3.10.2009

Supporting Tools To Become Breastfeeding Mom

Jika sebelumnya gw curhat soal perawatan Main tools (payu****) dalam rangka mewujudkan cita-cita menjadi BuSui. Kali ini gw mo share soal Supporting Tools yang udah gw siapin juga demi tujuan yang sama..
Semoga bisa jadi gambaran buat bagi yang juga mo mempersiapkan diri jadi breastfeeding mom alias Ibu menyusui...
Soalnya berangkat dari pengalaman pribadi yang berasa banget waktu pertama-tama hamil, gw bener-bener blank, gak punya bayangan apa-apa soal gimana jadi wanita bekerja yang tetap menyusui..

1. BREAST PUMP
Demi mompa ASI di kantor, gw harus belajar merah ASI di kantor aga stock ASI gw cukup untuk keperluan Baby G selama gw tinggal bekerja. Gw kan gak mungkin bolak-balik dari pabs ke rumah untuk menyusui Baby G langsung. Jadi selama gw gak ada, baby G akan diberikan ASI perahan.
Sebelumnya gw dah sering belajar merah pake tangan baik di seminar AIMI, maupun klinik laktasi Carolus. Secara sering banget gw baca pengalaman ibu-ibu di AFB katanya justru lebih cepet merah pake tangan ketimbang pompa.

Tapi tampaknya capek juga kali ya merah pake tangan kalo pas di kantor. Gw kebetulan dah request Breast Pump medela electric ini buat bantu gw mompa ASI pas di kantor.

Breast Pump ini banyak dijual di Baby shop-Baby shop. Tapi yang rekomen sih beli di ITC kuningan atau ITC Permata Hijau. harganya bisa beda sampe ratusan ribu.

2. Botol Susu
Rencana sementara, ASI hasil perahan di kantor ini akan gw simpan dalam botol susu BPA Free Medela ini. Bisa juga sih langsung disimpan di botol ASIP kaca. tapi dengan pertimbangan berat, gw lebih prefer untuk simpan ASIP di botol ini. Setelah sampai rumah, baru gw pindahin ke botol kaca.

Botol susu Medela ini gw beli di Ocha, ITC Kuningan. Tapi kalo males pergi ke ITC Kuningan, botol ini juga biasanya dijual di baby shop online kok.
1 duz isi 3 ukuran 150 ml, tanpa nipple



3. BotoL Kaca untuk menyimpan ASIP

Gw mo pake botol kaca nyimpen stock ASIP dalam kulkas ataupun freezer. So far, gw punya botol kaca buat nyimpen ASIP You-C 1000 dengan tutup plastik biar gak gampang karatan. Botol You-C 1000 ini gw beli online di Indirashop beserta tutup plastiknya. Setelah ngecheck2 kalo beli online tampaknya paling murah di Mbak Fitri tadi. Banyak juga sih toko-toko online lainnya. Kalo mo lebih hemat, bisa beli di pasar Pramuka langsung. Dapet ingpo dari Meryl, temen Weddingku katanya kalo pake botol You-C 1000 rada susye ngerbersihin kepala botolnya pake sikat botol. Lebih enakeun pake botol ASIP yang dibeli dari carolus.

Kebetulan Sabtu kemarin, gw pergi konsultasi ke klinik laktasi Carolus. Jadi beli 10 botol deh buat nambah stock botol kaca ASIP baby G. Bentuknya kayak botol selai dan tutupnya kalengan. Hm..masih mikir gimana menyiasati supaya tutup kalengnya gak gampang karatan. Terus dibotol nya dikasih label deh tanggal perahannya.

