12.01.2009

Rencana MPASI Ganesh 8 Bulan

Gileee...hari ini borongan posting blog dalam rangka semangat menyambut MPASI Ganesh 8 bulan. Semoga postingan yang sekedar sharing ini bisa jadi bahan diskusi buat MPASI anak-anak kita.


Ibuk-ibuk yang terlebih dahulu pengalaman, kalo ada kekurangan, monggo ditambahin ya...Kami ibuk-ibuk muda belia kinyis-kinyis **jiaaaah** butuh masukan dan petuah dari Bunda, mama, mommy, ibu, ummi dalam menyiapkan menu sehat bervariasi untuk bayi 8 bulan. Hihihi...


Menu MPASI 8 bulan sudah disusun dan bisa didonlot atau unduh filenya tersendiri di samping ya, Moms. **pede aja kalo ada yang butuh inspirasi bikin menu.**


Planning nya masih ngikutin tabel rekomendasi sehatgroup. **Gak tahu juga deh kalo emaknya napsu pengen mempercepat pengenalan makanan lain secara Ganesh belon keliatan ada bakat alergi**


Serealia :
Selain yang udah diperkenalkan di usia 6-7 bulan, nambah lagi nih makanan baru. Asyiik..tambahan variasi Ganesh bulan ini: roti gandum dan crackers.
Tapi gw belon masukin cracker lho di menu. Ntar jadi bingung juga cari cracker yang aman buat bayi 8 bulan nya...riweuh!


Sayuran :
Horee...akhirnya bisa memperkenalkan bayam, wortel (bisa bikin sup nih!), kangkung, sawi putih, sawi hijau, brokoli, bit ke Ganesh. Harusnya bisa kenalin asparagus juga.
Tapi untuk asparagus ini, dadakan aja deh. Takutnya kalo diplanning bakalan susah nyari asparagus nya. Kudu di supermarket premium gak sih?? Sementara di Bekesong belon ada supermarket premium. **apa gw yang gak tahu??** Hiks!


Buah :
Kudu beli di supermarket premium neh : Pear, Aprikot.
Dan Mangga! Yeeees! Sekarang masih musim..walopun udah mo ganti musim rambutan. Tapi at least, Ganesh udah boleh ikutan maem mangga kalo Hani ngupasin mangga. **bakalan dikutuk jadi istri jambu monyet deh gw!**


Protein :
Cuma Kuning telur nya aja ya. Putih telurnya disisihkan.
Hm...gw pilih telur ayam kampong sih. Tapi tetep jangan keseringan ya moms.
Maximal 5 kali seminggu..ntar gw inget-inget lagi deh informasi inipernah baca dimana. Atau ada yang mau bantu ingetin??
Terus udah boleh dikenalin daging sapi juga. Kalo kalkun?? hhmmm...boleh kok, cuma musti ke supermarket premium lagi kah? Coret dulu deh. Sama kayak asparagus! Dadakan ajah senemunya nanti!



Di usia ini juga udah boleh dikenalin fingerfood dari buah atau sayuran gitu lho.
Gw rencananya di usia 8m14d mau ngenalin agar-agar serut puree buah sebagai cemilan. Biar gak bosen makan buahnya dibikin puree melulu.
Pilih agar-agar yang plain ya, biar bebas zat pewarna.
Pewarnanya cukup yang alami aja, yaitu puree buah yang kita campurin ke agar-agar.


Update-an dari pertanyaan gw ke Pak Wied Harry Apriadji di milis Gizi bayi Balita tentang boleh gak bayi 8+ dikasih cemilan agar-agar buah

Yang utama adalah pastikan keterampilan makan si kecil sudah baik. jangan sampai ia *keloloden*. Tentang ini setiap bayi berbeda, bisa saja bayi kita lebih mampu menikmati puding agar-agar dibanding bayi lain yang seusia.

