11.16.2009

Selebrity Kompleks

Seperti yang pernah gw ceritain, gw termasuk tipe penghuni yang P7 (Pergi Pagi, Pulang Petang, Penghasilan Pas-Pasan) di Kompleks Taman Rafflesia ini.
Walopun begitu masih gw syukuri lho, gw belon sampe jadi penghuni yang "berangkat barengan bubaran shalat Subuh, pulang bareng kuntilanak".

Tapi kendati demikian, gw juga mungkin termasuk penghuni yang invisible bagi sebagian ibu-ibu kompleks dan pelanggan Bang Toyip (tukang sayur kompleks gw) yang kerap beli sayur seraya up date gosip seputaran kompleks. Hayyah!


Waktu awal menikah sampe hamil 9 bulan, gw nyaris gak pernah beli sayur di Bang Toyip ini. Bukan napa-napa, karena Bang Toyip biasanya baru berdinas, ngetem di pangkalannya sekitar jam setengah 8. Yaah..gw dan Hani keburu berangkat kerja lah.


Sejak kehadiran Ganesha di keluarga kecil kami, ternyata mengubah social life gw dan Hani. Apalagi hadirnya Mbak Tuty, pengasuh Ganesh yang masih muda ketimbang BuDe dan Wowo, dia menjadi lebih terbuka dan bergaul dengan rata-rata penghuni kompleks.


Gak tahu apa karena Ganesh yang sumeh, menggemazkan ataukah karena satu-satunya bayi seusianya di Kompleks kami, jadilah banyak anak tetangga yang menghampiri setiap Ganesh keluar rumah. 
Bermula dari jalan-jalan di kompleks setiap sore, menemani Mbak Tuty belanja sayur di Bang Toyip, somehow, Ganesh mendadak jadi Celebs di kalangan ibuk-ibuk dan Mbak-Mbak ART.

Hampir semua ibuk-ibuk Rumah Tangga yang tinggal di kompleks mengenali dan sering menyapa " Dede Ganesh.." setiap kali Ganesh gw gendong dan berpapasan dengan ibuk-ibuk yang swear gw bahkan gak kenal itu siapa, tinggal di blok mana. **sok celebs!**
Respond Gw cuma senyam-senyum aja dan menjawab " iyaa..".
Apalagi gw juga termasuk jarang keluar rumah dorong-dorong Ganesh pake stroller keliling kompleks. Hanya sesekali aja dan masih dalam hitungan jari.

Pernah sewaktu gw melewati pos satpam, salah satu satpam menginformasikan " Tadi Ganesh sama ibuk-ibuk itu (maksudnya Wowo) kayaknya keluar kompleks, Bu. Mungkin beli makanan".
Owalah...padahal gw yakin satpam itu gak tahu nama gw yang sebenarnya kecuali Ibu Blok C** (nomer rumah gw). Tapi dia udah dengan sangat faseh hapal nama anak gw. ck ck ck...Gimana kalo Ganesh udah gede? hihihi...**maapkeun sayah ibuk yang lebayy ini**

Gw baru tahu kalo ada anak tetangga sebelah rumah gw kakak beradik ternyata pemalu sekali. Bahkan tadinya sang adik cowok nyaris gak pernah mau bergaul dengan siapapun kecuali mami,papi, kakak dan mbak ART nya. Dia selalu cemberut dan selalu bersembunyi di belakang Mbaknya jika bertemu orang lain.

Tapi sejak melihat Ganesh dan Mbak Tuty, akhirnya perlahan-lahan sang adik cowok ini menjadi teman Ganesh dan Mbak Tuty. Dia mulai mau bertandang ke rumah kami dan bermain sama Ganesh, Mbak Tuty dan kakak perempuannya.

Begitu juga kakak-adik anak tetangga depan rumah pun kerap bertandang dan main dengan Ganesh. Kalo dipikir-pikir bayi usia 7 bulan emang udah bisa diajak main apa sih. Tapi gak tahulah, sang adik mau berbagi mainan mobil-mobilannya.