Kalo mo irit, kumpulin aja botol2 You-C 1000 dari teman2...
Gw aja dapet hibahan beberapa botol ex You-C 1000 dari Mbak Anni di kantor gw yang suka minum You-C 1000 ..cuci bersih, steril dan ganti tutup botol nya dengan tutup botol plastik yang gw beli dari Mbak Fitri, indirashop. Gw sendiri ndak gitu suka minum You-C 1000...heu heu


4. Cooler Bag

Untuk menyimpan ASIP yang gw perah dari kantor ke rumah, gw butuh cooler bag. Cooler bag ini biasanya dilengkapi dengan insulation untuk menjaga suhu dalam tas tetap seperti yang diinginkan.

Ada banyak brand yang menawarkan cooler bag. Salah satu yang pernah menjadi the most wanted cooler bag adalah Medela. Cooler bag lengkap dengan blue icenya ini mempunya kemampuan menyimpan ASIP tahan lama hingga 12 jam.

Namun, sejak October 2008 tas model kamera ini hilang di pasaran. belakangan muncul model terbaru City Style dengan harga almost 4X harga model sebelumnya. Maka orang2 pun mencari alternatif lain seperti Coleman, Lock and Lock (keduanya bisa dibeli di Hypermart), Lucky Baby (warna dan modelnya mirip Allerhand), dr. brown, polar gear (bisa dibeli di MotherCare)

Gw sendiri udah mencoret City Style Medela dari daftar. Selain harganya dah mahal banget, Hani juga gak yakin gw mo bawa tas begituan ke kantor. Ngeliat blog bahwa ada juga yang memakai Allerhand Combi Cooler ini sebagai cooler bag and dari pengalaman BuSui tersebut, so far so good, gw jadi tertarik. Apalagi ditunjang modelnya juga OK buat ditenteng sekalian tas kantor.

Sayangnya stock nya sudah rada jarang. Even di Moms and I juga gak jual lagi Combi Cooler ini. Gw juga dah nanya di semua MotherCare di Jakarta. Beruntungnya diriku masih nemu the last stock Combi Cooler warna Flamingo ini di Suzanna Pondok Indah. Dengan cooler bag ini gw diharapin bisa nampung 3-4 botol Medela plus Breast Pump.

Kantong depannya juga bisa dipake buat nyimpen dompet, HP jadi gw gak perlu bawa dua tas ke kantor. Kelebihannya lagi, tas ini masih OK lho kalo dipake buat nyimpen MPASI baby G jika sudah melewati usia 6 bulan ke Mall.


5. Blue Ice

Berhubung Allerhand Combi Cooler gw gak dilengkapi dengan blue ice, jadi otomatis gw musti beli tersendiri. Dari milis AFB, banyak yang merekomendasikan blue ice merek rubbermaid atau coleman. Kedua brand blue ice ini bisa dibeli di ACEHardware.

Tapi kalo memang gak sempat ke ACEHardware, di baby shop di ITC atau SOGO juga menjual blue ice Tommee Tippee.

Gw sendiri prefer beli Blue Ice Rubbermaid mini pack isi 3 yang banyak direkomendasiin di milis. Blue ice ini lah yang akan menjaga suhu cooler bag agar ASIP di dalamnya tetap dingin dan tahan lama.


6. Bra Menyusui

Supaya gak ribet pada saat menyusui Baby G, gw mo pake bra menyusui. Bra menyusui biasanya ada klip/kancing di tali bra supaya bisa buka tutup cupnya tanpa melepas bra.

Pilihannya banyak banget dari ITC sampe Mall. Starting dari yang 20ribuan merek China gitu sampe ratusan ribu kayak Wacoal. Gw sendiri lebih nyaman pake maternity bra alias bra menyusui pake kawat Felancy by Sorella dan brand Sorella buat yang tanpa kawat. Lebih murah ketimbang Wacoal, dan gw kayaknya emang lebih mantep pake Sorella ketimbang Wacoal.


