3.17.2009

Alasan Memilih RS untuk Melahirkan Baby G

Hm..banyak yang sering menanyakan kenapa gw yang saat ini tinggal di Bekasi Timur malah memilih RS yang cukup jauh dari rumah gw.
 

Kenapa gak memilih melahirkan di salah satu RS di Bekasi aja sih? Toh banyak RS kok di Bekasi Timur.
 

Tapi sebenarnya bukannya tanpa alasan gw milih melahirkan di RSB YPK, Menteng ini.
Atas pengamatan terhadap beberapa RS: 


1. RSIA Evasari, Jakarta Pusat
Sebelumnya gw pernah dikuret di RSIA ini. Kebetulan Prof Yunizaf, SpOG (K), dokter kandungan gw juga praktek di RSIA ini. Overall, gw sebenarnya suka dengan RS ini. Suasananya cozy seperti RS Boutique, pelayanan suster2nya maupun front desk nya cukup ramah dan helpful. Katanya malah gw pernah baca di milis, kamar VIP nya lebih bagus ketimbang RS Bunda, Menteng. Gw sendiri gak tau karena gw gak pernah periksa di RS Bunda, soalnya Prof Yun gak praktek di sana. Sempat temen gw rekomendasiin dokter nya yang praktek di RS Bunda. Tapi gw udah keburu comfort dengan Prof Yun, jadi males beradaptasi dengan dokter yang baru.
Lagian rada susah juga aksesnya gw dari kantor harus periksa di RS Bunda, Menteng.

Namun gw jadi gak sreg melahirkan di RSIA Evasari ini karena ada desas-desus RS ini tidak mendukung ASIX. Katanya bayi yang dirawat diberi SuFor.
Selain biaya melahirkan yang cukup menguras kantong (even untuk normal sekalipun gw bakalan nombok dan bikin gw jadi bangkrut abis melahirkan), hal inilah yang mengurungkan gw untuk periksa di sini. Apalagi Meryl, temen gw yang juga periksa di sini pindah ke RS YPK dan rekomendasiin di sana juga OK.

2. RSIA Hermina Bekasi Barat
Hm...sebenarnya RS ini lebih terjangkau dari rumah gw walopun letaknya di Bekasi Barat, sementara gw di Bekasi Timur.
Sebenarnya pelayanannya not bad, walopun sedikit crowded di front desk. Ruang tunggu di spesialis kebidanannya cukup baik, gw gak perlu ngantri lama sampe dilayani dokter, dapet snack pula. *seinget gw waktu itu*.

Hanya saja gw punya pengalaman yang tidak begitu menyenangkan dengan salah satu dokter yang praktek di sana, dr. NM, SpOG. (pake initial aja ya).

3. RSIA Bella, Bekasi Timur Two Words for this hospital : Definitely NO!
Gw sih belon pernah check up kehamilan di RS ini, tapi pernah berobat di sini karena dipromosiin sama anak magang di kantor gw..
Ternyata oh ternyata pelayanannya bener-bener bukan seperti kelas RS swasta, melainkan RSUD.

Crowded banget kayak pasar malam!! Gak kebayang kalo gw harus periksa kehamilan tiap bulan di RS ini. Udah gitu dari front Office, dokter sampe petugas di apotik gak ada yang customer oriented, professional. Bayangin gw daftar jam 7 kurang baru selesai jam 10 lewat untuk level yang sama sekali gak worth it, menurut gw!
Beda halnya kalo gw ngantri selama itu demi seorang dokter bagus yang dikunjungi banyak pasien karena bertangan dingin.
Buat gw, RS ini bener2 gak rekomended dan nightmare!
Mungkin RSIA ini bener2 nerapin service “ You get for what you pay”.
Karena setelah gw bandingin untuk kelas RSIA di bekasi, kayak RSIA Hermina Bekasi Barat dan RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, harganya memang lebih murah.

Gw udah pernah cerita pengalaman gw di Ketiga RS di atas di Review RS .

4. RS Mitra Keluarga Bekasi Timur
Sebenarnya RS Mitra Keluarga ini paling dekat dengan rumah gw. Harganya pun lumayan masih terjangkau. Bahkan temen2 Hani yang juga bertempat tinggal di Bekasi Timur banyak yang merekomendasiin RS ini. Gw sendiri *setelah trauma dengan RSIA Bella* lebih suka berobat di RS ini. Hanya saja gw kok ndak nemu SpOG yang rekomended di sini.

