7.01.2009

Ganesh di Usia 3 Bulan

Horray...tak terasa hari ini 1st July 2009, Ganesh tepat berusia 3 bulan. Selamat Ulang Bulan, My sunny Boy.
Perkembangan Ganesh? Hm...Alhamdulillah gak bikin gw stress lagi dengan Berat badan nya *thanks to dr. Rinawati, DSA Ganesh yang terakhir*.

Di awal-awal bulan usia Ganesh, gw sempet sedih dan stress dengan berat badan Ganesh jika ngeliat berat badan anak-anak sepantaran Ganesh. Kadang Ibu A apdet BB anaknya lengkap dengan kemampuan motoriknya. Terus Ibu B gak mo kalah meluapkan rasa hepi nya dengan ikutan mengapdet BB anaknya dan foto anaknya.
Dan gak ada yang salah dengan itu, wajar toh kalo kita ikut hepi dengan perkembangan anak kita. Masalahnya ada di gw, gw jadi kepikiran kok Berat Badan Ganesh jadi tertinggal ya??

Tapi again, thanks to Meryl dan Ires *Luv U, Moms!* yang secara gak langsung membuat gw menjadi lebih dewasa menjadi seorang ibu.


Gw jadi sadar saat Ires tanpa maksud menggurui *even dia sendiri sebenarnya emang seorang guru* menuliskan bahwa kadang kita sebagai orang tua suka membanggakan anaknya, membandingkan anak kita dengan anak orang lain sehingga kadang tanpa kita sadari pula, kita serasa 'bersaing' atau 'disaingi'.

Kadang Ibu A bilang ke Ibu C " anakku udah bisa 'begini', anakmu gimana? Udah bisa ngapain? " dan kalo kemampuan C tertinggal, komentar Ibu A jadi nambah " oh...kalo anakku sih usia segitu udah bisa bla bla bla ya.." tanpa mikirin gimana perasaan sang ibu C.
Gimanapun anak adalah hal yang paling sensitif bagi orang tua.
Bahkan ada yang mengaku " anak gw mah udah kenyang dibandingin dengan anak lain...". Salutt yang bisa menghadapinya dengan tetap tersenyum....

Saat gw stress mikirin berat badan Ganesh, gw hanya mikirin perasaan gw sebagai ibu. Sedih bangeettt ngeliat perkembangan berat badan Ganesh dibanding anak sepantarannya. Catet: DIBANDINGKAN!
Well, gw lupa gimana perasaan Ganesh yang merasa dibandingkan! Apakah dia juga gak stress jika tau dia dibanding-bandingkan dengan anak lain??

Jadi inget flash back, gimana gw dan anak tetangga gw suka dibandingkan-bandingin sama orang tua masing-masing.
Masih terngiang, betapa gak sukanya gw dengan kompetisi ini!
Gw sampe sebel sama anak cowok berkacamata itu, dan sebaliknya anak cowok itu juga rada sebel sama gw gara2 kompetisi gak penting ini! Padahal kami gak satu sekolahan...

Sekarang gw gak perduli berapa kenaikan berat badan anak-anak di usia Ganesh, karena gw percaya kata dr. Rinawati bahwa yang penting ganesh sehat, tetap lincah, gak rewel.
Dan percaya tidak percaya, dengan lebih enjoy seperti ini, grafik berat badan Ganesh justru naik lebih cepat dari sebelumnya. Mungkin kuncinya adalah baik ibu dan bayi sama-sama rileks dan tidak terbebani.

Terus di usia tiga bulan Ganesh udah bisa ngapain aja? Hm...kalo kali ini gw ikutin kata neneknya Maira alias emaknya Meryl. Bahwa anak juga manusia, bahwa perkembangannya bukanlah teori text book yang di usia 3 bulan harus bisa A,B,C dan lain-lain. Karena setiap anak mengalami proses yang berbeda.
Yang penting gw terus memantau perkembangan Ganesh dan so far, menurut gw tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Ternyata bukan hanya Ganesh yang terus berkembang, tapi juga gw dan Hani sebagai orang tua juga terus berkembang...

Saat pulang kerja naik angkot dari tol Cikarang-Bekasi Timur, abangnya ngebut banget bagaikan race F1. Walah..salip sana salip sini...
DEG! Gw tiba-tiba parno....kalo kenapa-napa, gimana?? *amit-amit*
Anakkku masih bayi...dan dia saat itu pasti sedang menahan ngantuk demi menunggu kedatangan mommy nya.
Kadang cuma sekejap setelah melihat gw, dia tertidur dengan tersenyum...Gw pernah hanya menggendongnya ke tempat tidur...Gw belon puas melewati waktu bersama anakku...
Saat itu dalam hati gw langsung berdo'a...' Ya Allah..izinkan aku melihat anakku tumbuh dewasa..'

Hari ini gw masih diberikan kesempatan untuk melihat Ganesh di usianya yang 3 bulan...Mohon gw terus diberikan kesempatan untuk bisa melihat Ganesh bahagia dengan cucu-cucuku...Amien...

No comments:

Post a Comment