7. Breast Pad

Ada yang bilang pada saat payu**** penuh, ASI suka merembes ke bra. Untuk mengantisipasi itu katanya bra nya disumpel pake popok anaknya aja.
Tapi dari weddingku dan ngeliat belanjaan Ibu2 Hamil di Multiply, gw jadi tau kalo untuk mencegah ASI merembes itu, di bra menyusui nya dipakein yang namanya Breast Pad untuk menyerap ASI yang bocor tersebut.
Ikut-ikutan belanjaan temen2 di MP ah, Gw sendiri udah nyiapin washable Breast pad Avent alias bisa dicuci dan dipake berulang kali kayak gini




Selain yang washable, gw juga nyiapin disposable breast pad Pigeon alias sekali pakai buang. Ada juga sih brand lain yang lebih murah kayak Mama Pad.Tapi Breastpad pigeon ini yang paling sering direkomendasiin oleh ibu-ibu di milis. Gw sendiri gak tau bagusan mana. Nanti ya kalo gw udah pake baru gw review bedanya...heu heu heu...







8. Medela Baby Cup Feeder
Salah satu kenapa alasan penyebab menurunnya produksi ASI pada Ibu bekerja adalah bingung puting. Karena ditinggal sang ibu bekerja, maka anak diberikan ASIP bahkan susu formula dalam botol susu dan dot.
Dikarenakan daya isap menyusui dot tidak memerlukan usaha sebesar menyusui melalui puting ibu, maka biasanya ketika disodorkan puting ibu kembali, anak ada yang malas mengisap dan memilih menyusu memakai dot. Akibatnya demand ASI pun lama-lama berkurang dan habis.
Inilah yang dinamakan bingung putting atau Nipple Confused.
Untuk mencegah agar anak tidak mengalami bingung puting, maka sebaiknya pada saat memberikan ASIP tidak mempergunakan dot. melainkan mempergunakan sendok atau Medela Baby Cup feeder ini. Ujung sendok atau Medela Baby Cup feeder ini ditemplekan pada bawah lidah bayi, dan bayi pun akan mengecap-ngecap susu seperti anak kucing minum susu. Gw pernah liat waktu konsultasi di klinik Laktasi Carolus...lutuw deh...sang baby mimik susu hasil perahan mommy nya dengan lahapnya..
Dikarenakan resiko mengembalikan anak yang bingung puting justru lebih susah ketimbang membiasakan anak minum ASIP menggunakan sendok atau baby cup ini, gw pun mo coba pake baby cup feeder ini buat Baby G. Baby Cup feeder Medela ini bisa dibeli di baby shop ITC , klinik laktasi maupun di Apotik RS.

8. Washcloth
Buat ngelap sisa-sisa ASI di mulut baby G...
Bisa juga dipakein slabber..









9. Breastfeeding Spon
Ini dipakai buat menyanggah Baby G pas menyusui.
kayak gambar di bawah ini lho. jadi selain mengurangi pegel di tangan, sambil menyusui Baby G, gw bisa tetap melakukan aktifivitas kayak membaca buku atau even stay online. heu heu heu
Seperti yang gw ceritain sebelumnya, spon menyusui ini banyak dijual di ITC kok. Even Le Monde juga mengeluarin produk bantal menyusui.

Cuma kembali dari milis gw dapet info, kalo bantal menyusui Le Monde atau yang dijual di ITC itu bentuknya seperti U dan kadang kalo dipake suka melorot. Yang paling nyaman itu yang keluaran MotherCare. Soalnya bisa dikencangkan. Katanya bisa didapetin di Moms and I dan harganya juga memang jauh di atas Le Monde.

