First Solid Food (MPASI) Ganesh

Sebenarnya Ganesh udah bisa mendapatkan makanan padat pertamanya atau istilah umumnya MPASI pada tanggal 1 October 2009 pas dia berusia 6 bulan. Tapi berhubung tanggal 1 October jatuh pada hari Kamis, dan mommy nya sok pengen nyiapin segala sesuatu maka diundurlah MPASI Ganesh ke tanggal 3 October (barengan sama ZK deh kayaknya).

Well, seperti yang gw bilang di posting sebelumnya bahwa gw emang gak ikutin MPASIRumahan yang mulai dengan serealia melainkan alpuket. Ini sih petunjuk yang gw dapet waktu ketemu dr.Jack Newman Agustus yang lalu. Apalagi Hani juga setuju kalo gw mulai dengan alpuket dulu.

Waktu pertama kali disodorkan alpuket kerok dan saring ke lidah Ganesh, dia gak bereaksi apa-apa. Cuma bengong, senyum dan cengar-cengir gak jelas. Okay, gw lanjutkan dengan asumsi dia mau maem tuh avocado. Secara kalo dia gak doyan, dia bakalan ngernyit, melepeh (ya gak sih? apa gw sotoy lagi??)

Huaaa...avocado nya gw kasih dalam botol sendok Pigeon (weaning bottle) dan habis lho. Good boy! Sebelumnya Nuke udah wanti-wanti kalo avocado ini bagus dan berserat sehingga katanya pup nya jadi lancar. So far hingga hari ini tidak ada tanda-tanda alergi, pupnya pun bagus. (dalam artian bukan berseni, tapi gak cair dan diare gitu).

Gw nerapin Four day Waiting Rule (yang gw persingkat jadi Three Days Waiting Rule) dalam MPASI pertama ini. Artinya dalam minggu-minggu pertama ini gw akan memperkenalkan makanan yang sama selama tiga hari berturut-turut untuk menganalisa apakah Ganesh mempunyai alergi atau intolerant terhadap makanan tertentu. jadi jika ditemukan adanya tanda-tanda alergi, gw tahu betul apa yang dimakan Ganesh selama 3 hari terakhir. Juga jangan lupa mengamati pup nya bayi. Gw sampe mencontek tabel nya Bunda Dita. Hihihi...

Minggu pertama ini rencananya gw hanya memperkenalkan satu kali makan, yaitu di jam 07.00-7.30 pagi. Ini pun hanya satu jenis makanan dengan 3 days waiting rule tadi.

Selanjutnya di minggu kedua, rencananya gw akan berikan makan pagi plus puree buah di jam 14.00.
Dan di minggu ke-3 dan ke-4 akan memberikan makan pagi, snack buah di jam 10.00, jam 14.00 dan makan sore di jam 17.00. Nah di minggu ke-3 dan ke-4 inilah gw mulai variasi dua jenis makanan dalam satu kali maem.
Katanya sih sebaiknya gak memberikan makan di atas jam 17.00 sore.

Merujuk dari website sehatgroup,MPASIRUMAHAN, dan wholesomebabyfood, ini planning makanan yang akan gw perkenalkan ke Ganesh untuk usia 6 bulan.

Serealia : tepung Beras merah wangi, tepung beras cokelat (keduanya gw beli GASOL aja, praktis, gak instant dan berasal dari perkebunan organik), sweet potatoes (ubi jepang sih kata Meryl), Oatmeal atau havermuth (pilih jenis yang harus dimasak, jangan pilih yang instant,tinggal tuang air panas!), kacang hijau (kayaknya mau coba numbuk sendiri terus ayak jadi tepung. Soalnya mau nyobain dulu doyan apa gak. Mengingat pengalaman beberapa anak temen gw gak begitu suka kacang hijau)

Sayuran
: kabucha (sama gak sih dengan labu parang), butternut pumpkin, zucchini (huaa..udah ngebet pengen beli ini semua di Ranch Market Pondok Indah atau Oakwood. kalo kepepet di The Food Hall juga okay lah. Secara gw cari yang organik import)

Buah : avocado, pisang, pear, apel. Baru tahu kalo apel pun harus apel Washington, Red delicious, Machintos, Royal Gala. Kalo apel Fuji katanya asem.
Untuk pear, sebaiknya pear Xiang Li.