Puree buah sebaiknya dicampur setelah agar-agar banyak berkurang uap airnya, supaya Vitamin C dan antioksidan buah tidak rusak



Untuk sementara ini belon ada planning Ganesh dikasih biskuit bayi sih.
Katanya biskuit yang direkomendasiin tuh Baby's Choice biskuit beras yang bebas melamine. Nemu di Baby Shop, Online Shop dan supermarket. harganya berkisar 25K-30K/box.


Nah, kalo Gerber Puff nih rada mahalan. (Rada?!?!? Mehong kaleee!!!). Cuma ada di Grand Lucky Supermarket dan Baby Shop. Harganya 70K/pc. Kelebihan biskuit ini langsung lumer di mulut bayi, jadi memperkecil resiko tersedak.


Tapi emang enyaak lekeeer kok...Dhita, Bunda Azka aja doyan! Ya gak, Dith? Hayooo ngaku suka ngembatin Gerbernya Azka!!!


Ck ck ck...daripada gw kudu ngabisin duit 100K cuma buat biskuit doang (Emak-emak medit) sementara gak jelas juga pake pengawet apa gak, di komposisinya masih tetep pake gula walopun kadarnya sedikit, gw udah mikir mending gw bikin homemade biskuit ajah! Murah, sehat, dan Ganesh juga bisa banggain mommy!


Walopun gw akan sodori Ganesh biskuit bayi awal tahun depan (soalnya keju, butter, yogurt pokoknya turunan susu sapi deh) baru mau dikenalin usia 9 bulan, tapi gw udah mulai invest beberapa barang untuk bikin homemade biskuit. **Alasen emaknya ajah yang emang demen belanja!!**


Emang sih berasa mahal invest pertamanya...invest lagi, belanja lagi...belanja peralatan tempur MPASI nya Ganesh aja udah bejibun.


Tapi liat dong efek ke depannya. Ini akan semakin mengukuhkan niat Mommy Ganesh untuk menjadi mamaku koki handal! Jia You, Mommy Ganesh!! **jiaaah menyemangati diri sendiri**


Bisa baking kue sendiri dan menyajikan cemilan sehat buat buah hati...kalo kebanyakan bisa untuk suami tercinta. Huhuhu...**bisa gak ya?? Apa niat doang??**


Alhamdulillah, niat untuk bikin homemade cemilan ini tampak direstui oleh Yang Maha Kuasa. Long wiken kemarin dapet :


- OTANG a.k.a Oven Tangkring HOCK
Ini lungsuran dari Tantenya Ganesh yang beli oven baru. Mommy emang gak pengen punya oven listrik maupun oven gas. Lah..masih amatir gini, punya oven ginian aja udah syukur Alhamdulillah.


- Stand Mixer
Dapet voucher Metro..daripada dibelanja belanji baju-baju gak jelas, bikin lemari numpuk mulu..akhirnya Mommy menunjuk Stand Mixer buat berjuang baking-baking awal tahun depan! jadilah punya stand mixer gretong! Huhuhu...


Tinggal beli loyang kue nya aja nih..pengennya sih beli di Pasar Senen. Soalnya lengkap kap kaaaap! Plus kocokan telur manual, spatula, timbangan...lho? lho? lho? Katanya tinggal loyang doang..**ini jeritan hati Hani!**


Ada banyak banget resep yang gw copas dari file milis mpasirumahan dan keluargasehat yang menjadi inspirasi gw dalam menyusun menu 8 bulan ini. **terima kasih ibu-ibu koki handal yang mau sharing resep-resep dashyat nya. Lop yu pulll daaah!!!**


Ada beberapa resep yang menggunakan keju, tomat tapi gw edit dan eliminate karena gw belon ngenalin keju dan tomat di usia 8 bulan ini.