Kebetulan anak2 milis dan Weddingku banyak yang pesen sama Mbak Irene Wibisana di Renatashop . Hm..hanya saja karena saking banyak nya order, Mbak irene kayaknya kewalahan.
Tips dari gw kalo emang mo beli spon di sini: Berdasarkan dari pengalaman pribadi temen2 Weddingku Nisha, Nadeen dan gw sendiri, sebaiknya pesen yang ready stock aja.
Jangan pilih model yang belum ready stock karena indentnya cukup lama dari promised date.
Beberapa temen gw yang pesen spon yang ready stock gak ngalamin kesulitan nerima barang tepat waktu. Cuma emang spon ini mulai dicari banyak orang, jadi sekarang kemungkinan rada indent.
Gw sendiri tadinya mo pesen spon motif Jungle Jerapah Safari warna cokelat biar bisa matching sama Nursing Apronnya. Tapi ternyata molor terus sampe akhirnya gw cancel order Nursing Apronnya karena terpengaruh temen2 Weddingku yang pesen nursing apron di tempat lain. Dan gw minta spon nya dikirim secepatnya, terserah motif apa yang ready stock. Kebetulan motif yang ready stock saat itu adalah Sapi mooka biru ini...
Dan frankly speaking, gw justru lebih suka motif ini ketimbang Jungle Jerapah Safari yang gw pesen sebelumnya...
Oh, semua emang ada hikmahnya...

10. Nursing Apron

Nursing apron ini gunanya untuk menutupi dada gw pas menyusui Baby G di Mall atau di tempat umum lainnya. Ini juga dijual kok di Baby Shop di ITC. gw pernah nanya di Jungle juga jual kok. Tapi gw gak sempet liat penampakannya.
Sebenarnya nursing apron/nursing cover ini banyak juga dijual online. Beberapa temen gw banyak yang rekomendasi pesen di Syalunna .
Katanya selain bahannya lebih halus, ada penyanggah di leher dan dipakein furing biar gak terlalu tipis dapet kantong pula yang matching sama apronnya. Gw jadinya juga pesen di situ.
Motifnya juga manis2 dan lutuw-lutuw ketimbabang yang ditawarin di tempat lain *selera gw lho ya!*...gw pesen motif Azalea kayak di samping.
Nah make nursing apron ini kayak foto di sebelah ini...dengan penyanggah kawat di atasmya, jadi sang mama masih bisa menatap baby yang asyik menyusui di dalamnya.

11. Nursing Cream

Nursing cream ini dipake untuk mencegah/mengobati puting Ibu yang lecet akibat salah menyusui. Sebenarnya gak pake nursing cream ini juga bisa diolesin pake ASI sebelum menyusui. Tapi just in case lecet, luka, gw udah nyiapin Nursing Cream Medela Purelan 100 yang 7 gram. Coba yang kecil dulu.

Waktu gw beli, harga Medela lagi naik-naiknya. Jadi nyesel deh kenapa gak beli dari awal. Naiknya sampe 10ribuan lho! tapi karena katanya ini yang paling OK, makanya gw beli juga di ITC Cempaka Mas.

Selain Medela Purelan ini, ada juga nursing cream yang lebih terjangkau kayak Momilen, Kamilosan. Harganya cuma 20 % dari harga Medela itu sendiri.

Selain barang2 di atas, gw juga memerlukan sterilizer, botol warmer dan penjepit botol. Tapi fungsi dan foto barang-barang tersebut sudah gw ceritain di posting an gw sebelumnya...lihat disini aja ya

Main tools udah...supporting tools juga udah..tinggal nyiapin mental niy! Chayou!!

4 comments:

  1. berapa ya harga combi cooler?

    ReplyDelete
  2. Thank's for sharing ya. Btw mau tanya, Medela electric di ITC kira2 berapa ya? Cuma mau compare, siapa tahu bisa nitip sama keluarga. Thx sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. wahduh seru yah para mommies.... :)
    moms,... dimanapun berada.. kalo mau foto dg newborn nya hubungin aku saja... portfolio ku di www.dianadesignphotography.blogspot.com or see my FB under diana widjaya...

    I'm specialize in baby, kids and todds photography... inclusing pregnant mums...

    salam kenal
    diana

    ReplyDelete
  4. Harga Combi cooler sekitar 469,000. Maaf saya lupa berapa tepatnya. Ada kok di Kasih Ibu, MangDu.

    @ Mbak Sitha,
    Medela Electric di ITC mungkin sekitar 700ribu di bulan Mei ini

    ReplyDelete