Kalo NO MSG, NO GarGul (Garam Gula) hingga 1 tahun sih emang udah petunjuk dari semua referensi, tapi Gw juga menunda memberikan acidic fruit hingga 1 tahun, termasuk tomato. Ini gw manut pada wholesomebabyfood.

Okay, semua petunjuk, planning sudah fully noted! Tinggal implementasinya niy. Untungnya Mbak Ganesh yang baru ini lumayan berpengalaman meng-handle baby modern. Jadi gak perlu diajarin sampe ke basic nya. Dia udah ngerti soal ASI, manasin ASIP, steriliin botol dan cara bikin home made MPASI.

Ternyata penantian selama seminggu mencari ART di sana sini itu ada hikmahnya...
Coba kalo gw langsung dapet ART yang setengah baya yang cancel waktu itu...pastinya gw harus setengah modar lagi me-brain-wash pikirannya soal instant MPASI.

UPDATE :
request dari Mama Lana yang minta foto ekspressi Ganesh pas dikasih 1st solid foodnya. Berhubung Ganesh belon bisa duduk mantep dan mommy nya masih takut maksa didudukin di high Chair, jadilah Ganesh maem duduk di bouncer. Tetep ngebiasain gak maem di taman...selain takut disantroni debu dan serangga, males juga mommy nanti ngejar2 di taman kalo dah bisa jalan dan lari-lari. :D

10.02.2009

Batik's Day

Sesuai dengan himbauan HRD bahwa hari ini memakai Batik sebagai dress code ke kantor, kemarin udah pada heboh. Yang belon punya batik langsung request nitip beli batik sama Mbak Anny temen kantor gw. Huhuhu...


Ada juga yang reseh pas ditanya basa-basi kenapa gak pake batik. Masa ngejawabnya " Enak aja pemerintah nyuruh gw pake batik. Dia mau gak beliin gw batik?!?"


Gubrakkks!!
Hey Men, hari gene minta subsidi Batik baru mau pake batik...wedeeeyyy..pliiis dong ah. Batik yang 25rebuan juga sekarang banyak kalee. Masa sih kudu nunggu dibagiin pemerintah? Aya-aya wae emang..


Kalo gak mao ikutan mah, gak usah banyak comment yang gak penting gitu ah. Toh juga gak pake batik gak kan dikasih Warning Letter sama HR kok
Danar Hadi Batik Dress | Wondershoe Flat Shoes
Eniwei baswei, forget it! Gak penting juga ngurusin yang gituan.
Ngerusak mood untuk foto-foto narcist. Oya ini gw di antara kolega gw dan Officer gw.


Kenapa dua orang ini make batik yang sama alias sarimbitan ?? oouuch...jangan nebak karena dari Panti Asuhan yang sama atau batik subsidi pemerintah lho!
Tapi emang ini gara-gara nitip borongan sama Mbak Anni...hihihi


Abis foto-foto baru inget, ntar malem gw dan Hani harus masangin High Chair kado dari temen-temen Hani di Garudafood.


Soalnya kemarin tanggal 1 Oktober kan Ganesh pas 6 bulan dan harusnya udah MPASI. Tapi berhubung mommynya heboh mau nyuapin first solid foodnya Ganesh, terus alpuketnya juga belon mateng (Ganesh milih alpuket sebagai first solid food, nyelenh dari MPASIrumahan), maka ditundalah sampe besok pagi.


Well, Happy Batik's Day, everyone!!
Do'ain ya supaya besok pagi Ganesha doyan alpuketnya dan maemnya banyak...huhuhu
Selanjutnya mommy harus bisa masak buat Ganesh niy...**terakhir masak buat Hani, Hani memilih masakin sendiri huhuhu**