Beda dengan resep MPASI 7 bulan, gw gak jambrangi satu per satu resep 8 bulan di postingan ini karena terlalu panjang.
Terinspirasi *nyontek sih lebih tepatnya* blog Bunda Dita ( Lop yu pull juga, Bun!), gw taruh filenya di kumpulan file yang bisa didonlot. Maapkan aku yang tidak kreatif ini,Bun!


Soalnya ada juga yang kesulitan mencari resep MPASI 8 bulan di file milis mpasirumahan karena belum menguasai caranya. *SOK!*


Akhir kata **pidato, neng?!** sayah cuma ingin menyemangati working moms lain: Bekerja bukanlah alasan kita gak bisa menyuguhi makanan sehat untuk keluarga.
Tapi semua tergantung bagaimana kita mensiasati dan memanage nya dengan baik...**astaga, ini Indah ya yang ngomong??** ck ck ck...

8 comments:

  1. Gak bosen kok walaupun postingannya borongan, itung2 merefresh lagi nih persiapan untuk nanti :)

    ReplyDelete
  2. Mom, OTANG itu oven yang ditaruh di atas kompor itu ya? Soalnya saya juga lagi kepikiran beli Oven nih (telat dot com, hare gene baru nyari oven). Kayaknay asyik bikin kue kering sendiri *hallah..berulang kali ini cuma niat doang hehehe*. Di potoin dong mom peralatan tempur buat cemilannya Ganesh itu :-)

    Hehehe gak papa lagi terinspirasi (atau nyontek hihi) dari blognya Dita. Seneng deh jadi inspirator *hallah * . Selama buat kemudahan ibu2 yang lain demi mendapatkan info yang berhubungan dengan anak, no problemo :-)

    ReplyDelete
  3. @ Lidya
    Halo ibu tetanggaku, monggo atuh kalo mau jadi referensi..*sigh**

    @ BunDit,
    Ya Bun, itu OTANG emang oven yang dipanggang di atas kompor. Abisan kalo oven gas/microwave belon sanggup invest dalam waktu dekat, Bun.

    Kalo oven listrik, pengaruh ke daya listrik di rumah juga kan.
    Lagian aku mikirnya ini cuma buat sesekali bikin kue kok, ndak tiap hari ya mau beli yang murah aja.

    Apalagi yang mau ngelungsurin cuma bisa kasih OTANG ini doang. Heu heu

    ReplyDelete
  4. mom...mau tanya...zucchini itu timun jepang bukan? di superindo deket kantor adanya timun jepang tapi gak tertulis zucchini. kalau kabocha ada. trs mau nanya butternut pumnkin itu apa? heehe...makasih

    ReplyDelete
  5. Mietha,
    Kayaknya timun Jepang sama Zuchinni beda ya. Soalnya kalo di gerai carefour, Timun Jepang itu ditulisnya timun jepang/kyuri, sementara Zuchinni yah ditulisnya Zuchinni. Makanya aku asumsi beda ya..
    Kalo butternut pumpkin itu jenis labu-labuan aja. Cuma import deh kayaknya. Dan kayaknya lagi aku baru nemu di SPM Premium kayak The Food Hall dan Ranch Market.

    Kebetulan Ganesh gak doyan kabucha, Ma. Doyannya labu parang. Apalagi dari ceritanya Bunda Azka, Azka doyan butternut pumpkin, ya sutralah akhirnya dicoba buat sekedar variasi sayurnya Ganesh.

    ReplyDelete
  6. Bun.. I like your post.. numpang print menu list and recipes-nya ya... thanks a bunch!!

    ReplyDelete
  7. @ Mbak Pipit,
    Monggo, Mbak..Makasih udah mampir.

    ReplyDelete
  8. bunda ganesh, thx banget ya, dua hari ini nyobain puding buah, kacang ijo buah sayuran plus nasi tim saring tempe (variasi sendiri cuz blm dikenalin daging). Alhamdulillah, nafa suka banget. hab, hab, lahab bener makannya... :p

    ReplyDelete