5. RSIA Tambak, Jakarta Pusat
Waktu ikut kelas perawatan bayi di RSIA ini, gw sama Ade udah ikut Hospital Tour dan ngeliat fasilitas kamarnya. Sebenarnya kamarnya sih bagus, nyaman banget. Apalagi RSIA Tambak ini lagi gencarnya promosi. Jadi pelayanannya ramah banget…soal harga pun sebenarnya lebih terjangkau ketimbang di RSB YPK. Tapi masalahnya Prof Yun gak praktek di sini. Heu heu…

Katanya sih dokter yang direkomendasi di sini adalah dr. Irvan Adenin, SpoG. Termasuk ngetop karena USG 4D di sini jauh lebih murah ketimbang sama dr. Dario Turk, SpOG ataupun dr. Bambang Karsono, SpOG, pujaan temen2 gw..heu heu

Okay, Kembali ke alasan kenapa akhirnya memutuskan melahirkan di RSB YPK yang lokasinya lebih jauh dari bekasi.
Gw tampak pengen melahirkan di RSB YPK, Jakarta Pusat aja.


Selain dokter gw praktek di sini, pelayanannya juga ramah. Dari satpam sampe suster, kasir semuanya customer-oriented.

Suasananya gak terlalu crowded, hommy, dan dari list dokter yang praktek di sini banyak banget dokter bagus yang direkomendasiin di milis2 juga praktek di sini.

Just in case, Prof Yun keluar kota, gw percaya bahwa dokter yang gantiin punya kemampuan yang juga OK. Jadi gak terlalu jauh gap nya.

RS ini jelas2 mendukung ASIX..bahkan di senam hamil pun udah dianjurkan untuk memberikan ASIX. Bisa IMD pula.
Jika melahirkan di sini, juga diajarin cara pijat bayi, memandikan bayi, juga ada semacam kelas laktasi juga untuk mengajari cara menyusui yang benar.

Harga paket melahirkannya juga masih dalam budget…

Sebenarnya BWCH, Sammarie lebih tampak bagus dan cozy, sayangnya duitnya tidak ramah di kantong gw. Heu heu

Selain itu lokasi nya di belakang Sarinah (dekat Kafe Pisa) aksesnya juga gak terlalu susah buat gw senam hamil di sini. Tinggal naik AC 52 dari pintu tol bekasi timur.
Gak jauh dari RSB ini kan Sabang dan Wahid hasyim banyak banget kulinernya. Jadi abis check up gw sering maem dulu di seputaran situ.

Namun yang paling gw suka dari RS ini adalah setelah periksa kehamilan, gw bisa mampir di The Harvest, Jl. Sunda demi menikmati sepotong cheese cake fave gw…hm yummy!!!
Bukankah Ibu Hamil juga butuh lemak biar berat bayi nya cukup??

4 comments:

  1. hi mba...salam kenal...sama nih selama ini konsul ke Prof.Yunisaf di Evasari dan rencana melahirkan di YPK, jadi nya habis berapa mba di YPK? Normal/Ceasar? Thx buat jawaban nya yah mba

    ReplyDelete
  2. Halo Mbak Andina,
    Aku kemarin melahirkan SC di RSB YPK soalnya air ketubannya udah mau habis, belon ada kontraksi.
    Di YPK ada list harganya kok,Mbak.
    kebetulan aku masih dapet harga lama soalnya kan sekarang RSB YPK lagi direnovasi. Gak tau harga setelah renovasinya berapa. pastinya lebih mahal.
    Harga waktu itu *CMIIW ya*
    Normal
    Anggrek (VIP) : Rp 7,5 jutaan
    Mawar (1 kamar berdua) : Rp 6,7 jutaan

    SC
    Anggrek (VIP) : Rp 17,5 jutaan
    Mawar : Rp 14 jutaan

    Kelas lain aku gak apal ya, soalnya aku dulu emang membidik dua kelas ini doang. Akhirnya karena SC aku ambil kelas Anggrek soalnya kalo gak didampingi suami aku takut baby blues.
    HTH ya...

    ReplyDelete
  3. ikutan comment yah..

    bukan bermaksud menjelek2an ya, tp RS yg disebut pertama emang bnr suster2nya ga pro ASI (suster loh ya bkn dokter), wkt melahirkan disana aku merasa 'diintimidasi' utk memberikan anakku sufor,krn saat itu ASI blm keluar bahkan mrk jg ga support spt ada kelas edukasi mengenai ASI, ato cara memijat PD. Yang lbh sedih lg krn dgn mudahnya mrk blg kolosrtrum yg udh aku perah dibuang aja krn udh lwt sehari (pdhl msk freezer) sediiih bgt klo inget itu.
    Yah pelajaran dh utk para mom, klo mo cari RS utk lahiran emang hrs bener2.. :)

    ReplyDelete
  4. Mbaaak mau tanya, pengalaman buruk apa dengan dr. NM di hermina bekasi?

    ReplyDelete