12.21.2009

Investasi Bakers

Wah udah mulai menghitung hari menjelang 1 Januari 2010. Bukan hanya pergantian tahun dengan resolusi baru, tapi juga saat itu Ganesh tepat usia 9 bulan!
Meaning...Ganesh udah boleh diberikan produk turunan susu seperti keju, yogurt! Gw juga gak sabar bikinin so called homemade biscuit buat finger food Ganesh (dan emak bapaknya Ganesh tentunya!).

Dan demi memenuhi request dari Bunda Dita, akhirnya dengan malu-malu kucing akhirnya gw memberanikan diri *ehm ehm* untuk menjambrengi beberapa investasi yang masih belon ada apa-apanya dengan ibu-ibu yang gemar terjun ke dapur lainnya.

Peralatan ini gw beli di Pasar Senen. Oooh..sungguh dagangan mereka super lengkap bikin gw jadi kelamaan mikir mau beli apaan lagi. Tapi Hani mah gak demen ke sini. Gw aja setengah ngambek ngajakin dia nemenin gw ke sini.

Okay, ini dia ya investasi gw…CEKIDOT *ala Olga di Dahsyat!*




1. OTANG a.k.a Oven Tangkring Seperti yang pernah gw cerita di posting sebelumnya, gw dapet lungsuran oven tangkring HOCK no. 4 dari kakak gw yang punya oven baru.
Wahduh..boro-boro mau investasi microwave atau oven kompor yang canggih itu, dapet oven lungsuran ini aja gw udah joged ala Bang Rhoma banget. Hihihi..

Kalo gw udah jago gape gitu, baru deh gw mulai mikir-mikir punya oven mehong. Sementara ini kan baru belajar dan ngumpulin smangat aja ya gw rasa cukup dengan manpaatin yang udah diberikan secara gretong.

Oya, sebelum dapet lungsuran ini, gw sempat brosing soal beli oven mursida.
Nah katanya OTANG ini adalah salah satu jenis oven yang murce.

Aduuh Maapkeun nyak foto ovennya yang kotor…namanya juga bukan Brand New, tapi second..
Nah Oven Tangkring ini tersedia dengan berbagai merek seperti BIMA, HOCK, Butterfly, Mickey Mouse.


Tapi dari yang aku baca sih yang banyak direkomendasikan adalah merek HOCK ini. Harganya pun termasuk lebih mahal dibanding merek lain. Katanya bahannya lebih tebal, selain itu ada thermometernya juga buat ngukur suhu. Kalo udah gape sih, udah maen feeling aja dah. Nah kalo amatir kayak gw, kudu ngeliat step by step termasuk ngukur suhu.


Udah gitu kalo ntar-ntaran pengen bikin kue lapis legit **jiaaah, gaya loe, Ndah!!** kan memerlukan api atas tuh. Nah makanya oven HOCK ini punya cekungan di atasnya untuk naruh arang. Eh, gw gak tau juga deh apa OTANG lain punya cekungan juga apa gak ya.
Ukuran OTANG HOCK ini pun bervariasi lho. Yang paling kecil sih ukuran no.4 yang punya gw ini…

Kayaknya kalo mau beli OTANG HOCK ukuran no. 4 ini harganya mulai dari Rp 220K deh.

2. Stand Mixer
Udah pernah diceritain juga kalo gw punya stand mixer gretong ini gara-gara Hani dapet voucher Metro. Ya sudahlah beli Stand Mixer buat mengocok bahan kue. Susah nemu gambarnya juga di internet...

3. Loyang Kue

Mulai menyiapkan beberapa loyang untuk bikin cake. Secara oven yang gw punya adalah size paling kecil, makanya gw gak nyiapin loyang dengan diameter gede. Hanya loyang size diameter 22 yang cukup dimasukin ke oven gw. Sementok-mentoknya diameter 24 cm deh.

Dari atas ke bawah searah jarum jam : loyang persegi empat, loyang bulat, loyang untuk bikin kue kering maupun bolu gulung, loyang bongkar pasang.

Kalo gak salah harga loyangnya sekitar Rp 9K-10K an deh.

4. Kocokan Telur dan Loyang Puding
Kalo pengen bikin kue yang rada lembut dan tidak terlalu padat, menurut pengalaman gw, telur putihnya jangan dikocok bareng mixer, jadi dikocok terpisah pake kocokan manual ini.

Tenang ibu-ibu, gak sampe bikin tangan kita jadi berotot bin kekar kok.
Soalnya gak terlalu lama juga kocok telur putihnya. Paling Cuma 5-10 menit doang telur putihnya udah mengembang. Kalo standarnya gw sih secara masih amatir banget, ciri-ciri telur putih sudah mengembang itu, pas wadahnya dibalik, kocokan telur putihnya udah gak jatuh.

