8.13.2009

Takjub Dengan Proses Mengenal Mommy and Her Sunny boy..

Hm...
Saat ini usia Ganesh udah 4 bulan 1 minggu dan 5 hari. Berarti selama itu lah kebersamaan gw dengan putra kesayangan ku.

Dulu gw sempat risau waktu di buku dinyatakan bahwa usia 3 bulan seharusnya bayi sudah bisa tengkurep.

Hampir tiap hari saat berduaan sama Ganesh, gw manfaatin untuk menstimulasi Ganesh. Mungkin Ganesh merasa gak nyaman dan nangis kejer. huhuhu..maafin mommy ya, sayang..

Kalo semua harus berpatok kepada teori buku, yang ada gw stress gak ada habisnya. Ntar usia 3 bulan dah harus bisa begini, usia 4 bulan harus bisa begitu, wahduh..kapan gw nikmatin quality time sama Ganesh kalo kerjaannya stimulasi mulu, mantengin perkembangan motorik Ganesh mulu??

Okay, gw berusaha untuk lebih manusiawi. Toh akhirnya jika memang sudah waktunya, Ganesh udah bisa mengangkat kepala dan tengkurep sendiri.
Daripada terpaku pada buku, sekarang gw lebih sering mengamati dan menikmati momen dari tiap menit yang gw habiskan bersama Ganesh.

Masih inget banget dulu waktu Ganesh baru lahir, gw belon pernah menggendong bayi merah sebelumnya, jadilah agak kaku. Dan mungkin Ganesh berasa gak nyaman dan nangis kalo digendong gw. Tapi begitu digendong kakak gw, dia langsung berhenti nangis mungkin karena merasa aman dan nyaman.
Waktu itu sediih banget, karena berasa ditolak sama anak sendiri.
Sampe usia dua bulan pun gw keliatan gak rileks, kaku kalo gendong Ganesh. *yah, mungkin karena gw anak bontot jadinya gak pernah gendong bayi*

Namun gak tau karena menyusui atau apa, yang jelas lama-kelamaan gw merasakan ada bonding yang kuat antara gw dan Ganesh.
Dua bulan berselang setelah 'penolakan' dirinya yang dulu mengubah situasi jadi kebalikannya.
Wiken kemarin kakak gw gemez sama Ganesh yang lagi anteng-antengnya di dalam gendongan gw. Kakak gw pengen gendongin Ganesh. Dulu Ganesh paling anteng digendong sama kakak gw, namun kemarin dia nangis2 pengen minta 'dikembalikan' ke dalam gendongan mommy nya. Gw sampe bengong sendiri...

" Huaaa...Ganesh udah kenal 'aroma' mommy nya" kata Kakak gw.

Gw pun segera mengambil Ganesh dan menggendongnya kembali. Beneran lho! Ganesh langsung berhenti nangis dan senyam-senyum lagi.

Kalo Hani (baca: Bapaknya) yang sibuk apdet status fesbuk, Ganesh mah cueks saja. Kayaknya dia gak perduli Bapaknya mo ngapain juga.
Tapi kalo giliran gw yang pegang BB, even dia lagi cekikikan ketawa-ketawa main sama Bapaknya, dia langsung diem dan memandang sebel ke BB.
Tiba-tiba aja dia langsung bad mood dan nangis minta digendong sama gw.
Begitu perhatian gw kembali tertumpu pada anak laki-lakiku ini, dia pun kembali ketawa-ketawa cengar-cengir.
*gw sampe takjub sendiri...like mommy, like son! sama-sama suka moody!*

Setiap gw tinggalin pergi kerja demi mencari sekodi baju carter's dan slabber carter's *heu heu XL bangets yak!?*, Ganesh udah menunjukkan wajah gak rela. Aduuuh gw sampe gak tega ninggalinnya. Dan matanya terus mengikuti gw sampe gw hilang dari pandangannya.

Saat pulang kerja, dia begitu anteng dalam gendongan Bude nya. Namun begitu dia sadar kalo mommy nya sudah pulang, dia langsung teriak, menjulur-julurkan tangannya minta digendong mommynya. Kadang dia mencari gw sampe kepalanya muter ke sana kemari.

Dan yang paling mengharukan adalah saat dua hari yang lalu gw beneran capek banget, jadi nyampe rumah gw pengen langsung tepar aja. Ganesh mow gw kasih ASIP oleh-oleh yang gw bawa dari kantor aja pake botol dan dot.
Tapi Ganesh nangis dan tangannya menolak botol ASIP yang gw sodorkan padanya. Gw pikir dia kenyang..ya sudahlah. Walopun badan gw capek dan rada gak enak, gw angkat Ganesh dari tempat tidurnya.
Dan tau apa yang terjadi saudara-saudari? Begitu Ganesh gw gendong, tangannya langsung mengangkat-angkat baju gw. Terus gw jadi bingung " Ganesh mo nenen? "
Begitu gw buka baju gw dan memperlihatkan ne**n ke Ganesh, dia cengar-cengir dan langsung pengen nenen.

Saat gw peluk, mulutnya berhenti menghisap, matanya melirik pada gw, tanpa melepaskan put*ng nenennya dia tersenyum, dan kembali nenen sampe dia tertidur. Luar biasa, semua rasa capek, gak enak badan yang tadi gw rasain kontan ilang saat melihat Ganesh menyusu padaku. Emang akhir2 ini Ganesh gak pernah bobo pulas tanpa gw susui.

Selarut apapun *padahal sampe sekarang, gw paling malem pulang jam 9 malem*, dia pasti nungguin gw pulang baru bener-bener bisa bobo dengan nyenyak.

Inilah momen-momen yang gak gw mo sampe kecolongan...

Saat dia tersenyum, tertawa, teriak, menjulurkan tangan minta digendong, kadang tertidur di dadaku sambil menyusu, wajahnya yang memelas saat gw tinggal pergi kerja...

Aaaah, inilah proses...gw dan Ganesh telah menjalin ikatan yang kuat antara Ibu dan Anak Laki-lakinya. Gw gak tau apakah ini pengaruh karena gw menyusui atau emang begitulah seharusnya kodrat dan proses antara ibu dan anak.

Yang jelas, gw melihat ada persamaan antara Ganesh, anak laki-laki semata wayangku dengan Boss gw di kantor : SAMA - SAMA MEMBENCI BLACKBERRY gw! :-)

No comments:

Post a Comment