10.05.2009

First Solid Food (MPASI) Ganesh

Sebenarnya Ganesh udah bisa mendapatkan makanan padat pertamanya atau istilah umumnya MPASI pada tanggal 1 October 2009 pas dia berusia 6 bulan. Tapi berhubung tanggal 1 October jatuh pada hari Kamis, dan mommy nya sok pengen nyiapin segala sesuatu maka diundurlah MPASI Ganesh ke tanggal 3 October (barengan sama ZK deh kayaknya).

Well, seperti yang gw bilang di posting sebelumnya bahwa gw emang gak ikutin MPASIRumahan yang mulai dengan serealia melainkan alpuket. Ini sih petunjuk yang gw dapet waktu ketemu dr.Jack Newman Agustus yang lalu. Apalagi Hani juga setuju kalo gw mulai dengan alpuket dulu.

Waktu pertama kali disodorkan alpuket kerok dan saring ke lidah Ganesh, dia gak bereaksi apa-apa. Cuma bengong, senyum dan cengar-cengir gak jelas. Okay, gw lanjutkan dengan asumsi dia mau maem tuh avocado. Secara kalo dia gak doyan, dia bakalan ngernyit, melepeh (ya gak sih? apa gw sotoy lagi??)

Huaaa...avocado nya gw kasih dalam botol sendok Pigeon (weaning bottle) dan habis lho. Good boy! Sebelumnya Nuke udah wanti-wanti kalo avocado ini bagus dan berserat sehingga katanya pup nya jadi lancar. So far hingga hari ini tidak ada tanda-tanda alergi, pupnya pun bagus. (dalam artian bukan berseni, tapi gak cair dan diare gitu).

Gw nerapin Four day Waiting Rule (yang gw persingkat jadi Three Days Waiting Rule) dalam MPASI pertama ini. Artinya dalam minggu-minggu pertama ini gw akan memperkenalkan makanan yang sama selama tiga hari berturut-turut untuk menganalisa apakah Ganesh mempunyai alergi atau intolerant terhadap makanan tertentu. jadi jika ditemukan adanya tanda-tanda alergi, gw tahu betul apa yang dimakan Ganesh selama 3 hari terakhir. Juga jangan lupa mengamati pup nya bayi. Gw sampe mencontek tabel nya Bunda Dita. Hihihi...

Minggu pertama ini rencananya gw hanya memperkenalkan satu kali makan, yaitu di jam 07.00-7.30 pagi. Ini pun hanya satu jenis makanan dengan 3 days waiting rule tadi.

Selanjutnya di minggu kedua, rencananya gw akan berikan makan pagi plus puree buah di jam 14.00.
Dan di minggu ke-3 dan ke-4 akan memberikan makan pagi, snack buah di jam 10.00, jam 14.00 dan makan sore di jam 17.00. Nah di minggu ke-3 dan ke-4 inilah gw mulai variasi dua jenis makanan dalam satu kali maem.
Katanya sih sebaiknya gak memberikan makan di atas jam 17.00 sore.

Merujuk dari website sehatgroup,MPASIRUMAHAN, dan wholesomebabyfood, ini planning makanan yang akan gw perkenalkan ke Ganesh untuk usia 6 bulan.

Serealia : tepung Beras merah wangi, tepung beras cokelat (keduanya gw beli GASOL aja, praktis, gak instant dan berasal dari perkebunan organik), sweet potatoes (ubi jepang sih kata Meryl), Oatmeal atau havermuth (pilih jenis yang harus dimasak, jangan pilih yang instant,tinggal tuang air panas!), kacang hijau (kayaknya mau coba numbuk sendiri terus ayak jadi tepung. Soalnya mau nyobain dulu doyan apa gak. Mengingat pengalaman beberapa anak temen gw gak begitu suka kacang hijau)

Sayuran
: kabucha (sama gak sih dengan labu parang), butternut pumpkin, zucchini (huaa..udah ngebet pengen beli ini semua di Ranch Market Pondok Indah atau Oakwood. kalo kepepet di The Food Hall juga okay lah. Secara gw cari yang organik import)

Buah : avocado, pisang, pear, apel. Baru tahu kalo apel pun harus apel Washington, Red delicious, Machintos, Royal Gala. Kalo apel Fuji katanya asem.
Untuk pear, sebaiknya pear Xiang Li.

Kalo NO MSG, NO GarGul (Garam Gula) hingga 1 tahun sih emang udah petunjuk dari semua referensi, tapi Gw juga menunda memberikan acidic fruit hingga 1 tahun, termasuk tomato. Ini gw manut pada wholesomebabyfood.

Okay, semua petunjuk, planning sudah fully noted! Tinggal implementasinya niy. Untungnya Mbak Ganesh yang baru ini lumayan berpengalaman meng-handle baby modern. Jadi gak perlu diajarin sampe ke basic nya. Dia udah ngerti soal ASI, manasin ASIP, steriliin botol dan cara bikin home made MPASI.