Oya, gw punya loyang puding dari plastik juga. Buat bikin pudding…heu heu heu. Me likey puding so much! Sluurrrppp.

Harganya kocokan telur putih : Rp 10K.

5. Cetakan kue
Masih dari atas ke bawah searah jarum jam: cetakan muffin atau yang sekarang lebih ngetop dengan so called Cupcakes; cetakan pie; cetakan kue putri salju; cetakan homemade biskuit Ganesh berbentuk bintang **semoga menurut Ganesh bentuk yang menarik** dan cetakan kastengels.

Harga cetakan cupcakes diameter 7 cm selusinnya Rp 12K. Cetakan kue kering 4 pcs Rp 12,5K, cetakan pie 20 pcs sekitar Rp 10K.

Ngebet pengen bikin cupcakes ini terinspirasi sama Ira, Ibunya Nadira di milis mpasirumahan itu lho. Tapi tentunya gw juga bisa ngukur kemampuan gw. Pilih kue yang simple-simple ajah.

6. Aneka cetakan kue semprit
Nah cetakan kue semprit ini buat ngehias cake yang pake buttercream itu lho. Yah sapa tahu biskuit Ganesh juga bisa dibentuk ala kue semprit. Isinya selusin Rp 10K kemarin.

Gw gak tahu juga apa gw beli dengan harga yang masih kemahalan apa gak. Tapi kalo dibandingin di Giant sih, harga yang gw dapet sih masih murah lah.
Maklum, gw orangnya gak bisa nawar. Apalagi Hani udah keburu gak nyaman di situ. Jadi belanjanya keburu-buru gitu. Alasannya Hani sih serem lama-lama di sono katanya!

Tapi karena gw dari kecil emang udah sering nemenin Alm Bokap sama Kakak gw belanja di Senen jadi udah biasa aja. Gak berasa parno, gak berasa serem..yah kayak gw pergi ke pasar biasa aja.

Nah segitu aja barang-barang punya Mommy Ganesh. **Ampyuuuun...kalo ada yang mau nimpuk gw over-belanja lageeh!! hihihi. Maklum MakMud (emak Muda) Kalap!!**
Kalo ada yang mau kasih masukan, yuks kita share di sini. Tapi jangan yang negative yak yak...soalnya eike moody orangnya. Ntar jadi males bikin kue deh ujung-ujungnya. Huhuhu...ma

Tapi kalo mau nanya-nanya lebih lanjut soal gimana prakteknya, teknisnya, tips dan triknya, heu heu...maaap ya, eike masih kudu banyak buka resep, brosing dan sharing deh. Yang jelas gw baru mau mulai masuk grade 'BASIC' niy, belon nyampe ke kelas intermediate dan advance.

Tapi teteup do'ain dong semoga semangat gw untuk bikin homemade biscuit nya Ganesh tetap menyala. Way to Go, Indah!

Mungkin gw akan attach hasil brosing dan copy paste dari file milis mpasirumahan. Sapa tau ada ibu-ibu kesliwer matanya pas cari di milis dan gak nemu. Yuk Mareeee
...

6 comments:

  1. aku udah ngumpulin alat2 buat kue ,sampai beli oven listrik. udah ada malah males bikin kue hehehe

    ReplyDelete
  2. Hai! baru aja kemaren gue bikin cup cakes.. ada tuh resepnya di pos juga ;)

    ReplyDelete
  3. @ Mbak Lidya,
    Aku pada dasarnya juga demen bikin kue.

    @ Mbak Dewi,
    Yaa...aku dah liat resepmu. Ntar ta' cobain boleh yaaaa?

    ReplyDelete
  4. hihih hebat lo ndah!gw terakhir masak biskuit, kue and the bre pas smp hwuahuaw lama abis..itu sampe gw bawa ke sekolah bagi2 temen2 gw :)) ntar deh ga males ngintop2 bagian sini lagi

    ReplyDelete
  5. Nisha,
    Huahaha...ini satu-satunya sisi kewanitaan gw yang menonjol. Gw demen masak terutama bikin kue. Tapi kalo soal ngehias cupcakes, eike kudu berguru dulu ke Ira Vampir, bok!

    ReplyDelete
  6. Waduuuh makasih mom, sudah memenuhi request ku. Requestnya selanjutnya adalah kiriman kue bikinan mommy Ganesh...lho? hehehe nglunjak ya :D

    Saya juga pengin bikin kue... tapi kok gak terpanggil2 ke dapur ya huhuhu :-(

    ReplyDelete