Yang tadinya susah disuruh mandi sore, tapi demi ngeliat Ganesh, mereka mau mandi sore tanpa penolakan dan memakan waktu yang gak lama seperti biasanya.
Gw sendiri selalu bilang ke Mbak Tuty, supaya bilang sama temen-temen Ganesh yang mau main untuk belajar dan bobo siang dulu, baru boleh main sama Ganesh.

Sering karena gw ngajak Mbak Tuty dan Ganesh nge-moll di Jakarta di wiken, otomatis Ganesh dan Mbak Tuty gak bisa beredar di kompleks seperti hari biasa. Biasanya para mbak ART dan temen-temen Ganesh suka pada nanyain " Ganesh kok kemarin gak main ke Taman Rusa sih?".
Taman Rusa itu taman kecil dengan beberapa patung binatang seperti rusa, harimau di belakang blok gw.

Gw jelas senang kalo kehadiran Ganesh udah membawa pengaruh positif buat orang lain. Terlepas dari Ganesh sendiri udah kayak selebriti. Semua kenal sama Ganesh, tapi merasa gak pernah kenal mommy nya.

Gw sendiri tetap mengingatkan Mbak Tuty untuk tidak membiarkan sembarang orang untuk mencolek atau menggendong Ganesh. Bukan karena over-protektive atau apalah. tapi Ganesh kan termasuk masih bayi, masih rentan akan virus. Kita gak pernah tahu rekaman medis seseorang. Apakah dia mengidap penyakit menular atau kondisi badannya sedang gimana sehingga bisa nularin Ganesh?
Belon lagi pemberitaan soal penculikan atau anak dibawa kabur. Boleh toh sedia payung sebelum hujan??

Sampe ada ART di blok belakang bilang sama Mbak Tuty dengan logat Jawa Ngapak (asal Purwokerto) yang intinya " Mbak'e, aku tuh belon pernah liat mamake Ganesh lho. kalo bapake, aku pernah liat dorong-dorong kereta".

Sampai suatu Minggu pagi, gw ngajak Mbak Tuty ke Indomaret di ruko kompleks gw seraya menggendong Ganesh. Tentunya harus melewati pangkalan Bang Toyip, dan di sana tampak banyak ibuk-ibuk, para mbak ART yang sedang memilih-milih sayuran dagangan Bang Toyip. Ada segerombolan mbak-mbak sempat memanggil Mbak Tuty dan mereka tampak bercakap-cakap.

Gw gak denger jelas apa yang mereka bicarakan kecuali sepenggal " oooh..itu toh mamake Ganesh.."

5 comments:

  1. maklum takut tenar ya mbak hehehe

    ReplyDelete
  2. hahahaha.. dasar mak-mak zaman sekarang..!! kayanya kita juga ga pernah deh ikutan arisan RT.. yaksss.. betul arisan RT,, pengajian RT.. sama posyandu di RT.. hahahaha

    ReplyDelete
  3. @ Mbak Lidya,
    Heu heu heu

    @ Ibunya Arkaan,
    Iyak..betul! Aku belon ikut arisan RT, pengajian kompleks. Klo posyandu, Ganesh ikut posyandu RW di rumah neneknya. Soalnya waktu lahir kan Ganesh ngungsi di rumah nenek.

    ReplyDelete
  4. Ganesh kan anaknya sumeh, jadi yang lihat pada seneng, jadi deh selebrity kompleks hehehe.

    Kalau saya juga skr cuma ikut arisan RT. Kalau pengajian udh gak, soalnya Dita susah ditinggalin karena msh nenen. Kalau arisan kan bisa tuh sambil nenenin, lha kalau pengajian kan gak bisa. Pokonya yg penting sih nongolin muka lah di lingkungan rumah :-)

    ReplyDelete
  5. Yah senasib mah sama gua Ndah...Udah capek kali ya kalo ada waktu luang dikit, bawaannya pengen tidur, masak (yang jarang dilakukan) hehe... Seenggaknya gua negor tetangga gua aja kalo lewat, biar dia ga lupa sama gua hihihi :)

    ReplyDelete