Ternyata penantian selama seminggu mencari ART di sana sini itu ada hikmahnya...
Coba kalo gw langsung dapet ART yang setengah baya yang cancel waktu itu...pastinya gw harus setengah modar lagi me-brain-wash pikirannya soal instant MPASI.

UPDATE :
request dari Mama Lana yang minta foto ekspressi Ganesh pas dikasih 1st solid foodnya. Berhubung Ganesh belon bisa duduk mantep dan mommy nya masih takut maksa didudukin di high Chair, jadilah Ganesh maem duduk di bouncer. Tetep ngebiasain gak maem di taman...selain takut disantroni debu dan serangga, males juga mommy nanti ngejar2 di taman kalo dah bisa jalan dan lari-lari. :D

8 comments:

  1. Asyyyik.. dik Ganesh sudah mulai mamam solid. Oh ya mbak, kalau boleh tahu apa alasan dr Jack Newman merekomendasikan memulai MPASI dengan avocado ya? Saya seneng kalau ada info baru nih. Kalau dulu DSA nya Dita rekomen memulainya dengan pisang. Tapi saya memilih memulai dengan serelia karena saya anggap lebih "netral" soal rasa. Tapi bagi saya itu soal pilihan saja, setiap ibu punya alasan masing2 ya :-)

    Wah,,dik Ganesh pinter ya, melahap tandas avocado nya. Ke depannyalebih lahap mamamnya ya. Oh ya ikut seneng juga, mbak sudah dapat ART pengganti yang sesuai :-)

    ReplyDelete
  2. Iya, BunDit.
    Hm...waktu itu aku juga ketemu para pentolan AIMI. Aku sempat mempertanyakan kenapa gak mulai dari serealia ya. Padahal kan milis AFB dan Mpasirumahan merekomendasikan serealia untuk first solid food. Tapi beberapa pentolan AIMI sendiri mengaku memberikan buah kok waktu MPASI pertama.

    Menurut narasumber terpercaya (dari medis dan AIMI juga soalnya), di Jepang sudah tidak merekomendasikan untuk memberikan serealia sebagai makanan pertama bayi. Aku sendiri gak bisa bertanya panjang lebar soalnya mereka (para konselor ASI)lagi training sama dr.Jack Newman.

    Di wholesomebabyfood sendiri, lebih merekomendasikan pisang atau avocado sebagai makanan pertama bayi.

    Mungkin alasan kenapa DSA mbak Dita merekomendasikan pisang, soalnya rasa dan wangi pisang hampir menyerupai ASI. Lagipula pisang dan avocado banyak mengandung komponen yang bagus buat bayi di awal MPASI.

    ReplyDelete
  3. Congrats yah baby Ganesh, dah bis a berwisata kuliner tapi teteup dong ya yang homemade pasteee... Liatin foto ekspresinya Ganesh pertama disuapin dan lidahnya ngerasain solid food dunks mom :)

    ReplyDelete
  4. Mama Lana,
    base on request...aku pasang. Tapi maklum agak bluur soalnya dari BB.

    ReplyDelete
  5. EH ndah, dokter Henny juga menyarankan introduction Mpasi dengan buah loh. Katanya ada penjelasan berdasarkan buku Miracle of Enzym dari...sape tu orang jepang. *kagak detail amat yak gw* menurutnya perkenalan dengan sereal sering kali semata2 biar anaknya juga doyan sayur ntar. Karena buah kan manis ya...padahal yaaa di buku dr.sears ditulis aja loh asi itu sebenernya manis karena ada laktosa. 20-30% Lebih manis daripada sufor loh,

    gw juga bilang di blog iti, di buku dr. sears perkenalan alpukat masuk ke kategori usia 7 bulan malahan berhubung gw ngefans ama dokter jack ya gw ngikut aja deh pemberian buah...ato alpokat ntar 2 bulan lagi akakakaka

    ReplyDelete
  6. Jeung Nisha,
    Bener kata BunDit, Tiap ibu punya alasan kenapa memilih sereal ataupun buah sebagai first solid food kok.
    Asal jangan mulai first solid food dengan Tony Jack's. hihihi...

    ReplyDelete
  7. yup, seperti setiap dokter juga mempunyai saran yang berbeda2 pulak. Seperti dokter kk gw menyarankan memperkenalkan MPASi dengan biskuit :-)

    pada akhirnya emang kita yang memilih . Terlalu banyak informasi bikin distorsi dan bingunk.

    ReplyDelete
  8. lagi nyaring2 informasi nih.... buat first MPASI affan InsyaAllah bulan depan...

    iya..baca di wholesome jg buah dulu..kyk alpuket ..
    kmrn ketemu sm temen kantor yang kuliah di aussie..dan melahirkan disana..RS nya nyaranin serealia...

    skrng lagi mau merenung untuk memutuskan hehehe...

    plus blog walking ngopi2 resep dan baca2 tetnang MPASI... termasuk ke sini.. makasih ya mom sharingnya

    ReplyDelete